Home > Berita > Umum

Hari Jadi ke-10 Desa Pangkalanbatang Barat Bengkalis; Serangkaian Acara Dilakukan, Berbagai Prestasi Didapatkan, Potensi dan Peluang Banyak Berbilang

Hari Jadi ke-10 Desa Pangkalanbatang Barat Bengkalis; Serangkaian Acara Dilakukan, Berbagai Prestasi Didapatkan, Potensi dan Peluang Banyak Berbilang
Minggu, 03 Desember 2023 22:29 WIB
BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Peraturan Daerah Kabupaten Bengkalis Nomor : 08 Tahun 2012 tertanggal 24 September 2012 yang ditandatangani Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh menetapkan pembentukan Desa Pangkalan Batang Barat (dan beberapa desa lainnya) pemekaran dari Desa Pangkalan Batang. Dari Perda No.08 ini, maka Desa Pangkalanbatang Barat pada 24 September 2012, yang artinya pada Ahad, 24 September 2023 kemarin desa ini genap berusia 10 tahun.

Meskipun sekarang telah masuk bulan Desember yang berarti hari jadi desa ini telah lewat dan masuk bulan ketiga, serangkaian acara pun disusun dalam rangka memeriahkan hari jadinya.

"Semoga di momen hari jadi yang ke-10 ini, Desa Pangkalanbatang Barat terus berkembang, tetap menjadi desa yang maju yang mandiri dan tentunya bagaimana menjadikan masyarakat desa ini sejahtera kedepannya. Di usia kesepuluh ini sebetulnya dikatakan muda, tidak, dikatakan tua, belum artinya masih banyak PR-PR kita dalam hal pembangunan. Kami hadir tetap memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat," kata Pj Kepala Desa Marvin Samudera kepada potretnews.com, Sabtu (02/11/2023) malam.

Sebagai kado ulang tahun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis memberikan bantuan 1 unit ambulance dan rencana pembangunan 50 unit MCK (mandi cuci kakus) bagi masyarakatnya. "Kami dari pemerintah desa mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kabupaten Bengkalis khususnya Ibuk Bupati kita, Ibuk Kasmarni,SSos,MMP yang telah memberikan kado terindah di hari jadi yang kesepuluh ini yaitu ambulance desa untuk mendukung pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Dan (Pemkab Bengkalis) juga memberikan kado lagi yaitu 50 unit WC (MCK) melalui Dinas PUPR untuk mendukung program-program prilaku hidup bersih dan sehat," ungkap Pj Kades Marvin pula.

Di antara PR-PR yang akan diselesaikan, ungkap Marvin lagi beliau melihat masih ada beberapa infrastruktur yang menjadi kebutuhan dasar yang belum tersentuh. "Tapi saya yakin bahwa Pemerintah Kabupaten Bengkalis tetap konsen bagaimana membangun sampai ke tingkat desa. Alhamdulillah sampai hari ini kan sudah banyak program-program dan pemerintah kabupaten yang turun ke desa ini. Harapan kami Pemerintah Kabupaten Bengkalis tetap fokus bagaimana membangun sampai ke tingkat desa," harapnya.

Ketua Panitia Pelaksana Hari Jadi ke-10, Rusli pula mengungkapkan rasa syukur kepada Allah Swt atas terlaksananya serangkaian acara dengan baik dan lancar. "Ini berkat kerja sama kita semua, dari masyarakat Desa Pangkalanbatang Barat, kelembagaan-kelembagaan, khususnya dorongan dari pemerintah desa itu sendiri untuk mengadakan kegiatan pada malam hari ini. Kita mengharapkan keberkahan dari Allah Swt, mudah-mudahan desa ini bertambah maju ke depannya," ungkap Rusli.

Dilaksanakannya Zikir Kampung terang Rusli dengan tujuan untuk mengembalikan sejarah yang pernah dilaksanakan orang-orang tua kita zaman dahulu.
”Ini kita bangkitkan dan kita kembangkan lagi supaya hal-hal yang positif akan berlanjut untuk generasi-generasi kita yang akan datang supaya ke depannya kegiatan ini bisa dilanjutkan untuk generasi kita yang berikutnya," terang Rusli.

Untuk prestasi memang belum banyak diukir oleh penduduk desa ini.
Sebut saja :
1. Juliana,SPd juara I KTIQ (Karya Tulis Ilmiah Qur'an) pada MTQ ke-40 tahun 2022 Tingkat Provinsi Riau di Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir.
2. Nur Afni Sanofa,STrAB,CSD anak pasangan Dedi Asiadi dan Zuli Bartini masuk Top 30 Putri Hijab Fluencer Provinsi Riau Tahun 2022.
3. Nurfaiza, Juara I Duta Wisata Riau Tahun 2022.
4. Muhammad Irfan Kurnia atlet Voli Putra Porprov X di Kuantan Singingi Tahun 2022.
5. Cici Nurhidayah (adik kandung Muhammad Irfan) atlet Voli Putri Porprov X di Kuantan Singingi Tahun 2022.
Lima nama diatas pada Agustus 2022 lalu menerima sedikit bantuan keuangan dan piagam penghargaan yang diserahkan Kades Definitif Azmi Yulfikar kala itu.

Selanjutnya, Festival Budaya Lampu Colok Bengkalis pula, menara colok Dusun Kampung Parit Tahun 2016 berhasil meraih Juara Harapan I dan Tahun 2017 Juara III. Tahun 2022, Juara I Dusun Karya Bakti dan Harapan I Dusun Kampung Parit, serta Tahun 2023 Juara Harapan II Dusun Karya Bakti.

Dalam bidang agama pula, selain Juliana, desa ini memiliki seorang Qariah Herliza Wati peraih Juara Harapan I Qiraat Tartil Dewasa dalam MTQ Tingkat Provinsi Riau Tahun 2019.

Dalam hal Film Indie, desa ini punya seniman ND Juaii M Usna yang sejak 2004 silam telah memproduksi film pendek "Pinangan Liuk" ide cerita SPN Sudarno Mahyudin yang berhasil meraih Juara Harapan II untuk Dedah Sinetron dan Sayembara Film Independen yang ditaja Dewan Kesenian Riau (DKR). Beberapa gelar juara berhasil diraih, meskipun film "Kompang Kampung" yang ikut dalam Indonesian Short Film Festival (ISFF) dalam rangka ulang tahun SCTV tahun 2015 belum berhasil, namun beliau telah mengerjakan beberapa film dokumenter Profil SMPN 2, SMPN 4, SMPN 6, SMPN 7, SMPN 11 selain menjadi narasumber Workshop Film Pendek di SMAN 4 Sebauk Kecamatan Bengkalis, SMPN 2 Bantan, Kecamatan Bukit Batu dan Siak Kecil, Kecamatan Mandau termasuk juga workshop film di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Bengkalis masa Kadis Dr Suwarto.

Saat ini, Desa Pangkalanbatang Barat terdapat 2 SLTP yaitu SMPN 6 Bengkalis dan MTs Annahdatuddiniyah, SDN 14 dan 16, Masjid Umar bin Khattab, Masjid Al Muhsinin, 2 MDTA, Pondok Pesantren Bequranic (Bengkalis Qur'an Center) yang direncanakan Bupati Ke-14 Amril Mukmin pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei 2017 yang saat ini mondok lebih 900an orang santri dari berbagai kabupaten/kota dan provinsi termasuk dari Malaysia. Jika melewati Jalan Bequranic, Riza Pahlevi telah menghibahkan sedikit lahan bangunan untuk bangunan Polindes, dan ada pula di sisi Utaranya seorang warga siap menghibahkan tapak bangunan di Gang Usman untuk TK Negeri dengan ukuran lebih kurang 15X20 meter.

Potensi perkebunan karet yang mayoritas perlu diremajakan oleh Pemkab Bengkalis yang bisa disisipkan tanaman petai, jengkol, maupun dendan, potensi tanaman aren yang menghasilkan nila dan gula aren, potensi hutan mangrove, serta potensi kebun kelapa di Jalan Tambak Lama yang telah dijanjikan Kadis PUPR Ardiansyah masuk agenda tahun 2024 melalui Kabid Irjauzi Saukani. Lapangan sepak bola telah dimiliki desa ini pada tahun 2023 ini, 2 Lapangan Futsal di "Tanah Beso Aki Toho/M Toha bersebelahan dengan MTs tadi, dan di Dusun Kampung Parit, potensi perikanan para nelayan tradisional, termasuk potensi Jembatan Bengkalis - Buruk Bakul yang jika Allah menghendaki ridho berada di desa ini nantinya.

Berbicara tindak kriminal bukan hal yang perlu dinafikan. Setelah beberapa warga menjadi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Kelas IIA Bengkalis, kesadaran akan dunia intelijen dan cyber crime yang semakin canggih membuat ciut nyali untuk mengulangi maupun memulai. Yang jelas kekompakan sesama warga desa meskipun beda agama terus terpupuk sepanjang masa. Gotong royong membersihkan parit dan jalan tetap dilakukan meskipun ada petugas yang digaji, saat hari raya jadi momen saling berkunjung beda agama, juga saat pesta pernikahan mereka selalu mengundang tetangga. Hebatnya, jika pesta pernikahan oleh beda keyakinan, tuan rumah akan meminta tetangga Islamnya untuk menyiapkan makanan dan minuman.

Rangkaian acara di Hari Jadi ke-10 Desa Pangkalanbatang Barat ditutup dengan Jalan Santai pada Ahad, 3 Desember tadi pagi. Start dari batas Desa Sebauk menuju batas Desa Pangkalan Batang yang finishnya di Halaman Kantor Desa Jalan M Toha. Sebelum pencabutan undian, senam sehat dipandu seorang warga Tionghoa yang membawa anggota senamnya. Entah kali ke berapa pula, Badot yang biasa mangkal di lampu merah Kota Bengkalis dihadirkan juga dalam Jalan Sehat ini untuk mendapatkan sedikit rejeki dari anak-anak yang melakukan toz maupun berselfi.***

KETERANGAN GAMBAR:
(atas) Pj Kades Marvin Samudera (ujung kiri), Ketua Panitia Rusli (ujung kanan), panitia foto bersama pemenang Juara I (kanan Rusli), Ahad (03/12/2023) (bawah) Pj Kades Marvin Samudera yang baru pulang dari Pekanbaru langsung bergabung acara pembacaan Tahlil, Doa Bersama dan Makan Malam Bersama, Sabtu (2/12/2023) malam. (F-POTRETNEWS.com/JUNAIDI USMAN)

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww