PotretNews.com Minggu 23 September 2018

Jokowi Presiden Pertama yang Temui Orang Rimba Sejak Indonesia Merdeka

Jokowi Presiden Pertama yang Temui Orang Rimba Sejak Indonesia Merdeka

Presiden Jokowi saat menemui Suku Anak Dalam di Jambi, Jumat (30/10/2015). (foto: ist/Tim Komunikasi Presiden)

Sabtu, 31 Oktober 2015 08:25 WIB
JAMBI, POTRETNEWS.com - Bupati Sarolangun, Jambi, Cek Endra mengatakan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi adalah Presiden Indonesia pertama yang mengunjungi Orang Rimba Jambi atau biasa disebut Suku Anak Dalam.”Ini sejarah, Pak Jokowi adalah Presiden pertama yang datang ke Suku Anak Dalam," ujar Bupati Cek Endra di Jambi, Jumat 30 Oktober 2015.

Cek berharap, kedatangan orang nomor 1 Indonesia bertemu Suku Anak Dalam di Desa Bukit Suban, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, bisa berdampak positif. Kehidupan komunitas suku yang tinggal di pedalaman hutan Jambi itu bisa lebih baik lagi.

Pada kunjungan itu, Jokowi mengatakan pihaknya sangat memberikan perhatian serius terhadap kehidupan suku terasing di Indonesia termasuk Orang Rimba Jambi.

"Semua adalah rakyat kita, semuanya, tidak hanya yang di Jakarta saja," kata Jokowi.

Jokowi mengaku amat ingin bertemu langsung Suku Anak Dalam di Jambi. Sebab, kata dia, dari informasi dan berita yang dibacanya, Suku Anak Dalam sedang dalam kondisi kesulitan. Baik secara kesehatan, makanan hingga pemukiman akibat kebakaran hutan dan kabut asap.

Pada pertemuan dengan warga rimba itu, Jokowi sempat bertanya apakah mereka mau tinggal menetap dalam rumah. Sebab, selama ini, Suku Anak Dalam dikenal dengan budaya melangun atau berpindah-pindah.

"Sudah nanti disiapkan, Bu Menhut sudah nyiapkan, Pak Bupati, Pak Gubernur. Nanti yang mengenai rumahnya diurus Mensos," kata Jokowi.

Jokowi juga menyempatkan untuk melihat kondisi 15 unit rumah khusus yang dibangun pemerintah untuk warga Suku Anak Dalam.

Jumat lalu, dengan didampingi sejumlah menteri, Presiden Jokowi berkunjung ke Kota Jambi dan Kabupaten Sarolangun. Agenda utamanya adalah melihat penanganan bencana kabut asap.
Ads
(***)
Kategori : Nasional
Sumber:liputan6.com
Tour de Siak 2018
wwwwww