Home > Berita > Umum

Relawan Paslon 01 dan 03 ”Nonton Bareng” Debat Capres, Berkomitmen Mengawal Demokrasi yang Sehat

Relawan Paslon 01 dan 03 ”Nonton Bareng” Debat Capres, Berkomitmen Mengawal Demokrasi yang Sehat

Relawan Paslon 01 dan 02 nonton bareng Debat Capres terakhir di Omah Joglo, Jalan Rawa Indah, Kota Pekanbaru, Minggu malam (04/02/2024). (F-IST)

Senin, 05 Februari 2024 16:09 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Acara nonton bareng (nobar) Debat Calon Presiden (Capres) kelima atau pamungkas kembali digelar Relawan Program Gotong Royong untuk Ekonomi Sejahtera dan Inklusif (Progresif) wilayah Riau, Minggu malam (04/02/2024). Namun berbeda dari biasanya, pada gelaran terakhir nobar Capres, tim relawan pasangan calon (paslon) 01 dan 03 bergabung menyaksikannya secara bersama-sama.

“Tujuan Nobar kali ini memang berbeda, dimana Progresif di seluruh Provinsi secara serentak mengundang organ relawan pasangan calon 01 untuk berdiskusi dan bertukar pandangan guna menyamakan persepsi dan menjalin kerja sama untuk mengawal tegaknya demokrasi, baik sebelum, selama dan sesudah gelaran Pemilihan Presiden 2024. Hal tersebut sebagai upaya memenangkan harapan rakyat untuk meningkatkan keadilan sosial,” ungkap Sekretaris Progresif Wilayah Riau, Kholis Romli, melalui rilis yang diterima potretnews.com.

Selain relawan Progresif, hadir pada acara nobar di Omah Joglo Jalan Rawa Indah, Kota Pekanbaru, 3 organisasi relawan 01, yakni, ABI, KAMI dan Terang Indonesia. Sedangkan bertindak sebagai narasumber adalah salah satu tokoh masyarakat Riau, Viator Butarbutar.

Lebih lanjut, Kholis menjelaskan bahwa gelaran Nobar Final Debat Capres Bersama Relawan 01 dan 03 ini adalah murni gerakan menyuarakan aspirasi masyarakat secara partisipatif, tanpa menyertakan simbol-simbol partai dan kepentingan politik elektoral.

Seusai menonton Debat Capres, Viator Butarbutar berpendapat bahwa malam ini nampak bahwa pemikiran dan gagasan capres 01 dan 03 sangat konseptual dan implementatif, sementara capres 02 sebatas mengakui dan menyetujuinya. Bahkan capres 02 ini cenderung menekankan proyek ke proyek sebagai solusi tanpa didasari gagasan yang terukur, artinya pemikiran program mereka buat rakyat selaras demi kepentingan rakyat Indonesia.

“Malam ini kita dapat saksikan bahwa capres 02 hanya menawarkan pendekatan crash program yang spontan teringat baik terkait pembangunan infrastruktur maupun pembangunan SDM, artinya yang ada proyek. Berbeda dengan capres 01 dan 03 mereka lebih mementingkan peningkatan sumber daya manusia bagi rakyat Indonesia ini,” ujar Viator.

Di sisi lain, Koordinator Relawan Terang Indonesia Ir Ulul Azmi mengatakan bahwa pandangan dari Capres 01 dan 03 bagi rakyat sama sama sejalan, dan itu kita dapat kita lihat dari debat malam ini.

“Capres 02 hanya mengakui dan sejalan apa yang dipikirkan oleh paslon 01 dan 03. Jadi kita yakini, paslon 01 dan 03, pemikiran pembangunan kesejahteraan bagi rakyat Indonesia ini sejalan, dan kita sebagai relawan mengawasi jalannya demokrasi ini berjalan dengan baik,” ucapnya.

Ia menambahkan, sekarang ini demokrasi kita makin kritis. Dimana seluruh civitas akademisi membuat petisi untuk supaya demokrasi ini berjalan dengan baik. “Maka itu, sebagai relawan 01 dan 03 kita harus menjaga demokrasi Pemilu ini jujur dan adil, agar pemimpin yang kita dukung menang di satu putaran. Namun jika salah satu dari paslon 01 atau 03 yang kita dukung ini masuk di putaran dua, maka kita sebagai relawan Terang Indonesia siap mendukung dan berkolaborasi untuk kemenangan paslon 01 atau 03 tersebut,” tegas Ketua Relawan Terang Indonesia, Ir Ulul Azmi. ***

Kategori : Umum, Riau
wwwwww