Yang Tersurat dan Tersirat dari Yaumul Milad ke-105 Damkar Indonesia Tahun 2024

Sabtu, 09 Maret 2024 22:35 WIB
Junaidi Usman
yang-tersurat-dan-tersirat-dari-yaumul-milad-ke105-damkar-indonesia-tahun-2024Kadis Damkar H Alfakhrurrazy didampingi Wabup Bagus Santoso saat memberikan keterangan pers di Yaumul Milad le-105 Damkar Indonesia, Sabtu (9/3/2024).

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Sekitar seribuan warga Bengkalis dari berbagai usia bersemangat ikut Jalan Sehat dan Edukasi dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-105 Pemadam Kebakaran (Damkar) Indonesia 1 Maret 1919 - 1 Maret 2024, Sabtu (9/3/2024) pagi.

Start dan finish dari Lapangan Tugu Jalan A Yani dalam agenda tadi mengangkat tema "Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Profesional, Rakyat Terlindungi" merupakan bagian dari edukasi masyarakat tentang bahaya kebakaran dan penggunaan Apar (Alat Pemadam Api Ringan) dan Apat (Alat Pemadam Api Tinggi). Erik, seorang panitia pelaksana Jalan Sehat pada Yaumul Milad ke-105 tadi, kepada jurnalis media ini menyebutkan ada 90an jenis hadiah dari Damkar Kabupaten Bengkalis, sumbangan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Bengkalis, termasuk juga dari sponsor disiapkan panitia bagi peserta Jalan Sehat dalam situasi, kondisi, dan cuaca yang sangat mendukung tadi. Selain itu, ada puluhan door prize berupa payung dan kalender diperuntukkan bagi peserta yang mayoritas anak SD, terlihat juga bayi lima tahun (Balita), kaum ibu-ibu dan kaum bapak-bapak.

Pencabutan undian menjadi waktu yang dinanti-nantikan seluruh peserta. Mereka berkumpul di depan Panggung Tanjak mendengarkan dengan seksama. Namun sebelum itu, edukasi dengan simulasi tentang memadam api menjadi materi dari petugas Damkar Kabupaten Bengkalis untuk para peserta tadi. Bagi peserta yang berani mencoba memadamkan api menggunakan goni basah, menutup lobang kompor gas yang menyala, ada bingkisan mungil diserahkan panitia.

Satu demi satu hadiah mulai sepeda, mesin cuci, dan lainnya yang terbungkus rapi telah diterima peserta Jalan Sehat yang beruntung. Pertengahan acara Wabup H Bagus Santoso mewakili Bupati Bengkalis menghibur hadirin dengan lagu "Lemak Manis" yang dipopulerkan dan diciptakan Penyair Asia Tenggara Roslan Madun warga negara serumpun Malaysia yang beberapa tahun lalu pernah berakting ringan di panggung ini dalam sebuah film Indie produksi sineas ND Juaii M Usna berjudul Sahabat Pulau.

Uniknya, pada bait reff, hampir semua anak sekolah di bawah panggung hafal dengan lagu tadi. Beberapa anak naik ke panggung berjoget bersama orang nomor dua negeri ini. Tak lupa, wabup menyerahkan bingkisan sebagai bentuk motivasi yang teramat berarti.

"Lemak manis alah amboi amboi, santai kelapa alah amboi amboi," seorang peserta pelajar kelas VI SDN 9 Bengkalis bernama Arya Aditya menyanyikan lagu tadi.

Arya berencana melanjutkan pendidikan di SMPN 11 Pekanbaru yang bercita-cita menjadi PNS dan tentara ini sangat senang dengan Wabup Bagus Santoso yang mengaku tak ada di tempat lain. "Terima kasih Pak Wabup dan Buk Bupati," ucap Arya anak pasangan Edi Ahmad dan Icha ini penuh akrab.

Terlihat beberapa peserta menatap lekat ke beberapa lembar kupon yang dipegangnya.

"Aku sikEtnye, die tu yang lebih," ucap seorang nenek-nenek seraya menunjuk seorang lelaki paruh baya yang tahu setelah jurnalis memperlihatkan dan menerangkan makna foto yang diambil jurnalis adalah atas foto berbicara "harap-harap cemas" dan kupon yang dimiliki lebih selembar bukan jaminan mendapatkan hadiah sebab faktor kehendak-Nya lah yang lebih utama.

Wabup Bagus Santoso yang semula ingin diwawancarai beberapa awak media, namun mempersilakan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Kadis Damkar) Kabupaten Bengkalis, H Alfakhrurrazy.

"Kita bersyukur dapat memperingati HUT Damkar yang ke-105 dengan melakukan kegiatan Jalan Santai disertai undian kupon berhadiah. Dan tentunya kita memanfaatkan momen ini memberikan edukasi kepada masyarakat dalam upaya memadamkan api jika terjadi kebakaran ringan, terutama bagi ibu-ibu yang beraktivitas di dapur," kata Alfakhrurrazy yang pernah menjabat sebagai Kabag Umum Setda Kabupaten Bengkalis dengan wajah penuh syukur.

"Kita bersahabat dengan alam artinya petugas Pemadam Kebakaran ini memberikan edukasi kepada masyarakat. Jadi, ketika kompor meledak, ketika ada kebakaran, jangan tergopoh-gopoh. Intinya Pemerintah Kabupaten Bengkalis mengharapkan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis untuk senantiasa waspada tapi tidak harus cemas dan khawatir karena yang namanya ibuk itu masak di dapur yang dihadapi gas. Tidak hanya ibuk-ibuk rumah tangga, juga bapak-bapak, bahkan dari kantor ke kantor, dinas ke dinas, juga sampai ke desa-desa," harap Wabup Bagus Santoso dengan sambungan kalimat, "Menjelang Ramadhan, Pemerintah Kabupaten Bengkalis mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa, semoga keberkahan ada pada negeri kita, Negeri Bengkalis yang Bermarwah, Maju, dan Sejahtera.

Sebelum bubar, anak-anak SD bersuka cita mandi oleh semprotan air dari mobil Damkar yang terparkir di sisi kiri panggung. Sangat sempurna keriangan anak-anak yang basah kuyup tak terkecuali para orang tua maupun peserta serta undangan yang hadir. Kepulangan ke rumah masing-masing membawa kesan yang sangat berarti, tak bisa dilukiskan dengan kata-kata, bagai hanya konsumsi sendiri.

Hadir pada kegiatan ini Dandim 0303/Bkls diwakili Pasi Ops Kapten Czi Suratmin, Kapolres Bengkalis diwakili Kabagren Kompol Fridolin, para pejabat di lingkungan Pemkab Bengkalis, serta undangan lainnya.***(INF)

wwwwww