PotretNews.com Selasa 13 November 2018

Nikmatnya Gulai Taboh Dalom, Menu Khas Orang Liwa, Sajian Khusus untuk Para Raja

Nikmatnya Gulai Taboh Dalom, Menu Khas Orang Liwa, Sajian Khusus untuk Para Raja

Gulai Taboh Dalom, menu khas Lampung Barat. Menu itu terbuat dari bahan utama ikan gabus atau ikan nila.

Sabtu, 19 September 2015 17:35 WIB
BANDAR LAMPUNG, POTRETNEWS.com - Kalau datang ke Liwa, Kabupaten Lampung Barat jangan lupa untuk mencicipi menu masakan khas daerah setempat yakni Gulai Taboh Dalom. Mengapa disebut taboh? Taboh menurut bahasa Lampung berarti santan. Menu itu terbuat dari bahan utama ikan gabus atau ikan nila. Sajiannya bisa utuh satu ekor ikan yang telah dipanggang atau dipotong dadu.Bumbu yang harus disiapkan untuk menu sajian taboh itu adalah santan, bumbu dapur, cabai merah, bawang merah dan bawang putih serta tomat, daun bawang dan daun kemangi. Rasanya, hmm... lezat apalagi disantap masih hangat dan ditemani sambal terasi serta lalapan.

Menurut Kepala Dinas Parawisata dan Kebudayaan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, Ujang Misran, Sabtu (19/9/2015), Taboh dahulunya merupakan sajian khusus para raja dan tamu. "Masyarakat asli Liwa sendiri menyantap menu itu hampir setiap hari. Rasanya kurang nikmat makan tanpa sajian gulai taboh," katanya.

Jika kita bertandang ke Lampung Barat, menu itu bisa dinikmati di sebuah Rumah Makan 'Khang Mengan Jejama' yang berarti tempat makan bersama. Rumah makan yang menyajikan menu khas Liwa ini hanya bisa ditemukan di Jl Raden Intan Way Mengaku Kota Liwa. Lokasi ini hanya berjarak sekitar 100 dari pusat pemerintahan kabupaten setempat.

Ads
(Akham Sophian)
Kategori : Wisata
Sumber:Kompas.com
wwwwww