Home > Berita > Umum

Rp10 Miliar Anggaran Disiapkan Pemkab Bengkalis untuk Pasar Murah, Penyaluran Bantuan Pekan Ini

Selasa, 06 Februari 2024 04:16 WIB
Junaidi Usman
rp10-miliar-anggaran-disiapkan-pemkab-bengkalis-untuk-pasar-murah-penyaluran-bantuan-pekan-ini
BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) dan hari besar keagamaan, Ramadhan dan Idul Fitri, Bupati Bengkalis diwakili Wakil Bupati (Wabup) Dr H Bagus Santoso mengunjungi Gudang Bulog Bengkalis di Jalan Damon, Senin (5/02/2024). Wakil Bupati Bengkalis didampingi Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Ed Effendi, Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Kadis Ketapang) Kabupaten Bengkalis Susy Hartati, Kepala Dinas Sosial (Kadissos) Kabupaten Bengkalis Paulina, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadis Perindag) Zulpan, Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkalis H Khairi Fahrizal, dan Pemimpin Cabang (Pincab) Badan Urusan Logistik (Bulog) Bengkalis Budhi Indrawan.
Bagus Santoso menjelaskan bahwa Kabupaten Bengkalis telah menyiapkan dana sekitar Rp10 miliar melalui Dinas Perindag untuk pasar murah bersubsidi.

Anggaran tersebut diperuntukkan 500 ton beras, 100 ton gula, dan 100 ton minyak goreng yang akan didistribusikan ke seluruh kecamatan se-Kabupaten Bengkalis bagi masyarakat yang berhak menerimanya.

”Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis, melalui Dinas Sosial, ada Program Bantuan Pangan Nontunai (BPNT) Otonom menggunakan Kartu Bengkalis Sejahtera (KBS) dengan jumlah 15.639 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan jumlah anggaran keseluruhan kurang lebih 22 miliar," jelas Bagus.

Untuk itu Bagus berharap, semoga program tersebut dapat dilaksanakan tepat waktu, pemerintah berupaya agar program tersebut tepat sasaran, dan semoga dapat membantu serta memberi manfaat kepada masyarakat Kabupaten Bengkalis. Dalam kesempatan tersebut, Wabup juga melakukan pemantauan ketersediaan beras bantuan pangan yang diberikan Badan Pangan Nasional kepada Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Ketahanan Pangan (Dinas Ketapang) dengan jumlah 26,350 penerima bantuan.

”Bantuan pangan berupa beras berkualitas medium ini akan disalurkan kepada masyarakat di seluruh kecamatan selama 6 bulan. Setiap keluarga akan menerima 10 kilogram per bulan dengan bulog sebagai penyedia pangan dan PT POS transforter bantuan tersebut,” kata wabup.

Sementara itu sebagai informasi, penyaluran untuk bulan Januari, Isyaa Allah akan dilakukan percepatan pada pekan ini, dikarenakan adanya verifikasi data yang dilakukan oleh beberapa perangkat daerah dan verifikasi tersebut sudah selesai dilakukan. Selain memfasilitasi bantuan pangan, Dinas Ketapang juga akan menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) sebagai upaya membantu masyarakat dalam memperoleh pangan murah namun berkualitas.

”Kepada masyarakat agar selalu menjaga kekompakan, menjaga keharmonisan, saling melengkapi dan juga selalu tolong menolong, dan yakinlah bahwa Pemerintah Kabupaten Bengkalis akan selalu hadir untuk setiap kegiatan ketahanan pangan,” pungkasnya.***(INF)

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww