PotretNews.com Kamis 15 November 2018

Ciliandra Fangiono, Raja Sawit di Riau yang Jadi Orang Terkaya Indonesia

Ciliandra Fangiono, Raja Sawit di Riau yang Jadi Orang Terkaya Indonesia

Ciliandra Fangiono.

Rabu, 13 April 2016 08:17 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Daftar orang terkaya Indonesia versi Majalah Forbes resmi dirilis hari ini. Dari 40 orang terkaya itu, terdapat nama Ciliandra Fangiono, yang merupakan jutawan termuda di Indonesia saat ini. Di usianya yang baru 40 pada tahun 2016, Ciliandra, menurut catatan Forbes memiliki kekayaan US$1,1 miliar atau sekitar Rp 9,9 trilun.Untuk diketahui, sejak tahun 2009, Ciliandro sudah masuk daftar orang terkaya di Indonesia. Tahun lalu ia berhasil menduduki peringkat ke-18. Tahun 2010 posisinya turun ke peringkat 20. Tapi jumlah kekayaannya naik tinggi dibanding tahun lalu, yakni dari US$ 0,71 miliar atau sekitar Rp 6,3 triliun menjadi Rp 9,9 triliun tahun ini.

Dari mana sumber kekayaan itu? Ciliandra adalah direktur sekaligus chief executive director First Resources. Di perusahaan ini, Ciliandra bersama saudaranya Cik Sigih memiliki 74 persen saham First Resources. Perusahaan tersebut didirikan oleh ayah Ciliandra, Martias. Namun Martias telah melepaskan keterlibatannya di perusahaan tersebut sejak tahun 2003.

Martias tak lain dulunya adalah Komisaris PT Utama Surya Dumai Industri Tbk, perusahaan yang telah menghapus pencatatan saham (delisting) terhitung 5 Februari 2008 dari bursa efek Indonesia.

Ads
Perusahaan yang dikendalikan Ciliandra, salah satunya bergerak di sektor perkebunan kelapa sawit. Bisa dibilang, dia merupakan salah satu ”raja” sawit di Provinsi Riau dan Kalimantan. ***

Editor:
Akham Sophian

Sumber:
Tempo.co

Kategori : Profil
wwwwww