PotretNews.com Selasa 20 Februari 2018

Mendagri Minta Kepala Daerah Tidak Keluar Negeri saat Wilayahnya Terkena Bencana

Mendagri Minta Kepala Daerah Tidak Keluar Negeri saat Wilayahnya Terkena Bencana

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Sabtu, 19 September 2015 07:40 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengungkapkan kepala daerah boleh saja melakukan kunjungan kerja atau pun berobat keluar negeri. Namun, dalam kasus luar biasa seperti bencana asap yang kini melanda sejumlah daerah, seharusnya kepala daerah tidak bepergian keluar negeri."Kalau daerah sedang dalam keadaan darurat asap misalnya atau ada darurat bencana lain keputusan harusnya ada pada gubernur/pejabat pemda yang sudah diberi izin untuk bisa menunda kunjungan ke luar negeri. Prioritas pada penanganan bencana di daerah," ujar Tjahjo dalam pernyataan tertulis yang diterima, Jumat (19/9/2015).

Tjahjo berharap dengan penundaan kunjungan keluar negeri itu, kepala daerah bisa mempercepat penanganan dampak bencana asap. Pasalnya, kepala daerah lah yang paling mengetahui permasalahan yang dirasakan warganya.

"Kalau masyarakat masih memerlukan perhatian pejabat daerah ya harusnya bisa dipertimbangkan keberangkatannya, diundur, ditunda, kecuali sakit untuk berobat yang tidak bisa ditunda," ucap politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) ini.

Ads
Wali Kota Pekanbaru Firdaus melakukan kunjungan kerja ke China saat Riau mengalami darurat pencemaran udara akibat asap kebakaran lahan dan hutan. Pemkot Pekanbaru mengungkapkan kepergian Firdaus itu adalah untuk menarik investor masuk. Rencananya, Firdaus akan lima hari di negeri tirai bambu itu.

Selain Firdaus, ada pula Gubernur Kalimantan Timur Awang Farouk yang memutuskan pergi ke Rusia di tengah bencana kabut asap di daerahnya. Akibat kepergian dua kepala daerah itu di saat rakyat sedang berjuang melawan asap, kritikan pedas pun ditayangkan oleh sejumlah lembaga swadaya masyarakat.

Masyarakat setempat pun mengkritik tidak adanya empati dan skala prioritas yang dilakukan pimpinan daerahnya.***

loading...
(Akham Sophian)
Kategori : Nasional
Sumber:Kompas.com
wwwwww