PotretNews.com Minggu 22 Juli 2018

Demokrat Minta Pemerintah Tetapkan Kebakaran Hutan Jadi Bencana Nasional

Demokrat Minta Pemerintah Tetapkan Kebakaran Hutan Jadi Bencana Nasional

Anggota DPR RI dari Partai Demokrat, Umar Arsal (kanan) memasangkan masker kepada pengendara motor yang terkena kabut asap di Pekanbar, Provinsi Riau. (foto: antaranews.com)

Jum'at, 11 September 2015 05:56 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Partai Demokrat prihatin dengan kebakaran hutan yang berujung pada munculnya kabut asap di sejumlah daerah. Demokrat mendesak pemerintah baik pusat maupun daerah lebih serius menangani bencana asap ini."Bilamana ingin ditingkatkan statusnya menjadi bencana nasional tidak menjadi masalah," kata Ketua Divisi Tanggap Darurat Dan Bencana DPP Partai Demokrat, Umar Arsal, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (10/9/2015).

Hal yang terpenting, kata Umar, kebakaran hutan harus diatasi dengan cepat oleh pemerintah. Sebab, dampak kebakaran hutan ini menyebakan kabut asap yang sangat terasa dampaknya bagi warga. Mulai dari aktivitas hingga kesehatan warga bisa terganggu.

Umar mengaku sudah berkunjung langsung ke Riau bersama tim DPP Demokrat dan membuka posko di sana. Ketika berada di lokasi wilayah yang tidak jauh dari kebakaran hutan, kabut asap sangat terasa menganggu kesehatan. Beberapa Puskesmas dibanjiri pasien yang terserang penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) akibat kabut asap.

Ads
Di sisi lain, tebalnya kabut menganggu aktivitas warga yang ingin berpergian karena jarak pandang yang minim.

“Semenjak kemarin Partai Demokrat mendirikan posko banyak warga yang berdatangan mengeluhkan penyakit ISPA. Karena itu posko bencana kita siapkan dokter khusus, dan juga menyediakan 60 ribu masker,” ucap Anggota Komisi V DPR ini.***

loading...
Kategori : Nasional
Sumber:Kompas.com
PMB Unilak 2018/2019
wwwwww