Home > Berita > Umum

BPJS Menunggak, Warga Pekanbaru Masih Bisa Pakai UHC Berobat Gratis, Cukup Perlihatkan KTP

BPJS Menunggak, Warga Pekanbaru Masih Bisa Pakai UHC Berobat Gratis, Cukup Perlihatkan KTP

Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru. (F-Dok.riaupos.co)

Selasa, 09 Januari 2024 10:29 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Universal health coverage (UHC) menjadi salah satu program prioritas Pemerintah Kota (Pemkot) Pekanbaru yang kembali dilanjutkan Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun SSTP MAP di tahun 2024.

Program berobat gratis hanya dengan syarat KTP Pekanbaru tersebut, terus disosialisasikan terhadap masyarakat. Sehingga dapat lebih dikenal meluas oleh masyarakat Kota Bertuah ini.

Hal itu seperti disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, Arnaldo Eka Putra Senin (8/1/2024) usai memimpin apel gabungan pagi bersama segenap karyawan rumah sakit daerah (RSD) Madani Pekanbaru dan juga dari Puskesmas dan Diskes Pekanbaru.

”Apel hari ini salah satu tujuannya untuk menyamakan persepsi terkait pelayanan dokter on call dan pelayanan UHC. Program strategis pak wali, bagaimana melakukan percepatan untuk mendukung program pusat ini," ujar Arnaldo.

Menurutnya, program tersebut masih perlu disosialisasikan lebih optimal lagi. Sehingga masyarakat Kota Pekanbaru dapat mengetahui program berobat gratis tersebut. Sayang jika program ini tidak dimanfaatkan dengan optimal masyarakat Kota Pekanbaru.

"UHC kan tidak semua mengetahuinya, banyak di kalangan masyarakat masih belum memahaminya. Contoh kartu BPJS-nya menunggak, tak mau dia datang ke rumah sakit, padahal dengan UHC, yang menunggak tersebut pun boleh, karena hanya memperlihatkan KTP," terang Direktur rumah sakit daerah (RSD) Madani Pekanbaru ini.

Di mana saja dapat memanfaatkan fasilitas kesehatan dengan UHC tersebut. "Diseluruh faskes (fasilitas kesehatan) yang ada di Kota Pekanbaru. Baik faskes tingkat pertama maupun faskes lanjutan," tambahnya.

Dijelaskan juga bahwa ada sekitar 144 penyakit yang dicover. "Pokoknya apa yang dicover BPJS dicaver oleh UHC itu sudah pasti. Karena program pemerintah kota itukan jaminan kesehatan Pekanbaru Bertuah, bekerjasama dengan BPJS," terangya, dilansir dari riaupos.co.

Kemudian program prioritas Pemkot Pekanbaru lainnya yang dilanjutkan di tahun ini seperti program santunan kematian, beasiswa, dokter on call dan program subsidi bunga pinjaman bagi pelaku UMKM.***

Editor:
Abdul Roni

Kategori : Umum, Pekanbaru
wwwwww