PotretNews.com Selasa 20 Februari 2018

LSM Internasional Beri "Pinnocchio Award" Untuk Korporasi Penipu Masyarakat & Iklim, Chevron Dapat Kategori Lobi

LSM Internasional Beri

Ilustrasi logo Chevron.

Minggu, 08 November 2015 21:08 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Perusahaan yang paling bersalah dalam menutupi pengaruh perubahan iklim akan diganjar Pinnocchio Climate Awards di sela-sela Konferensi Perubahan Iklim PBB di Paris, Prancis.Friends of the Earth (FoE) bersama dengan CRID serta Peuples Solidaires-Action Aid France menggelar 'penghargaan' tersebut kepada perusahaan-perusahaan multinasional yang memiliki dampak negatif kepada masyarakat.

Upaya yang dilakukan perusahaan multinasional itu adalah melalui taktik lobi kotor pada level kebijakan maupun pada akar rumput. Terlebih lagi, perusahaan yang mengaku-ngaku melakukan pembangunan berkelanjutan,

Juliette Renaud, Pengkampanye Akuntabilias Perusahaan FoE Prancis mengatakan penghargaan itu akan membuka perusahaan-perusahaan yang melemahkan upaya-upaya yang dilakukan terkait dengan dampak perubahan iklim. Tak hanya itu, paparnya, namun juga korporasi yang tak menghargai komunitas lokal.

Ads
"Suara Anda akan membantu memastikan pemerintah menangani perusahaan ini, untuk melindungi hak asasi dan lingkungan," kata Renaud dalam rilis yang dikutip Bisnis.com, Minggu (8/11/2015).

Dia menuturkan terdapat tiga kategori dalam Pinocchio Awards. Mereka adalah kategori dampak lokal yakni Anglo American; BNP; dan Shell.

Kategori lobi diduduki oleh Avril; Chevron; dan Total. Sedangkan kategori klaim keberlanjutan (greenwashing) yakni EDF, Engie dan Yara. ***

loading...
(Akham Sophian)
Kategori : Internasional
Sumber:Bisnis.com
wwwwww