Dilantik Presiden di Istana Negara, Edy Natar Resmi Menjadi Gubernur ke-15 Riau

Dilantik Presiden di Istana Negara, Edy Natar Resmi Menjadi Gubernur ke-15 Riau
Senin, 27 November 2023 10:52 WIB

JAKARTA, POTRETNEWS.com — Presiden Joko Widodo resmi melantik Brigjen Edy Natar Nasution sebagai Gubernur Riau. Pelantikan di digelar di Istana Negara, Jakarta, Senin (27/11/2023).

Pelantikan Edy sebagai Gubernur Riau berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 114/P Tahun 2023 Tentang Pengesahan Pemberhentian Wakil Gubernur Riau dan Pengesahan Pengangkatan Gubernur Riau Sisa Masa Jabatan 2019-2024 yang dibacakan Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara, Nanik Purwanti. Usai pembacaan Keppres, Presiden Jokowi memimpin pengucapan sumpah dan janji yang diikuti Edy.

"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur dengan sebaik-baiknya. Dan seadil-adilnya," kata Edy menirukan Jokowi. "Memegang teguh UUD 1945 dan menjalankan segala UU dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa," lanjutnya, dilansir dari kompas.com.

Adapun Edy sebelumnya merupakan Wakil Gubernur Riau yang ditunjuk sebagai pelaksana tugas (Plt) Gubernur Riau. Edy menggantikan Gubernur Riau sebelumnya, yakni Syamsuar yang mengumumkan pengunduran dirinya pada 5 Oktober 2023.

Syamsuar mengundurkan diri sebagai Gubernur Riau karena maju sebagai calon anggota legislatif (caleg) DPR RI dari Partai Golkar pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Adapun pelantikan pada Senin dihadiri oleh sejumlah pejabat negara. Antara lain Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Jaksa Agung ST Burhanuddin dan Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Achmad. Hadir pula Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Dengan dilantiknya Edy Natar, maka pria ini resmi menjadi Gubernur ke-15 dari dulu hingga sekarang.***

Editor:
Abdul Roni

Kategori : Pemerintahan, Riau
wwwwww