PotretNews.com Minggu 22 Juli 2018

Pesan Menkes ke Korban Asap: Tutup Jendela dengan Kain Basah

Pesan Menkes ke Korban Asap: Tutup Jendela dengan Kain Basah

Menteri Kesehatan Nila F Moeloek. (foto: tempo)

Jum'at, 23 Oktober 2015 03:47 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com- Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengatakan akan menambah bantuan medis dan tenda isolasi kepada korban terpapar asap. Nila juga mengimbau para orang tua yang mempunyai balita agar tetap memberikan asupan air susu ibu dan makanan sehat.Selain itu, kepada semua warga diminta agar menutup jendela rumah mereka menggunakan kain untuk menahan partikel dari asap.

“Asap itu yang penting tidak masuk, kalau kebetulan rumahnya baik tertutup jendelanya, bisa tutup dengan kain yang dibasahkan,” ujar Nila di kantornya, Kamis, 22 Oktober 2015. “Kemenkes akan mendistribusikan kembali 125 ribu masker yang diperlukan per kabupaten/kota. Kami buat tenda isolasi sampai asap tidak bisa masuk karena kami pasang penyaring. Kami tambahkan lima shelter lagi di Palangkaraya,” kata Nila.

Nila mengatakan di masing-masing tenda tersebut sudah ada dokter yang siap menangani warga yang membutuhkan pelayanan medis. Selain itu Nila memastikan pelayanan kesehatan sudah terbuka 24 jam. Bahkan tenaga medis diminta proaktif keluar mencari warga yang berisiko tinggi akibat paparan asap.

Ads
“Anggaran yang ada akan dimanfaatkan untuk operasional di puskesmas. Kami juga meminta rumah sakit untuk memberikan bantuan tenaga kesehatan dengan memobilisasi sumber daya kesehatan ke puskesmas-puskesmas,” kata dia.

Selain bantuan medis, Nila menilai pentingnya melakukan edukasi ke masyarakat yang terkena dampak asap. Untuk itu pemerintah, kata dia, akan secepatnya secepatnya membuat film edukasi kesehatan di televisi lokal. Pemerintah juga akan mendistribusikan poster dan pamflet agar warga paham dampak asap terhadap kesehatan.

Sementara itu, Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Aman Pulungan menyarankan agar warga mengevakuasi bayi ke rumah singgah yang sudah disiapkan karena memiliki AC dan saluran air bersih. Selain itu, Aman menegaskan akan membantu sepenuhnya kepada korban asap. “Kami akan membantu full di semua provinsi, yang dilindungi adalah bayi, balita, dan anak,” katanya. ***

loading...
(M Yamin Indra)
Kategori : Nasional
Sumber:Tempo.co
PMB Unilak 2018/2019
wwwwww