Home > Berita > Umum

Ustaz Ghufronuddin Ingatkan Pentingnya Salat Lima Waktu dalam Peringatan Isra Mikraj di Pangkalanbatang Barat Bengkalis

Ustaz Ghufronuddin Ingatkan Pentingnya Salat Lima Waktu dalam Peringatan Isra Mikraj di Pangkalanbatang Barat Bengkalis

(Atas) H Ghufronuddin saat menyampaikan ceramah. (Bawah) Sebagian besar masyarakat yang hadir, Sabtu (2/3/2024).

Senin, 11 Maret 2024 19:33 WIB

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Bertempat di Masjid Umar bin Khattab Jalan M Toha, Pemerintah Desa (Pemdes) Pangkalanblatang Barat melaksanakan Peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad saw Tahun 1445 Hijriah dengan mubalig H Ghufronuddin, Sabtu (2/3/2024) malam.

Dalam acara dengan mengangkat tema "Mengaplikasikan Sifat Sholat Di Dalam Kehidupan Bermasyarakat" H Ghufronuddin di antaranya menyampaikan, "Kita sudah memahami, dan meyakini bahwa salat lima waktu itu kewajiban yang telah diperintahkan oleh Allah Swt kepada setiap orang Islam yang mukallaf, yang baliq, yang berakal dan kewajiban ini tidak boleh diingkari. Kalau ada orang Islam yang mengingkari sholat lima waktu ini maka dia akan kafir tapi kalau dia tidak sembahyang (salat), dia yakin salat lima waktu ini perintah Allah Swt, maka dia tidak kafir melainkan fasik, berdosa. Dan orang yang seperti ini harus segera bertobat kepada Allah Swt."

Di dalam salat itu, sambung H Ghufronuddin yang merupakan Imam Masjid Agung Istiqomah, ada amal-amal yang dikerjakan sebelum, ada amal-amal yang dikerjakan ketika salat, ada amal-amal yang dikerjakan setelah sholat. H Ghufronuddin juga menyampaikan rukun salat itu ada 18.

"Kata nabi (Muhammad SAW), sekali sajo kito tak semayang (sholat lima waktu) maka harus masuk neraka 80 tahun lamonyo. Berikutnyo amalan selepas sholat. Selesai sholat langsung pergi, hukumnyo makruh," pungkasnya.

Atas terselenggaranya kegiatan ini, Pj Kepala Desa (Kades) Marvin Samudera mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Syahrizal selaku Penyuluh Agama yang menjadi inisiator dan bisa mengkoordinir para pemuda sehingga bisa melaksanakan agenda Isra Mikraj tahun ini.

"Kami berharap ini bisa menjadi titik awal artinya bagaimana pemuda-pemuda kita bisa konsen di bidang keagamaan," harapnya .

"Insya Allah, di bulan Ramadan ini bersama Pak Syahri, kami punya agenda Pesantren Ramadan. Dan Insya Allah kami Pemdes Pangkalan Batang Barat akan mengadakan Safari Ramadan keliling masjid Mushola yang ada di desa ini," bebernya didampingi Syahrizal.

Syahrizal pula mengucapkan terima kasih kepada Pj Kades Marvin yang proaktif dan menjadi fasilitator kegiatan.

"Bisa kita lihat, ini bukti nyate bahwa ape yang diucapkan dengan tantangan yang terjadi di lapangan, Alhamdulillah bisa terealisasi dan itu semue berkat keje same dari adik-adik. Saye tidak bisa melakukan apapun kalau seandainye tidak ade kontribusi seperti ape yang ade di depan kite ini, tentunye ada tunjuk ajo daghi yang tue. Saye selalu betanye kepade yang saye tuekan, saye selalu mintak tunjuk ajo kepade yang saye tuekan tentunye itu bertujuan untuk desa kite menjadi yang lebih baik lagi dari berbagai sisi karena dari Program Bermasa (Bantuan Keuangan Khusus Bermarwah, Maju, dan Sejahtera/BKK Bermasa) ini tujuannye sangat mulie. Bagaimane sudah disusun dalam buku pedoman (tentang BKK Bermasa) tujuannye adalah untuk kebaikan dari masyarakat itu sendiri. Ke depannye kami tetap memintak pandangan, tunjuk ajar kalau seadanye dalam pelaksanaan suatu kegiatan perlu kritisi dan perlu ade masukan," harap Syahrizal.

Di awal acara, Grup Marawis Desa Pangkalan Batang Barat tampil membawakan lagu religi, kemudian Qoriah Nely Hastuti membacakan ayat-ayat suci Al-Qur'an. Selanjutnya, Ketua Panitia Indra Saputra dalam sambutannya berharap, "Apa yang disampaikan oleh beliau (H Ghufronuddin) nanti bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari karena ini menjadi sebuah pembelajaran bagi kita."

Dalam kegiatan yang disempurnakan pembacaan doa yang dipandu Hasan lalu dirangkai dengan pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah Lomba Azan tingkat SD dan SLTP serta Lomba Hafalan Doa Qunut ini, Panitia pelaksana mempersiapkan 10 bingkisan door prize bagi anak-anak yang bisa menjawab pertanyaan yang diberikan 2 orang MC (Master of Ceremony) Juliana dan Nurafni Sanova. Muthohhirin Hakimi sang desain baliho acara mendapat tugas tambahan menyerahkan bingkisan yang telah disiapkan tadi.

Hadir dalam acara ini Penasehat Pengurus Masjid Herman Nur, BPD, LAMR Desa, Babinsa Koramil 01/Bkls Sertu Endi Trisno, Kepala Dusun, Ketua RW, Ketua RT, pemuda masjid, dan undangan lainnya.***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww