PotretNews.com Selasa 16 Oktober 2018

Ini Bahayanya... Kalau Sering Nahan-nahan Kencing...

Ini Bahayanya... Kalau Sering Nahan-nahan Kencing...

Ilustrasi.

Kamis, 24 Maret 2016 10:03 WIB

JAKARTA, POTRETNEWS.com - Kesibukan kerap membuat orang menyepelekan hal yang terjadi di tubuhnya. Salah satunya adalah menunda berkemih atau buang air kecil. Padahal, menurut spesialis urologi dr Bobby Hery Yudhanto SpU, hal tersebut bisa memicu infeksi saluran kencing (ISK).

Belum lagi kurangnya asupan air dalam tubuh. "Katanya, karena bekerja di dalam ruang ber-AC yang dingin, kita tidak pernah haus. Padahal, tubuh tetap butuh minum," ungkap spesialis urologi RS Bedah tersebut.

Bobby menerangkan, bila seseorang suka menahan kencing, akan terjadi penumpukan kuman di saluran berkemih. Sebab, kuman yang seharusnya keluar bersama air kemih menjadi tertahan. Apalagi jika kebiasaan tersebut ditambah kemalasan mengonsumsi air. Akibatnya, saluran kemih mengalami iritasi.

"Kalau masih anyang-anyangen, biasanya masih tahan. Tetapi, kalau sudah merasa nyeri, baru ke dokter," kata lulusan FK Unair tersebut. Bobby menerangkan, 80 persen penderita ISK berjenis kelamin perempuan.

Ads
Perempuan memang lebih rentan terkena ISK karena saluran dari kandung kemih yang mengalirkan urine cenderung lebih pendek pada perempuan. Akibatnya, kuman lebih mudah masuk. Dengan begitu, kaum perempuan harus lebih intensif menjaga kebersihan vagina. ***

Editor:
Wawan Setiawan

Sumber:
Jpnn.com

Kategori : Kesehatan
wwwwww