Home > Berita > Umum

Bupati Rokan Hilir Riau dan Wakilnya Bertengkar saat Pelantikan Penghulu, Berikut Kronologi dan Penjelasan Keduanya

Bupati Rokan Hilir Riau dan Wakilnya Bertengkar saat Pelantikan Penghulu, Berikut Kronologi dan Penjelasan Keduanya
Jum'at, 02 Februari 2024 17:34 WIB
BAGANSIAPIAPI, POTRETNEWS.com — Pertengkaran antara Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong dan Wakil Bupati Rokan Hilir, Sulaiman saat pelantikan penghulu Kecamatan Pekaitan, Kamis (1/2/2024) membuat heboh masyarakat. Pasalnya, cekcok itu terjadi di depan umum dan videonya tersebar luas. Wakil Bupati Rohil Sulaiman saat dikonfirmasi mengatakan, dirinya memang saat itu sengaja mendatangi bupati karena keperluan mendesak.

”Saya memang tidak diundang dalam acara itu. Saya datang ingin menanyakan kenapa sebagai Wakil Bupati saya tidak diundang, bahkan tidak diberitahu setiap ada kegiatan,” ujar Sulaiman, Jumat (2/2/2024).

Karena sering tak dilibatkan, Sulaiman merasa Afrizal Sintong tidak menghargai dirinya sebagai wakil bupati. Dan itu tidak sekali saja terjadi.

''Kondisi ini sudah lama terjadi sejak awal tahun 2023. Saya ini kan wakil bupati, hargailah saya sebagai wakil bupati. Saya paham kewenangan bupati gimana dan saya pun paham juga tugas dan tanggung jawab saya," lanjutnya seperti dilansir potretnews.com dari goriau.com

Sulaiman menjelaskan bahwa saat itu dia ingin menanyakan hal tersebut, namun tiba-tiba istri Afrizal Sintong berdiri dan menunjuk-nunjuk. Sulaiman lalu meminta istri Afrizal Sintong tidak ikut campur urusan bupati dan wakil bupati.

''Setelah itu, bupati mendorong saya, terus saya refleks jadi balas mendorong. Seperti itulah kejadiannya sesuai dalam video yang beredar itu,'' sebut Sulaiman.

Sulaiman mengaku, selama ini sudah cukup sabar dengan perlakuan Afrizal Sintong. ''Makanya tadi saya ambil mikrofon untuk bicara. Saya harus bicara, saya tidak diikutsertakan pelantikan tersebut. Kalau soal batal membatalkan, saya tidak ada niat untuk membatalkan pelantikan,'' jelasnya.

Dia juga menegaskan bahwa tidak ada menyimpan rasa dendam kepada Afrizal. ''Dalam hidup, saya tidak ada yang namanya dendam. Tidak mau membuat permusuhan. Saya ingin Rokan Hilir ini aman dan sejuk. Tapi, bupati ini seakan-akan menciptakan permusuhan," pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Rohil Afrizal Sintong menyebutkan bahwa Sulaiman datang terlambat pada acara pelantikan Penghulu tersebut. ''Dia (Sulaiman) datang belakangan. Acara sudah mulai. Dia datang macam orang kesurupan,'' sebut Afrizal Sintong. 

Menurut Afrizal Sintong, Sulaiman datang marah-marah ingin menggagalkan pelantikan Penghulu tersebut. ''Dia bilang kenapa saya tak melapor sama dia, karena katanya itu wilayah dia. Dia marah-marah, mau membatalkan pelantikan Penghulu itu di Kecamatan Pekaitan,'' ujar Afrizal.

Afrizal Sintong juga mengatakan bahwa Sulaiman sudah ada niat untuk menggagalkan pelantikan Penghulu itu. ''Beberapa hari ini dia sudah ada niat mau bikin malu bupati. Pokoknya dia harus bisa mempermalukan Bupati lah niatnya. Dia ingin menggagalkan pelantikan Penghulu tujuannya untuk mempermalukan saya," tambahnya.

Sementara itu, Kapolres Rokan Hilir AKBP Andrian Pramudianto mengatakan, cekcok itu terjadi Kamis 1 Februari 2024, sekitar pukul 15.30 WIB. Cekcok antara Pak Bupati dan Wakilnya itu terekam kamera warga dan menjadi viral pada Kamis 1 Februari 2024.

"Benar insiden tersebut. Namun persoalannya belum diketahui," kata Andrian. Andrian menyebut pelantikan Pj kepala desa tetap berlangsung. Sementara Wakil Bupati Sulaiman meninggalkan lokasi.
"Kami minta semua saling menahan diri. Khususnya jelang pemilihan umum ini agar situasi tetap komdusif," lanjut Andrian.

Dia juga mengimbau masyarakat tidak ikut terpancing dan tetap menjaga stabilitas dan kedamaian menjelang Pemilu 2024.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebuah video beredar yang menggambarkan Bupati Rohil Afrizal Sintong terlibat cekcok dengan Wakil Bupati Rohil, Sulaiman. Namun, tidak diketahui pasti apa yang dibahas dua pria dewasa itu. Kemudian tidak beberapa lama cekcok mulut, Pak Bupati dan Wakilnya yang duduk bersebelahan tampak mulai beradu fisik. Awalnya Afrizal mendorong badan Sulaiman, kemudian hal serupa dilakukan oleh wakilnya itu.

Beruntung, ada seorang pria berbadan besar dan tamu yang hadir saat itu langsung melerai kedua pejabat di Rohil ini. Sontak aksi itu menjadi tontonan masyarakat dan tamu yang hadir dalam pelantikan Pj Kades tersebut.***

KETERANGAN GAMBAR:
Wakil Bupati (Wabup) Rohil Sulaiman (baju putih) bertengkar dengan Bupati Rohil Afrizal Sintong (pakai peci) setelah adu mulut pada acara pelantikan penjabat (pj) penghulu (kepala desa) di Kecamatan Pekaitan, Kamis (1/2/2024). (F-tangkapan layar via GORIAU.com)

Editor:
Abdul Roni

Kategori : Umum, Rohil
wwwwww