PotretNews.com Selasa 13 November 2018

Awar-awar, Daun yang Diremehkan Ternyata Ampuh Mengobati Herpes, Rematik dan Penyakit Lainnya

Awar-awar, Daun yang Diremehkan Ternyata Ampuh Mengobati Herpes, Rematik dan Penyakit Lainnya

Daun awar-awar. (U-Report)

Jum'at, 18 Desember 2015 03:25 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Kebanyakan orang mungkin sudah mengenal dengan tumbuhan Awar awar ( nama di daerah jawa) . Tumbuhan ini dikenal dalam bahasa latin dengan nama Ficus septic. Khusus di daerah Ambon orang menyebutnya Sirih Popar, daerah Minahasa loloyoan, daerah Sunda Ki ciyat, daerah Madura Bar abar, daerah Makasar Tobotobo, dan Dausalo untuk daerah Bugis.Adapun ciri ciri dari Awar Awar adalah berpohon seperti semak dengan ketinggian maksimal 1 sampai 1,5 meter saja. Batangnya berbentuk bengkok namun tidak beruas, daunya berwarna hijau lebar dengan tulang menyirip serta terdapat bintik bintik pucat di permukaan daunnya. Sedangkan buahnya berbentuk bulat kecil dengan warna hijau.

Karakteristik dari pohon awar awar adalah bisa tumbuh subur dimana saja baik di dataran rendah ataupun dataran tinggi. Sebagian orang jawa bahkan ada yang meyakini bahwa dimana ada tempat yang ditumbuhi pohon awar awar dengan subur maka didalamnya terdapat air sumber yang besar. Artinya jika dibuat sumur tempat tersebut akan mengeluarkan mata air yang banyak.

Dan tahukah anda jika ternyata tumbuhan awar awar juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan?…
Ya beberapa ahli kesehatan telah melakukan penelitian terhadap tumbuhan ini dan hasilnya sangat mengejutkan sekali, tumbuhan yang biasa hidup subur di mana saja ini ternyata mempunyai sejumlah senyawa diantaranya Flavonoid dan Sterol.

Ads
Bukan hanya itu saja tumbuhan ini juga sudah terbukti bisa menghambat pertumbuhan Bacillus subtilis ( bakteri yang sangat berperan dalam pembusukan daging ) dan Escherichia coli ( bakteri jahat yang berperan penting dalam gangguan pencernaan sehingga menyebabkan Infeksi saluran kemih serta Diare). Hasil pengujian para ahli menyebutkan bahwa setiap 4 gr ekstrak daun awar awar yang dilarutkan dalam metanol dapat berefek menjadi anti bakteri sehingga menghambat pertumbuhan bakteri jahat tersebut.

Untuk mengetahui apa saja kegunaan dari tumbuhan awar awar. Berikut ini kami berikan informasi tentang 6 manfaat daun Awar awar untuk obat herbal alami disertai dengan cara penggunaanya.

1. Obat sakit herpes, rematik dan sakit kepala
Car penggunannya yaitu dengan menumbuk daun awar awar secukupnya hingga sampai berbentuk pasta. Setelah itu oleskan pasta daun awar awar tersebut pada bagian tubuh yang terkena herpes atau gatal dan jika mengalami rematik oleskan pada bagian persendian yang terasa sakit, serta untuk sakit kepala oleskan pasta tersebut dibagian piling kepala anda.

2. Obat bisul serta gatal-gatal
Cara penggunaanya yaitu petik daun awar awar dari pohonnya kurang lebih 5 gram setelah itu asapi daun tersebut hingga menjadi layu. Ambil kembali setelah daun mulai layu dan kemudian tumbuk hingga halus hingga sampai menjadi pasta. Oleskan pasta tesebut dibagian tubuh yang terkena bisul atau gatal rutin setiap pagi dan sore hari hingga sampai gatal dan bisul ditubuh anda benar benar menghilang.

3. Sebagai penangkal gigitan ular
Sebelum dunia pengobatan berkembang, dahulu daun awar awar juga digunmakan sebagai penangkal dari gigitan ular tertentu. Caranya yaitu dengan menumbuknya sampai halus dan kemudian oleskan pada bagian yang digigit ular. Namun untuk hal yang satu ini saya kurang menganjurkan karena hanyalah bisa ular tertentu yang bisa diobati dengan bahan ini dan untuk hasil yang terbaik sebaiknya anda pergi kedokter supaya mendapatkan perawatan yang lebih insentif.

4. Penangkal rasa mual
Beberapa bagian awr awar juga bisa berkhasiat untuk menangkal rasa mual. caranya yaitu dengan merebus air yang sudah diberi daun serta akar awar awar dan selanjutnya saring air tersebut untuk diminum. Insya Allah rasa mual anda akan menjadi hilang.

5. Obat sakit bengkak
Selain daun dan akar awar awar. Bagian getah dari tumbuhan ini juga bisa bermanfaat dan sangat efektif untuk penyembuh luka bengkak. Caranya yaitu hanya dengan menempelkan getah pohon Awar awar pada bagian tubuh yang bengkak rutin setiap hari hingga luka bengkak anda benar benar hilang.

6. Atasi sembelit
Permasalahn lain yang bisa diatasi dengan tumbuhan Awar awar adalah sembelit. Sebelum anda menggunakan obat dari pasar yang memiliki efek buruk dalam jangka panjang sebaiknya, gunakan cara yang alami terdahulu dengan menggunakan ramuan tumbuhan awar awar sebagai obat pencahar sembelit anda. Ramuan ini sangat alami jadi tidak aka nada efek jangka panjang terhadap diri anda.

Demikian tadi ulasan tentang manfaat Daun Awar awar yang sudah kami sampaikan kepada anda semoga informasi tersebut bermanfaat. Beri tahu kepada saudara, teman, serta kerabat terdekat anda agar semua bisa merasakan kedahsyatan manfaat Daun Awar awar untuk obat herbal.

Penting, jika ingin memnanamnya sebaiknya jangan di sekitar rumah karena ada masanya daun pohon ini dikerubuti dan dimakan ulat. Jikapun anda terpaksa menanam disekitar rumah anda pastikan untuk selalu merawatnya dengan selalu siap menyediakan obat pembasmi ulat. Jangan lupa share ilmu ini pada beranda akun facebook agar semua tahu tentang manfaat daun awar awar tersebut. ***

(Reihan Irfan)
Kategori : Kesehatan
Sumber:Viva.co.id
wwwwww