PotretNews.com Minggu 23 September 2018

Inilah Oresund, Jembatan Berarsitektur Canggih Penghubung Denmark-Swedia dan Jadi Kebanggaan Warganya

Inilah Oresund, Jembatan Berarsitektur Canggih Penghubung Denmark-Swedia dan Jadi Kebanggaan Warganya

Sistem jembatan Oresund. (foto: merdeka.com/oresundbron.com)

Rabu, 16 September 2015 06:06 WIB

DENMARK, POTRETNEWS.com - Inilah Oresund, sistem jembatan dan terowongan bawah laut yang menjadi kebanggaan warga Denmark dan Swedia. Oresund, dikenal juga sebagai The Sound atau Sundet merupakan sebuah jembatan raksasa yang menghubungkan kedua negara tersebut.

Oresund merupakan satu bagian dari tiga selat di Denmark yang menghubungkan Laut Baltik dan Samudera Atlantik melalui Kattegat, Skagerrak, dan Laut Utara. Sistem jembatan unik ini menghubungkan ibukota Denmark, Kopenhagen dan Malmo, kota di Swedia. Sekaligus berfungsi sebagai salah satu jalur perairan tersibuk di dunia.

Oresund dirancang oleh arsitek Denmark, George KS Rotne. Jembatan ini resmi dibuka pada tanggal 1 Juli 2000 oleh Ratu Margrethe II dari Denmark dan Raja Carl XVI Gustaf dari Swedia.

Dilaporkan Bored Panda, jembatan ini mengular sepanjang 8 kilometer. Kemudian menjorok ke bawah permukaan air, menjadi terowongan sepanjang 4 kilometer yang melalui sebuah pulau artifisial di Kanal Flint.

Ads
Pulau itu sendiri dibuat dengan mengeruk tanah di dasar laut. Sementara terowongan Oresund yang terbuat dari beton 'ditanamkan' di bawahnya.

Tak hanya konsep arsitektur Oresund yang terbilang menakjubkan. Area sekitarnya pun menawarkan daya tarik yang luar biasa. Lund's Botanical Association telah mengidentifikasi lebih dari 500 spesies tumbuhan yang menjadikan pulau artifisial di atas Oresund sebagai rumah.***

(M Yamin Indra)
Kategori : Wisata
Sumber:Merdeka.com
Tour de Siak 2018
wwwwww