Home > Berita > Umum

Sempena HUT ke-24 DWP, UAS Bedah Buku 99 Tanya Jawab Seputar Sholat Lengkap

Sabtu, 09 Desember 2023 22:50 WIB
Junaidi Usman
sempena-hut-ke24-dwp-uas-bedah-buku-i99-tanya-jawab-seputar-sholat-lengkapiUstaz Abdul Somad (UAS) saat bedah buku. (bawah) UAS foto bersama hadirin Bedah Buku ”99 Tanya Jawab Seputar Sholat Lengkap”, Sabtu 25 Jamadil Awal 1445 Hi (9/12/2023) M.
BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Profesor H Abdul Somad LC DESA PhD sempena Hari Ulang Tahun (HUT) ke-24 Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Bengkalis menyampaikan tausiyah lewat bedah buku 99 Tanya Jawab Seputar Sholat Lengkap, Sabtu 25 Jamadil Awal 1445 Hijriah bersamaan dengan 9 Desember 2023 Masehi. Akrab dengan panggilan UAS dan diberi gelar Datuk Seri Ulama Setia Negara oleh Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Provinsi Riau ini hadir hadir bersama istri Ustadzah Fatimah Az-Zahra serta rombongan di ruang Dang Merdu lantai 4 Kantor Bupati Bengkalis. 

Dalam sambutannya, Ketua DWP Kabupaten Bengkalis Ira Vandriyani Ersan Saputra menyebutkan merupakan satu dari enam kegiatan yang diselenggarakan sempena memperingati HUT ke-24 DWP tingkat Kabupaten Bengkalis.

”Ke depannya kami berharap Dharma Wanita Persatuan terumbu terus berkembang bukan hanya di organisasi tetapi mampu bersinergi dengan organisasi-organisasi lainnya yang ada di Kabupaten Bengkalis dalam berbagai kegiatan misalnya kegiatan bazar, santunan, donor darah, pencegahan stunting, dan lainnya. Alhamdulillah, Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Bengkalis telah mengumpulkan sumbangan untuk Yayasan Tabungan Wakaf Umat sebesar 47 juta rupiah yang didapatkan dari ibu ketua beserta anggota Dharma Wanita Persatuan Unit se-Kabupaten Bengkalis. Semoga sumbangan yang diberikan Ibuk-Ibuk akan diberi nilai ibadah oleh Allah SWT," ujar Ira.

Sementara Bupati Kasmarni diwakili Wakil Bupati (Wabup) Bagus Santoso menyampaikan ucapan terima kasih, kepada UAS yang telah memeriahkan kegiatan DWP Kabupaten Bengkalis dengan kajian Islam dan bedah buku.

"Alhamdulillah. Suatu keberkahan bagi ibu Dharma Wanita, karena kegiatannya bisa dihadiri Ustadz Abdul Somad yang kita ketahui jadwalnya begitu padat," ucap Bagus Santoso seraya menambahkan seorang sahabat dari China mengatakan Bengkalis adalah negeri kaya negeri yang berkah karena tiap hari 5 kali mencium tanah, sujud saat salat sehingga berkah.

"Mudah-mudahan keberkahan-keberkahan ini tidak akan hilang kalau kita jaga bersama-sama terutama menjaga silaturahim dan dan silaturahim dan terakhir adalah ketika kita menjalankan salat yang akan kita bedah bersama Buya (UAS) ini," ajak Wabup Bagus Santoso.

Setelah sambutan Wabup Bagus Santoso, acara dilanjutkan dengan penyerahan sumbangan Rp47 juta melalui Ketua DWP Ira Vandriyani yang diterima Ketua Yayasan Tabungan Wakaf Umat Ustaz Alnof Dinar di hadapan Ustaz Abdul Somad dan tamu undangan. Ustaz Alnof dalam kesempatan ini mengungkapkan ketika Covid-19 masih melanda, melalui sebuah pertemuan maka YTW berdiri pada 6 Juli 2020. Sampai Desember 2023 YTW telah berhasil menghimpun dana zakat, infak, sedekah, wakaf lebih kurang Rp52 miliar.

Dari dana ini sudah dikelola 5 lokasi pesantren yang 1 di antaranya di Bagan Genio Kabupaten Bengkalis dengan dana lebih kurang Rp1 miliar, 4 masjid, 2 TK dan playgroup, 2 rumah Quran satu di antaranya di belakang Masjid Arafah Duri, dan setiap bulan 7 ton beras dibagikan kepada santri di pondok di Bengkalis sampai Pakning.

Hadir di bengkel Islam agenda safari 20 jam bersama UAS yang sebelumnya mulai kutbah Jumat dilaksanakan di Pekanbaru kemudian tadi malam di Kotagasib Kabupaten Siak, nanti di Politeknik Negeri Bengkalis dan Insya Allah esok di Selat Panjang. Jadwal kegiatan ini pada Sabtu dan Ahad.

Ustaz Alnof juga mengumumkan nama-nama yang mendapatkan doorprize dari Tabungan Wakaf Umat yang telah disiapkan. Bedah buku dipandu Ustaz Dr H Muhammad Ashshubli selaku moderator.

Di halaman 16 ditanyakan bagaimana meluruskan saf, baju rapat dengan baju, kaki rapat dengan kaki, nabi Muhammad SAW tidak menyebutkan kaki menempel ke kaki, cukuplah sudah diagak-agakkan rapat kakinya.

Di halaman 18 pula diterangkan UAS yang paling bagus agar anak-anak dibuatkan satu saf khusus bagi mereka. Bagi anak-anak yang sudah berkhitan dan wudhuknya sempurna maka boleh berada satu saf dengan orang dewasa.

Berikutnya hukum melafazkan niat, menurut Mahzab Syafi'i dianjurkan melafazkan niat untuk mengusir was-was. Niat itu menurut Imam Syafi'i dalam takbiratul ihram. Sebelum takbir niatnya pada 3 Mazhab Hanafi, Maliki, Hambali.

Disebutkan UAS tujuan buku 99 Tanya Jawab Seputar Sholat Lengkap adalah untuk meminimalisir konflik. Kemudian bacaan Bismillah oleh imam yang dilakukan UAS adalah Sir namun saat seorang imam Masjidil Harram yang Mazhab Hambali yang bacaan Bismillahnya Sir saat menjadi imam Masjidil Istiqlal Jakarta diJaharkan karena orang di Jakarta mayoritas Mazhab Syafi'i.

Berikutnya, makmum menurut Mazhab Syafi'i perlu membaca Al-Fatiha sedangkan Mazhab Hanafi tidak karena imam telah membaca Al Fatiha. Inilah di antara paparan Ustaz Abdul Somad di hadapan Sekda Ersan SaputraTH Ketua TP PKK Siti Aisyah, Ketua DWP Ira Vandriyani, Ketua Bhayangkari, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana, Ketua Adhyaksa Dharmakarini, dan lainnya, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Andris Wasono, Ketua NU Provinsi Riau Rusli Ahmad, serta Kabag Kesra Herman Nur.***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww