PotretNews.com Senin 24 September 2018

Kabar Gembira! Perpanjang SIM Kini Bisa Online

Kabar Gembira! Perpanjang SIM Kini Bisa Online

Ilustrasi.

Minggu, 06 Desember 2015 12:32 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Polri Jenderal Badrodin Haiti mengatakan bahwa layanan SIM online saat ini berbeda dengan dengan yang dahulu. "Layanan SIM online ini mulai dikembangkan pada pertengahan tahun 2015. Layanan saat ini berbeda dengan yang dulu, karena sudah saling terkoneksi," ujar Badrodin dalam peluncuran SIM online di Parkir Timur Senayan, Jakarta, Minggu (6/12/2015).Badrodin menjelaskan, pelayanan SIM online dulu memiliki sistem berbeda di setiap tempatnya. "Dulu di masing-masing Polda, perangkat dan sistemnya juga berbeda," ucap Badrodin.

Pelayanan di Samsat, lanjut Badrodin, pun tidak terkoneksi satu sama lain. "Maka, saat ini diharapkan sistem yang sudah saling terkoneksi ini bisa memberikan kemudahan dan kecepatan untuk penerbitan SIM," ungkap Badrodin.

Selain itu, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Condro Kirono pun menambahkan, saat ini data pemilik SIM terdistribusi langsung ke Korlantas.

Ads
"Dulunya, data-data pemilik SIM terdistribusi ke polres-polres saja, tapi saat ini semua database itu tersimpan di Korlantas Polri," ujar Condro.

Sistem ini pun, lanjut Condro, sudah terintegrasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Keuangan.

"Saat ini sudah terintegrasi dengan Kemendagri lewat penggunaan E-KTP untuk pembuatan SIM online ini. Selain itu, terintegrasi juga dengan Kementerian Keuangan untuk soal pembayarannya," ungkap Condro.

Condro melanjutkan, dengan layanan ini diharapkan bisa mempermudah masyarakat untuk melakukan perpanjangan SIM.

"Ya semoga masyarakat nantinya enggak perlu repot kalau mau buat SIM. Apalagi yang di daerah enggak perlu balik ke tempat tinggal mereka masing-masing," kata Condro.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, acara peluncuran ini dibuka dengan atraksi barikade motor oleh sejumlah polisi yang telah terlatih.

Selain itu, ada pula beberapa mobil pelayanan SIM keliling. Peluncuran ini turut dihadiri oleh Menpan-RB Yuddy Chrisnandy, Menkopolhukam Luhut Binsar Panjaitan, dan Ketua Mahkamah Konstitusi Arief Hidayat. Selain itu, hadir pula 32 Kapolda dari seluruh Nusantara. ***

(Akham Sophian)
Kategori : Nasional
Sumber:Kompas.com
Tour de Siak 2018
wwwwww