PotretNews.com Minggu 22 Juli 2018

Luput dari Perhatian, Mantan Menteri ESDM Era SBY Ini Ternyata Lahir di Inhil… Siapa Orang Tuanya?

Luput dari Perhatian, Mantan Menteri ESDM Era SBY Ini Ternyata Lahir di Inhil… Siapa Orang Tuanya?

Darwin Zahedy Saleh.

Jum'at, 08 Januari 2016 02:32 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Darwin Zahedy Saleh tinggal di Gang Mangga Nomor 15 Kemayoran, Jakarta Pusat, sejak usia 10 tahun. Bekas Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) Jilid II (era Presiden SBY) ini, dikenal ramah dan pandai bergaul, serta aktif dalam banyak kegiatan warga.Di antara teman-teman bermain sebayanya di masa remaja, Darwin bersaudara paling rajin sekolah, cenderung kutu buku, namun semuanya jago karate. Dengan latar belakangnya ini, tak heran keluarga Darwin sangat populer di kalangan warga Kemayoran.

Darwin Zahedy Saleh terlahir dari pasangan HM Saleh (almarhum) dan Hj Raja Pujian S. (almarhum). Sejak usia 10 tahun, Darwin yang lahir di Sapat, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau, 29 Oktober 1960, dibawa hijrah oleh orang tuanya ke Ibukota, dan menempati rumah di Gang Mangga No. 15 Kemayoran.

Sejak kecil orang tua Darwin menerapkan disiplin kepada anak-anaknya, dan sangat mengutamakan pendidikan. ”Jadi di antara teman-teman main masa kecil dan remaja, Pak Darwin sekeluarga paling rajin sekolah. Mereka terkenal kutu buku, sekolah dan kuliahnya aja di negeri semua,” jelas Dewok, warga asli Gang Mangga.

Ads
Akan tetapi, lanjut Dewok, kalangan anak-anak Kemayoran yang terkenal bandel, cukup segan pada Darwin bersaudara. Maklum, Darwin lima bersaudara yang semuanya laki-laki, masing-masing dikenal jago karate. ”Rata-rata mereka ikut karate sampai sabuk hitam, sudah Dan lagi,” imbuh Dewok.

Saat dewasa, Darwin diketahui menekuni dunia akademis sebagai dosen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI). Salah satu kakaknya, Johan Zahedy Saleh, pernah menjabat Duta Besar Republik Indonesia (RI) untuk Singapura, di era kepemimpinan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Sedangkan adiknya, Helmy Zahedy Saleh, adalah Tim Inspektorat Pajak Departemen Keuangan (Depkeu).

Darwin lantas mempersunting Destiana Gianawati, SE, dan dikaruniai tiga anak. Anak pertama wanita, bernama Siti Sulma Mardiah Zahedy usia 23 tahun. Anak kedua laki-laki, bernama Fakhri Saleh Zahedy usia 19 tahun. Sedangkan anak ketiga, Ihsan Giana Zahedy, juga laki-laki, lahir di Amerika Serikat pada 2 Februari 1994, saat Darwin menempuh pendidikan MBA di sana.

Kini, rumah nomor 15 berpagar coklat di Gang Mangga itu tidak lagi ditempati keluarga Darwin. Setelah kedua orang tuanya meninggal, Darwin membawa keluarganya pindah ke Depok, Jawa Barat.

”Mereka pindah enam tahun lalu, rumah yang ini dijual Rp 600 juta. Katanya Pak Darwin pindah ke Depok, tapi kita belum pernah diberi alamat yang di sana. Kalau KK (kartu keluarga) dan KTP-nya sih masih ikut Gang Mangga ini,” jelas Tjutju. ***

Sumber:
https://arsip.tambang.co.id/

loading...
(M Yamin Indra)
Kategori : Profil
PMB Unilak 2018/2019
wwwwww