Bupati Kasmarni Sebut Tenaga Khusus Kemenhub Sangat Dibutuhkan di Kabupaten Bengkalis

Selasa, 27 Februari 2024 17:07 WIB
Junaidi Usman
bupati-kasmarni-sebut-tenaga-khusus-kemenhub-sangat-dibutuhkan-di-kabupaten-bengkalisPelaksanaan Rapat Koordinasi dan Evaluasi Pola Pembibitan Pemerintah Daerah, Selasa (27/2/2024).

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Guna mewujudkan sumber daya manusia (SDM) unggul di bidang transportasi yang berkompeten, Bupati Bengkalis, Riau, melalui Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Ed Efendi menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) dan Evaluasi Pola Pembibitan Pemerintah Daerah, bersama Sekolah Politeknik Transportasi Darat Indonesia, Sekolah Tinggi Transportasi Darat (PTDI-STTD), Selasa (27/2/2024).

Rakor yang dilaksanakan secara zoom meeting bertempat di Ruang Rapat Hang Jebat Kantor Bupati Bengkalis ini diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan sambutan Wakil Direktur (Wadir) III Ir Yus Rizal.

Dalam penyampaiannya Wadir III mengatakan bahwa Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah memiliki program Pola Pembibitan sejak tahun 2014.

”Ini menjadi kesempatan bagi masing-masing Pemerintah Daerah guna mengusulkan kembali putra putrinya untuk bergabung di Perguruan Tinggi di bawah naungan Kementerian Perhubungan. Dan kami juga harap program pembangunan SDM khususnya di bidang transportasi, dapat merata ke seluruh pelosok Indonesia, sesuai dengan program Nawa Cita pembangunan nasaional yang dicanangkan Pemerintah,” tutur Yus Rizal.

Sementara itu, Bupati Bengkalis melalui Staf Ahlinya Ed Efendi dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis sangat merespons positif apa yang diusulkan oleh PTDI STTD Kemenhub RI, dan dapat kami pahami bahwa apa yang disampaikan mengenai sekolah bagi tenaga khusus di Kementerian Perhubungan ini sangat sesuai dengan kebutuhan kami berdasarkan penyusunan peta analisis jabatan, karena kami memiliki alumni sekitar 15 orang, dan membutuhkan lagi sekitar 34 orang anak Negeri Junjungan ini untuk 5 tahun ke depan 2025-2030.

Sedangkan pada tahun 2025 ini, lanjut mantan Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) ini, membutuhkan 6 orang anak negeri ini, untuk itu Pemkab Bengkalis harap kiranya kuota ini bisa terpenuhi oleh pihak PTDI STTD sesuai dengan jurusan tersedia. Terkait pembiayaan sambung Ed Efendi lagi, Pemkab Bengkalis sebenarnya menginginkan pemerintah pusat melalui APBN untuk membiayai.

Akan tetapi apabila pemerintah pusat melalui APBN tidak menyetujui, tentunya kita akan berupaya menggunakan APBD atau sharing bersama orang tua, karena kami melihat tenaga khusus Kemenhub ini sangat dibutuhkan di wilayah Kabupaten Bengkalis, mengingat kabupaten yang berjuluk Negeri Junjungan ini terbagi dalam 3 pulau besar dan berbatasan langsung dengan negara Malaysia dan Singapura.

Turut mendampingi bupati, Kadishub Bengkalis yang diwakili Kabid Rachmat S, Inspektur diwakili Irban Hamdan, Kepala Bagian Hukum Setda Kabupaten Bengkalis Mohd Fendro Arrasyid, Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Kabag Tapem) Setda Bengkalis Mohd Amru Herawza dan Kepala Bagian Ortal Setda Bengkalis Yoan Dema.***(INF)

wwwwww