Home > Berita > Umum

Meski Air Pasang Surut, KMP Teluk Singkil Mampu Merapat ke Dermaga II Airputih Pulau Bengkalis

Sabtu, 16 Desember 2023 02:20 WIB
Junaidi Usman
meski-air-pasang-surut-kmp-teluk-singkil-mampu-merapat-ke-dermaga-ii-airputih-pulau-bengkalis(kiri) Kepala UPT Penyeberangan Rasmiati. (kanan) Nakhoda KMP Teluk Singkil Sapto Pujut. (bawah) KMP Teluk Singkil di Dermaga I Airputih, Jumat (14/12/2023).
BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Teluk Singkil di hari perdana melayani masyarakat pengguna jasa penyeberangan roll on/roll off (Ro-Ro) dari Dermaga Airputih, Pulau Bengkalis ke Sungai Selari, Pulau Sumatera kala air sedang pasang surut mampu bersandar di Dermaga II Pelabuhan Airputih, Jumat (16/12/2023). Hal ini terungkap saat jurnalis media ini mewawancarai nakhoda KMP Teluk Singkil Sapto Pujut. ”Kebetulan tadi pagi surut, memang agak dangkal tapi kita pelan-pelan bisa masuk karena airnya tadi sangat dangkal. Saya lihat, pas kita bergerak, baling-baling lumpurnya sudah naik," kata Sapto Pujut kepada potretnews.com, Jumat (15/12/2023).

Sapto menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis dan pihak terkait lainnya. ”Mudah-mudahan kita bisa melayani masyarakat Bengkalis maupun Pakning di daratan Sumatera agar mereka bisa terlayani dengan baik. Intinya kita melayani masyarakat, mudah-mudahan masyarakat di sini dan sekitarnya dan seluruh instansi mendukung kami," harapnya.

Saat diminta tanggapannya tentang kebersihan di Ro-Ro sesuai pantauan media ini di saat menggunakan jasa penyeberangan ini, Sapto Pujut mengungkapkan, pihaknya sangat mendukung terkait kebersihan.

”Setiap kapal Ro-Ro sebelum berangkat, kamar mandi, ruang penumpang, MCK terlebih dahulu kita bersihkan sehingga orang yang masuk kesannya tetap bersih. Selain itu kita juga memberikan himbauan agar penumpang membuang sampah di tempat yang sudah disediakan, sampah tidak dibuang ke laut maupun pantai yang bisa mencemari lingkungan sehingga laut dan pantai tetap bersih," ungkapnya.

Kepala UPT Ro-Ro Rasmiati berharap dengan adanya KMP Teluk Singkil ini para pengguna jasa penyeberangan Ro-Ro merasa aman dan nyaman dan pengguna kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat dan selebihnya tetap tertib, aman dan nyaman sesuai dengan arahan dari petugas.

Untuk keberangkatan kapal Ro-Ro KMP Teluk Singkil Rasmiati telah menyampaikan kepada pemilik armada Ro-Ro agar menyampaikan pengumuman keberangkatan Ro-Ro yang baru bermula hari ini.

”Bahkan di antrean kendaraan akan kita umumkan juga. Gedung kita yang baru dalam waktu dekat ini tepatnya Rabu 20 Desember pukul empat sore (16.00 WIB) nanti Insya Allah akan diresmikan langsung oleh Ibuk Bupati (Kasmarni, red)," beber Rasmiati.

Kepada pengguna jasa penyeberangan Ro-Ro dari Sungai Selari ke Airputih Bengkalis maupun sebaliknya, Rasmiati mengimbau agar semua pihak sama-sama menjaga kebersihan.

”Buanglah sampah pada tempatnya. Kita sudah menyiapkan tong-tong sampah dan jika menggunakan MCK tolonglah disiram setelah buang air besar maupun kecil. Bagi ibu-ibu yang memakai pembalut, saya mohon jangan membuang pembalut ke dalam WC yang akan menyebabkan WC tidak lancar. Jagalah kebersihan kita bersama-sama. Dengan adanya KMP Teluk Singkil ini mungkin kita udah merasa nyaman, di sini Ibuk-ibuk bisa baring-baring, di sana bapak-bapak pun bisa baring-baring sambil beristirahat," kata Rasmiati di ruang tidur penumpang dengan tilam yang empuk.

Ardi warga Senggoro tujuan Sungai Pakning bersama istri dan seorang anak balitanya yang menggunakan jasa penyeberangan Ro-Ro KMP Teluk Singkil menyampaikan penilaian terhadap fasilitas Ro-Ro ini yang terkesan aman.

”Karena bisa aman terkendali bawa anak-anak kecil. Mudah-mudahan kedepannya lebih baik lagi. Kemudian, karena ini Ro-Ro baru, maka Dinas Perhubungan melalui pengeras suara perlu mensosialisasikan kepada penumpang bahwa KMP Teluk Singkil atau Ro-Ro lainnya yang akan berangkat di Dermaga I atau Dermaga II supaya tidak ada kekeliruan," harap Ardi membelakangi istrinya yang tengah menyuguhkan ASI kepada sang anak.
Ardi yang sebelum masuk ke Ro-Ro sempat ragu dan bertanya kepada jurnalis media ini apakah Ro-Ro tersebut ke Pakning, tidak ke Batam ini menambahkan,

”Waktu antrian kami tadi lumayan lama, perlu diperbarui lagi supaya cepat. Ucapan terima kasih kepada Pemkab Bengkalis yang sudah mengadakan KMP Teluk Singkil ini. Mudah-mudahan kedepannya lebih baik lagi, Bengkalis Bermasa, Bermarwah, Maju, dan Sejahtera," ungkap Ardi penuh syukur. Didapat informasi, KMP Teluk Singkil mampu membawa sekitar 23 kendaraan roda empat, 30an roda dua dengan waktu jarak tempuh sekitar 40 menit.**

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww