PotretNews.com Rabu 21 November 2018

Walah, BNPB Tak Tahu Kapan Kebakaran Hutan Bisa Dipadamkan

Walah, BNPB Tak Tahu Kapan Kebakaran Hutan Bisa Dipadamkan

Ilustrasi kebakaran hutan dan lahan.

Minggu, 18 Oktober 2015 11:53 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Kepala Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan belum bisa memastikan kapan kebakaran hutan yang terjadi di Indonesia dapat dipadamkan. Sebab menurut dia jumlah titik api juga diperkirakan semakin bertambah akibat adanya pembakaran baru maupun lahan yang sudah dipadamkan terbakar kembali. "Saya tidak bisa memastikan kapan seluruh kebakaran hutan akan bisa dipadamkan," ujar dia saat dihubungi, Minggu (18/10/2015).Sutopo berujar karakteristik tanah gambut yang kering serta cuaca yang kering menyebabkan api sulit dipadamkan. "Tidak hanya itu angin yang kencang di permukaan juga menyebabkan penjalaran api sangat cepat," kata dia.

Selain itu tidak jarang pemadaman api terhambat lantaran terkendala oleh minimnya air seperti yang terjadi di beberapa tempat. Laporan dari tim darat hal ini terjadi di daerah Rengat, Riau. "Jadi mereka terpaksa memadamkan api secara manual," ucap dia.

Lebih lanjut Sutopo menuturkan bahwa pihaknya belum bisa memprediksikan kapan api bisa dipadamkan.Sebab sejauh ini kebakaran hutan yang sangat luas itu tersebar di tujuh provinsi yakni Lampung, Riau, Jambi, Sumatra Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, serta Kalimantan Timur. "Sebarannya sangat luas, jadi sulit untuk dipadamkan dalam waktu dekat," kata dia. ***

Ads
(Farid Mansyur)
Kategori : Nasional
Sumber:Tempo.co
wwwwww