Home > Berita > Umum

Informasi dan Motivasi Terungkap di Hari Bakti PUPR ke-78 Tahun 2023

Informasi dan Motivasi Terungkap di Hari Bakti PUPR ke-78 Tahun 2023
Senin, 04 Desember 2023 02:03 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Kendaraan roda empat wartawan media ini mendapat izin dari dua petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk parkir di sisi kiri depan pintu keluar Dinas Pekerjaan Umam dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bengkalis di Jalan Pertanian Desa Senggoro, Bengkalis Riau.

Hanya sekitar 1 menit sahaja, terlihat Tommy yang dahulunya anggota Pramuka Penggalang SMPN 6 Bengkalis dibawa menghadiri acara Penyalaan Api Unggun di salah satu sekolah menengah di seputaran Kota Bengkalis, sekarang PNS di Satpol PP Bengkalis dengan menggunakan sepeda motor bantuan pusat berada di hadapan konvoi kendaraan rombongan Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Bengkalis.

Ketibaan rombongan di halaman Kantor Dinas PUPR disambut dengan taburan kompang lalu berjalan menuju tempat duduk yang telah disiapkan. Selanjutnya Tari Makan Sirih dengan filosofi ucapan selamat datang kepada tamu istimewa pun bermula. Agar Puncak Hari Bakti PUPR Ke-78 Tahun 2023 diridai Allah SWT, MC Heri Budiman yang memandu acara, mempersilakan Ustadz Ramlan dari Kantor Kementerian Agama Kemenag Kabupaten Bengkalis memandu bacaan doa yang diamini seluruh hadirin.

Mengawali sambutannya, Kadis PUPR Ardiansyah memperkenalkan kehadiran tamu istimewanya, Bupati Kasmarni, Bupati Ke-14 Amril Mukmin, Wakil Bupati Bagus Santoso, Sekda Ersan Saputra, Forkopimda Kapolres AKBP Setyo Bimo Anggoro, Kakejari Zainur Arifin Syah, Dandim, Dan Pos Al, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator dan Pengawas di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis, staf ahli, para kabag, para camat serta hadirin lainnya. Ketua Penggerak Tim PKK, Ketua Darma Wanita PUPR yang berperan dalam kegiatan di Dinas PUPR salah satunya baju yang dikenakan Ardiansyah dan panitia pelaksana merupakan hasil kreasinya.

Mengangkat tema "78 Tahun PUPR Sigap Membangun Negeri Kabupaten Bengkalis Yang Bermasa" Kadis Ardiansyah mengucapkan terima kasih kepada jajarannya yang selama ini bekerja ekstra, bekerja keras tanpa henti meskipun halangan dan rintangan yang ada, dari segi hutannya, segi lahannya, dari segi cuacanya, Alhamdulillah semuanya berjalan dengan baik, sehingga pembangunan infrastruktur tetap berjalan di kabupaten ini.

Kadis Ardiansyah menyampaikan flashback pada Februari 2021 yang kala itu dievakuasi oleh Bupati Kasmarni dan Wabup Bagus Santoso. Program 100 hari kerja beliau, jajaran Dinas PUPR diberikan 3 tugas penting, menginvestigasi kegiatan-kegiatan yang belum selesai belum fungsional, apa solusinya. Kedua,. kondisi APBD Kabupaten Bengkalis yang terus menurun sehingga Bupati menugaskan dirinya ”jemput bola” APBN.
"Ini salah satu tugas berat bagi kami. Kemudian yang ketiga kita harus fokus dengan beberapa kegiatan yang bisa diselesaikan dalam masa kepemerintahan beliau," kenang Ardiansyah yang akhirnya berkolaborasi dengan Bappeda, DLH, Dinas Kesehatan, Perkim, dan berbagai stakeholder untuk ”jemput bola” APBN.

"Alhamdulillah, hari ini jalan di Pulau Rupat sudah terbangun 9,7 kilometer dengan harga Rp60 miliar. Pembangunan embung yang ada di Bengkalis sebesar Rp30 miliar, kemudian pembangunan Ro-Ro menggunakan dana MCC (Millennium Challenge Corporation), Alhamdulillah sudah mulai berjalan dan Insya Allah seratusan miliar akan keluar di daerah Rupat sana nanti. Selanjutnya, ada DBH (Dana Bagi Hasil) Sawit yang kita dapat lebih kurang Rp40 miliar, DAK (Dana Alokasi Khusus) lebih kurang Rp15 miliar, dan Insya Allah tahun depan dana Inpres akan turun lebih kurang Rp100 miliar untuk Pulau Bengkalis dan Pulau Rupat. Ini adalah bentuk kerja sama kita kolaborasi yang baik antara beberapa stakeholder sehingga muncullah ide-ide untuk membangun dan untuk mendapatkan dana dari pusat," terang Kadis PUPR Ardiansyah dengan melanjutkan yang menjadi visi dan misi Bupati Bengkalis coba diselesaikan satu persatu sehingga ada yang sudah bisa direalisasikan, pertama pembangunan 3 kantor camat yaitu Batin Solapan, Talang Muandau, dan Bandar Laksamana.

"Kemudian irigasi Sepotong di Kecamatan Siak Kecil yang belum difungsikan sejak masa Bupati Syamsul Rizal, Alhamdulillah hari ini di tahun 2023 sudah dapat difungsikan di zaman Ibuk Kasmarni. Ini salah satu irigasi terbaik di Provinsi Riau. Ketiga, pembangunan Jalan Gajah Mada yang dibangun tahun 2017 zaman Bupati Ke-14 Pak Amril Mukmin Alhamdulillah tahun 2022 kemarin 33 kilometer sudah tuntas. Kemudian pembangunan jalan dua jalur di Desa Harapan yang merupakan wisata kuliner Alhamdulillah hari ini sudah terwujud hanya tinggal saja lagi. Jalan Lingkar Barat yang selama ini diidam-idamkan oleh masyarakat Mandau, dengan tangan dingin beliau, izin bisa terwujud dan insya Allah bulan Mei 2024 jalan tersebut sudah bisa fungsional. PR kami selanjutnya, pembangunan gedung daerah yang sudah menelan anggaran lebih kurang Rp64 Miliar yang pembangunan yang dimulai tahun 2008, hari ini sudah kita sulap menjadi Mal Pelayanan Publik (MPP) menjadi salah satu terbaik dan terbesar se-Indonesia. Masih banyak tantangan yang harus kita hadapi kedepan. Salah satu PR kami kedepan yang cukup berat yang merupakan mimpi dari masyarakat Pulau Bengkalis yaitu wacana pembangunan jembatan Bengkalis-Sungai Pakning. Kami yakin dan percaya di bawah kepemimpinan Ibu Kasmarni dan Pak Bagus Santoso ini pasti akan bisa terwujud dan Insya Allah," kata Kadia PUPR Ardiansyah.

Semua yang dipaparkannya di atas adalah bukti kerja nyata PUPR dari visi dan misi bupati dan wakil bupati, Bermasa Bermarwah, Maju, dan Sejahtera.

"Kalau Indonesia ada Bapak Infrastruktur yaitu Pak Presiden Joko Widodo, hari ini kami nyatakan kami punya Bunda Infrastruktur yaitu Bunda Kasmarni SSos MMP. Saya yakin dan percaya, apabila Allah mengizinkan Bunda Kasmarni bisa satu periode lagi untuk duduk di sini, Jalan poros di Kabupaten Bengkalis bisa selesai di tahun 2029 serta pembangunan jembatan Bengkalis-Sumatera akan terwujud. Amin. Setuju? Terakhir, saya mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada Ibu Bupati, kepada Bupati ke-14 Pak Amril Mukminin, kepada Pak Bagus Santoso, atas bimbingan serta pengarahan dan motivasi kepada kami sehingga hari ini banyak hasil-hasil atau kreasi yang lahir dari PUPR. Semoga visi dan misi Bupati Bermasa, Bermarwah, Maju, dan Sejahtera bisa terwujud. Dirgahayu PUPR, Bakti PUPR Sigap Membangun Negeri," kata Kadis PUPR Ardiansyah di akhir sambutannya.

Bupati Kasmarni saat menyampaikan sambutannya yang didampingi Wabup Bagus Santoso mengucapkan Selamat Hari Bakti PUPR ke-78 tahun 2023 khususnya kepada seluruh insan PUPR Kabupaten Bengkalis. Ucapan terima kasih juga disampaikannya atas pengabdian, dedikasi serta kerja keras, kerja berkualitasnya dalam membangun infrastruktur. Teruslah mendarmabaktikan diri dengan ikhlas dan sungguh-sungguh untuk daerah dan masyarakat. Insan-insan PUPR dituntut memiliki komitmen yang tinggi guna menyelesaikan tugas-tugas yang telah diamanahkan dalam mendukung terwujudnya Kabupaten Bengkalis Bermarwah, Maju, dan Sejahtera. Kedepan tugas makin besar, harus membangun lebih banyak lagi infrastruktur yang lebih berkualitas yang smart dan juga ramah lingkungan terutama dalam membuka akses infrastruktur, keterhubungan antarkecamatan maupun antardesa

Oleh karenanya harus membangun lebih banyak infrastruktur berkualitas, smart dan ramah lingkungan, terutama dalam membuka akses infrastruktur keterhubungan antar kecamatan maupun antar desab dan kelurahan yang ada di negeri ini.

"Dalam melanjutkan pembangunan infrastruktur ke depan, ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian insan-insan PUPR. Pertama kualitas infrastruktur harus benar-benar ditingkatkan, dan harus dimulai dari tahap perencanaan, pelelangan, hingga pelaksanaan yang berkualitas pula. Begitu pula terkait dengan pengawasan harus dilaksanakan dengan insentif dan berjenjang dengan mengoptimalkan peran dan fungsi pembina teknik, unit kepatuhan intern dan auditor serta para konsultan pengawas di lapangan agar lebih akuntabel, efisien, dan juga butuh pekerjaan dapat terjaga," pesan Kasmarni.

Kedua lanjut Bupati Kasmarni, pembangunan infrastruktur harus lebih memperhatikan keberlanjutan lingkungan dengan mengikuti kaidah-kaidah green infrastructure. Serta ketiga, dalam melaksanakan pembangunan infrastruktur harus senantiasa bekerja sesuai dengan corporate culture, yaitu bekerja keras, bekerja cepat, dan bertindak tepat dalam satu team work yang solid.

Melalui tema "Air Untuk Kesejahteraan Bersama" lanjut Kasmarni, "Sengaja diangkat oleh Kementerian Pekerjaan Umum mengingat air masih menjadi tantangan yang cukup besar di daerah termasuk di Kabupaten Bengkalis, dari sisi akses distribusi, kualitas, serta investigasi bencana yang disebabkan oleh air. Oleh karenanya guna menjawab semua tantangan tersebut tentunya insan PUPR harus lebih ekstra membangun sinergi dengan berbagai pihak yang ada di negeri ini. Insan PUPR harus bisa menerobos berbagai harapan masyarakat untuk mendapatkan akses, distribusi, kualitas, serta mengatasi bencana yang dikibarkan oleh air dengan membangun infrastruktur karena tugas kita sangat jelas memastikan agar semua tugas pembangunan infrastruktur dilaksanakan memberikan layanan publik semakin baik dan berkualitas di daerah ini," harap Bupati Bengkalis Kasmarni yang telah meninjau beberapa daerah terdapat banjir, apa penyebabnya, mencari solusinya. Jalan dari Desa Temiang Kecamatan Bandar Laksamana ke Kecamatan Mandau menjadi PR berikutnya karena hari ini masyarakat Kecamatan Mandau yang ingin ke Pulau Bengkalis harus melewati Kota Dumai atau Pekanbaru.

Bupati Kasmarni didampingi Amril Mukminin, Sekda dr Ersan Saputra, Kadis Ardiansyah dan Forkopimda, Ketua DPW PUPR Rita Susanti Ardiansyah, Ketua TP PKK Siti Aisyah me-launching media sosial Facebook dan Instagram DWP Unit PUPR, memberikan penilaian lomba design plakat, penyerahan paket makanan dengan total dana terkumpul oleh DPW PUPR sekitar 42,5 juta rupiah untuk masyarakat yang membutuhkan, dan meninjau pelaksanaan lomba mewarnai anak yang diikuti ASN dan honorer di lingkup Dinas PUPR serta anggota keluarganya.

Sekadar informasi sekilas, sejarah ditetapkan Hari Bakti Pekerjaan Umum atas tragedi berdarah pada 3 Desember 1945 di Gedung Departement Van Verkeer En Waterstaat (Gedung V & W) sekarang bernama Gedung Sate, Bandung pada sekitar pukul 11.00 WIB tentara Sekutu (NICA) bersenjata lengkap mengepung gedung ini yang kala itu dijaga 21 orang dari Gerakan Pemuda PU dalam mempertahankan gedung tersebut.

Pertempuran pun terjadi sekitar pukul 14.00 WIB, 7 pemuda yaitu Didi Hardianto Kamarga, Muchtaruddin, Soehodo, Rio Soesilo, Soebengat, Ranu, dan Soerjono gugur namun jenazah mereka tidak ditemukan hingga sekarang.

Perdana Menteri Ir H Djuanda pada 2 Desember 1961 memberikan penghargaan bagi 7 pemuda tadi. Tragedi berdarah tadi tetap dikenang dan dicatat sebagai sejarah dengan menetapkan 3 Desember sebagai Hari Pekerjaan Umum.***

KETERANGAN GAMBAR:
(atas) seorang penari Tari Persembahan memberikan salam hormat kepada Bupati Kasmarni, Wabup Bagus, Bupati Ke-14 Amril Mukminin, Forkopimda. (bawah) Bupati Kasmarni didampingi Kadis PUPR Ardiansyah dan lainnya saat memotong tali melepaskan balon terbang ke angkasa, Ahad (03/12/2023).(F-POTRETNEWS.com/JUNAIDI USMAN)

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww