PotretNews.com Minggu 23 September 2018

Jelang Pilkada, Masyarakat Perlu Angkat Isu Asap di Kampanye Kandidat

Jelang Pilkada, Masyarakat Perlu Angkat Isu Asap di Kampanye Kandidat

Kota Pekanbaru dikepung asap.

Minggu, 20 September 2015 06:48 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Persoalan kebakaran hutan yang menimbulkan asap pekat kerap terjadi di berbagai daerah setiap musim kemarau terjadi. Karena itu, isu asap dianggap perlu menjadi bahasan utama terutama dalam proses pemilihan politik seperti pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak yang akan dilakukan pada Desember 2015 ini."Ini adalah tuntutan kita smua, agar masyarakat dan saudara di daerah yang menjadi wilayah hotspot menjadikan isu asap menjadi isu utama dalam kampanye," ujar Direktur Eksekutif Populi Center Nico Harjanto dalam diskusi di Jakarta, Sabtu (19/9/2015).

Dia menilai, dengan mengangkat asap sebagai tema utama kampanye dalam wilayah-wilayah rawan kebakaran hutan, masyarakat bisa memilih kepala daerah yang benar-benar berkomitmen mengatasi bencana tahunan itu. Nico pun mendorong agar masyarakat setempat menuntut para kandidat tak hanya mengumbar janji, tetapi juga mebuat kontrak politik.

"Buat calon kepala daerah teken perjanjian politik, supaya mereka tidak lagi bermain dengan korporasi dan pihak-pihak yang telah merugikan masyarakat dengan adanya asap itu," ucap Nico.

Ads
Lebih lanjut, Nico menganggap persoalan asap ini sudah seharusnya menjadi perhatian seluruh pemangku pejabat yang ada.***

(M Yamin Indra)
Kategori : Nasional
Sumber:Kompas.com
Tour de Siak 2018
wwwwww