PotretNews.com Minggu 22 April 2018

Duh... Bagi Perempuan, Papua Nugini Tempat Terburuk di Dunia, soalnya Polisi Minta Bayaran untuk Mengusut Perkosaan

Duh... Bagi Perempuan, Papua Nugini Tempat Terburuk di Dunia, soalnya Polisi Minta Bayaran untuk Mengusut Perkosaan

Ilustrasi. Warga Papua Nugini yang akrab dengan petugas penjaga perbatasan (foto: detikTravel)

Kamis, 28 Januari 2016 08:41 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Papua Nugini dinilai sebagai salah satu tempat paling buruk di dunia bagi kaum perempuan. Kekerasan rumah tangga di negeri ini meluas di mana-mana dan pelakunya jarang dikenakan sanksi hukum. Penilaian itu disampaikan oleh kelompok Human Right Watch (HRW), Rabu, 27 Januari 2016.Kelompok ini mengatakan, polisi sangat jarang melakukan penyelidikan terhadap kasus kekerasan dalam rumah tangga, bahkan para pelaku terlibat dalam percobaan pembunuhan atau mengulangi aksi perkosaan.

"Papua Nugini adalah salah satu tempat sangat berbahaya di dunia bagi kaum perempuan atau gadis. Sekitar 70 persen perempuan di negeri ini mengalami perkosaan atau kekerasan di masa hidupnya." kata kelompok ini dalam laporan tahunannya tentang Papua Nugini.

Kelompok ini menerangkan, polisi sering kali meminta bayaran atau sekedar uang bensin dari korban sebelum mereka bertindak. Bila tidak diberikan, mereka akan membiarkan kasus tersebut berlalu di negeri yang 40 persen penduduknay hidup di bawah garis kemiskinan.

Ads
HRW mendesak pemerintah Papua Nugini melakukan aksi lebih keras lagi guna menyakinkan kepada korban kekerasan dalam rumah tangga mendapatkan keadilan dan layanan yang baik.

"Papua Nugini telah gagal memenuhi kewajibannya di bawa hukum internasional untuk melindungi kaum perempuan dan para gadis dari diskriminasi serta kekerasan keluarga," ucap Direktur HRW, Brad Adams. ***

loading...
(M Yamin Indra)
Kategori : Internasional
Sumber:Tempo.co
DPRD Kabupaten Siak 2018
wwwwww