PotretNews.com Selasa 24 April 2018

Hati-hati, Buang Ingus Terlalu Keras Bisa Menyebabkan Kebutaan

Hati-hati, Buang Ingus Terlalu Keras Bisa Menyebabkan Kebutaan

Ilustrasi.

Minggu, 08 November 2015 22:53 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Kerap disepelekan, ternyata membuang ingus terlalu keras bisa mengganggu kesehatan mata bahkan berujung pada kebutaan.Seperti yang dialami wanita ini. Mata seorang wanita berusia 32 tahun yang tak ingin disebutkan namanya, membengkak seukuran bola golf setelah membuang ingus terlalu kuat.

Namun itu bukan pembengkakan biasa. Dokter mengatakan cedera yang dialaminya dapat menyebabkan kebutaan bila tidak cepat ditangani.

Dilansir dari Dailymail, wanita itu tiba di Unit Gawat Darurat (UGD) Leicester Royal Infirmary Hospital, dan mengatakan kepada dokter bahwa matanya bengkak akibat mengeluarkan cairan hidung terlalu keras empat jam sebelumnya.

Ads
Dokter pun mengungkapkan adanya 'emfisema orbital' atau pembengkakan yang terjadi ketika udara dipaksa masuk ke dalam jaringan lunak di sekitar mata.

Pada kasus yang parah, kondisi itu dapat menyebabkan kebutaan karena tekanan di mata memicu hilangnya darah ke saraf optik.

Hasil pemindaian menunjukkan wanita tersebut juga mengalami patah tulang di bagian hidungnya. Meskipun pasien tidak mampu mengingat apa yang menyebabkan hal itu.

"Meskipun emfisema orbital biasanya berhubungan dengan trauma, kasus ini terjadi karena terlalu kuat meniup hidung. Sementara itu, patah tulang hidung secara spontan belum pernah dilaporkan sebelumnya dalam literatur manapun," ungkap peneliti. ***

loading...
(Akham Sophian)
Kategori : Kesehatan
Sumber:Dream.co.id
DPRD Kabupaten Siak 2018
wwwwww