Pemuda Garda Terdepan Memerangi Narkoba Beri Pemahaman Banyak Mudarat Narkoba, Pemkab Taja Sosialisasi

Pemuda Garda Terdepan Memerangi Narkoba Beri Pemahaman Banyak Mudarat Narkoba, Pemkab Taja Sosialisasi

Staf Ahli Johansyah Safri, Kapolres AKBP Setyo Bimo Anggoro, Sekretaris Disparbudpora Reza Noverindra dan lainnya foto bersama peserta sosialisasi, Kamis (7/12/2023).

Kamis, 07 Desember 2023 22:43 WIB
Junaidi Usman
BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Tercatat dalam sejarah sebuah kalimat Presiden I Republik Indonesia Ir Soekarno, Berikan Aku Sepuluh Pemuda Maka akan Kuguncanhkan Dunia". Hingga kini, pemuda adalah pemimpin masa mendatang, mereka harus menjadi garda terdepan dengan segala potensi dan kemampuan diri, memerangi narkoba yang peredarannya masih terjadi di daerah ini. Pemuda juga harus menjadi barisan terdepan guna memberi pemahaman tentang bahaya narkoba di kalangan sesama generasi muda. Hal ini sebagaimana disampaikan Bupati Bengkalis melalui Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Johansyah Safri dalam arahannya saat membuka Sosialisasi Pemuda Anti Narkoba Tahun 2023 bertempat di Lapangan Tugu Bengkalis, Kamis (7/12/2023).

”Rekan-rekan pemuda harus ikut memerangi narkoba, pemuda harus terus bersinergi, harus bergandengan tangan, saling asah, saling asih, dan saling asuh, sehingga lingkungan kita bebas dari narkoba,” ajak Johansyah mengawali sambutan Bupati Kasmarni yang dibacakannya.

Kepada rekan-rekan pemuda lanjut Johan lagi, jangan pernah memberi celah sedikit pun kepada narkotika untuk masuk ke lingkungan masyarakat kita. ”Sudah saatnya kita bertindak dan bergerak cepat bersama seluruh komponen masyarakat untuk menghindarkan mahasiswa/mahasiswi, siswa/siswi dari penyalahgunaan narkoba melalui sosialisasi, pemasangan spanduk dan kegiatan lainnya,” ajaknya lagi.

Kegiatan sosialiasi dan kampanye bahaya narkoba ini lanjut Johan harus terus digelorakan tanpa henti untuk menyelamatkan generasi muda secara khusus dan masyarakat secara keseluruhan dari bahaya narkoba dan obat-obatan terlarang lainnya.

Kapolres Bengkalis AKBP Setyo Bimo Anggoro setelah selesainya pembukaan sosialisasi, kepada sejumlah wartawan mengatakan, Bengkalis adalah salah satu pintu masuk narkoba dari luar negeri. Dalam kurun waktu lebih kurang setahun ini sudah cukup banyak pengungkapan kasus narkoba yang dilakukan oleh Polres Bengkalis dan jajaran, berikut juga bantuan dari instansi yang lainnya seperti dari Bea dan Cukai, dan penegak hukum lainnya.

”Tentunya, pengungkapan kasus narkoba secara represif tidak cukup, kita harus mulai dengan tindakan-tindakan yang sifatnya preemtif dan preventif diantaranya dalam program P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkotika) itu. Kegiatan-kegiatannya seperti ini, sosialisasi, kemudian memberikan himbauan, mengajak pemuda-pemuda kita untuk tahu tentang bahaya narkoba. Dan agar mereka tidak menggunakan narkoba," kata Kapolres AKBP Bimo seraya melanjutkan Polres Bengkalis memberikan apresiasi dan mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis.
”Dengan harapannya adalah generasi muda bebas dari narkoba sehingga kita bisa membangun wilayah Bengkalis ini menjadi lebih hebat," imbuhnya.

Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Johansyah Safri mengatakan, Pemkab Bengkalis menyambut baik dilaksanakannya sosialisasi tadi karena yang menjadi sasaran penyalahgunaan narkoba itu adalah generasi muda tentunya kedepannya mereka-mereka inilah menjadi generasi penerus bangsa. Apabila mereka telah dirusak oleh narkoba maka akan lebih mudah bangsa-bangsa lain menguasai bangsa kita.

”Kita harus berupaya seoptimal mungkin menghentikan penyalahgunaan narkoba di kalangan pemuda secara bersama-sama, semua pihak harus ambil bagian mulai dari keluarga karena penyalahgunaan narkoba ini tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah beserta aparat penegak hukum semata,” kata Johansyah.

”Sehingga ada transfer pengetahuan dan pemahaman kepada generasi muda sebagaimana disampaikan oleh Bupati tadi yang berharap informasi yang mereka terima dari kegiatan sosialisasi ini dapat diteruskan kepada masyarakat di lingkungan sekitar mereka," imbuh Johan.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Dalduk dan KB Hambali, Sekretaris Disparbudpora Reza Noverindra yang menyampaikan sambutan mewakili Kadis Parbudpora, serta Himpunan Mahasiswa Kabupaten Bengkalis, dan peserta sosialisasi.***

wwwwww