Home > Berita > Umum

Staf KPID Riau Diharap Bisa Olah Data Jadi Siaran Berita

Selasa, 06 Februari 2024 18:08 WIB
staf-kpid-riau-diharap-bisa-olah-data-jadi-siaran-beritaWakil Ketua KPID Riau Mario Abdillah Khair. (F-DOK. POTRETNEWS.com)
PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Jajaran staf di lingkungan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Daerah Riau (populer disingkat KPID, red) diharapkan agar konsisten dalam menulis. Dengan begitu, kendala dalam mengolah data menjadi berita yang layak dipublikasi akan dapat diatasi. Keinginan itu disampaikan Wakil Ketua KPID Riau Mario Abdillah Khair saat memberi pembekalan jurnalistik bagi tenaga pendukung kesekretariatan di lembaga negara independen tersebut, Selasa (6/2/2024). ”Jangan takut menulis. Dengan menulis, kita bisa belajar dan mengevaluasi kekurangan,” ujarnya.

Menurut Mario, pembekalan jurnalistik ini diperlukan karena tenaga pendukung KPID harus memiliki keahlian dalam membuat berita khususnya berita kegiatan KPID Provinsi Riau. Kegiatan yang digelar di kantor KPID setempat berlangsung dalam suasana hangat, penuh canda namun tidak mengurangi substansi tujuan kegiatan.

”Saya tidak menuntut saudara-saudara harus bisa menulis siaran pers layak siar hari ini juga. Karena itu perlu proses dan harus diulang-ulang. Tapi setidaknya harus ada tekad untuk memulai menulis. Di luar sana pun, ada wartawan yang belum bisa membuat berita dengan baik dan benar meski sudah beraktivitas selama bertahun-tahun,” kata dia melalui keterangan tertulis yang diterima potretnews.com, Selasa petang.

Suasana pembukaan bimbingan teknis peningkatan kapasitas bagi tenaga pendukung kesekretariatan oleh Ketua KPI Daerah Riau Hisam Setiawan (baju putih), Kamis (1/2/2024) lalu. (F-ISTIMEWA UNTUK POTRETNEWS.com)

Pada kesempatan itu Mario tak lupa memotivasi staf jika di kemudian hari ada yang berkeinginan menjadi wartawan. Apalagi menurut dia, pertumbuhan perusahaan pers di Riau tertinggi di Indonesia dengan jumlah 12 persen atau 5.640 media pada Februari 2023.

”Wartawan ini profesi terhormat yang levelnya sama dengan narasumber mana pun bahkan seorang presiden sekalipun. Oleh karena itu, jika suatu saat saudara di sini ada yang menjadi wartawan, jangan takut atau segan menulis apa pun yang disampaikan narasumber,” ujar pria yang tercatat sebagai Ahli Pers Dewan Pers ini.

Secara khusus, Mario mengimbau tenaga pendukung KPID lebih banyak membaca dan mencari rujukan media yang terpercaya. ”Ibarat pisau, makin sering diasah makin tajam. Begitu juga kita. Makin banyak membaca tentu makin pintar,” ujar Mario lagi.

Pembekalan jurnalistik ini diikuti 12 tenaga pendukung kesekretariatan KPID Provinsi Riau tahun 2024.***

Editor:
Abdul Roni

Kategori : Umum, Riau
wwwwww