PotretNews.com Senin 23 Juli 2018

Hutan Terbakar, Potensi Keragaman Hayati pun Musnah

Hutan Terbakar, Potensi Keragaman Hayati pun Musnah

Ilustrasi kebakaran hutan.

Selasa, 06 Oktober 2015 07:54 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Asap akibat kebakaran hutan di Kalimantan dan Sumatera, menjadikan negeri ini pusing bukan kepalang. Bagaimana tidak, asap akibat hutan yang dibakar itu membumbung tinggi hingga sampai negara-negara tetangga. Bahkan, Malaysia dan Singapura pun berteriak masalah ini.Persoalannya pun tak berhenti bagaimana menghilangkan asap tersebut, namun ada sisi lain yakni hilangnya potensi keberagaman hayati. Hal itu diungkapkan oleh Rosichon Ubaidillah, Kepala Laboratorium Entomologi, LIPI.

Menurutnya, persoalan kebakaran hutan itu tak pernah dipikirkan dampak dari keberagaman hayati di hutan yang punah begitu saja. Pasalnya, banyak mikroba-mikroba yang kaya manfaat bagi pemanfaatan makanan dan obat-obatan. Hal ini tentu saja memperlambat percepatan koleksi inventarisasi keberagaman hayati di negeri ini.

"Banyak kerugian sebenarnya yang melanda soal kebakaran hutan. Tidak semata kebakaran hutan saja, tapi berapa banyak spesies yang hilang akibat itu. Kita tidak pernah care itu. Yang kita lihat asapnya saja," ujarnya kepada Merdeka.com saat ditemui di acara pameran sains dan teknologi Jerman Indonesia di Jakarta, Senin (5/10/2015).

Ads
Kendati begitu, dia mengakui belum ada studi yang menyebutkan dampak musnahnya hewan maupun mikroba dari kebakaran hutan. Hanya saja, dia meyakini jika binatang-binatang yang lambat bergerak pasti akan punah.

"Studi belum ada. Tapi, bisa kita lihat kalau hewan-hewan yang pergerakannya lambat pasti punah. Binatang-binatang tanah mikroba akan musnah. Bahayanya, kalau diperlukan untuk kesejahteraan manusia itu tidak ada," katanya. ***

loading...
(Farid Mansyur)
Kategori : Teknomotif
Sumber:Merdeka.com
PMB Unilak 2018/2019
wwwwww