Home > Berita > Sport

Catatan Turnamen AFK Bermasa Cup I Tahun 2023

Catatan Turnamen AFK Bermasa Cup I Tahun 2023

(atas) Ketua AFK Bengkalis Anggun Apriansyah Pratama saat diwawancarai jurnalis media ini, Rabu (22/11/2023) malam. (bawah) Diantara gol yang diciptakan anggota Club Futsal yang ikut Turnamen Futsal Bermasa Cup I Tahun 2023.

Jum'at, 24 November 2023 22:28 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Satu demi satu tim peserta Turnamen Futsal AFK Bermasa CUP I Tingkat SD dan U-16 Tahun 2203 Se-Kabupaten Bengkalis belum berhasil melanjutkan perjuangannya karena telah kalah dalam tanding dengan sistem gugur ini.

Turnamen yang digelar di Gedung Olahraga (GOR) Perkasa Alam Sport Hall pada Rabu (22/11/2023) malam kemarin dan dibuka oleh Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso ini diikuti 50 Tim Tingkat SD dan 20 Tim U-16.

"Awal mula saya berniat membuat acara ini setelah pulang dari pra-PON (Pekan Olahraga Nasional) 2023. Saya lihat ada satu perwakilan anak Bengkalis (Dika, penerima beasiswa di SMA Olahraga Pekanbaru,red) yang memang punya bakat yang tinggi. Setelah itu saya merasa di Bengkalis ini ada banyak bakat yang bisa kita bimbing, yang bisa kita bina untuk menjadi atlet futsal Riau ke depannya, kenapa kesempatan itu tidak kita ambil. Kalau kesempatan itu belum ada, kita ciptakan, makanya saya membuat turnamen ini agar adik-adik bisa menunjukkan bakatnya dan juga sebagai ajang melatih mental adik-adik semua," kata Ketua Asosiasi Futsal Kabupaten (AFK) Bengkalis Anggun Apriansyah Pratama kepada potretnews.com, Rabu (22/11/2023) malam.

Tak lupa, Anggun Apriansyah memberikan kunci dari skill dan mental. ”Sering-seringnya mengikuti pertandingan. Dalam Pra PON kemarin saya melihat kita kalah saing dengan daerah Jawa dan lainnya karena memang mereka sangat banyak membuat turnamen di kelas pelajar,” kata Anggun yang wajahnya yang masih terlihat lelah namun penuh semangat demi generasi muda Bengkalis.

Lebih lanjut dikatakan, dirinya mengandakan turnamen di kelas pelajar ini dengan harapan inilah atlet yang bisa kita didik ke depannya. Selain masih punya waktu yang panjang, para pelajar ini masih punya umur yang sangat muda karena membina dari kecil lebih enak daripada membina orang yang sudah dewasa.

”Fisik mereka masih terjaga tinggal kita membentuk mental saja lagi. Selain itu menanamkan rasa cinta mereka dengan olahraga agar mereka jauh dari narkoba dan penyakit masyarakat lainnya karena kalau sudah cinta olahraga akan jauh dari segala penyakit masyarakat, Insya Allah," ujarnya.

Anggun mengaku, selaku personel Polres Bengkalis yang kebetulan saat ini dipercaya menjadi Ketua Asosiasi Futsal Kabupaten (AFK) Bengkalis, dirinya bisa bergerak karena sokongan apolres Bengkalis AKBP Setyo Bimo Anggoro.

”Kami mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya Kepada beliau karena memberikan kesempatan waktu kepada kami untuk mengembangkan organisasi futsal ini. Tanpa dukungan dari pimpinan tentu kami tidak bisa meluangkan waktu untuk membawa adik-adik kemarin ke Jakarta dalam pra-PON dan turnamen seperti ini, yang jelas menyita waktu, pikiran, tenaga seluruhnya yang harus terbagi antara kantor dan futsal. Tetapi Alhamdulillah, berkat izin dan dukungan beliaulah saya bisa, insya Allah," ucap Anggun buat Kapolres AKBP Setyo Bimo Anggoro.

Dalam sambutannya saat membuka turnamen futsal ini, Wabup Bagus Santoso memberikan apresiasi kepada Ketua AFK Kabupaten Bengkalis beserta jajaran pengurus yang telah menyelenggarakan turnamen ini, sebagai sarana untuk memperkuat silaturahmi serta pencarian bibit-bibit unggul daerah.

Kepada peserta turnamen, secara khusus Wabup Bagus berpesan agar bermain dengan baik dan jaga kekompakan sesama tim, menang dan kalah dalam pertandingan merupakan hal yang wajar. Tidak lupa kepada para suporter dan masyarakat yang ada di dalam gedung untuk menyaksikan setiap pertandingan dengan tertib dan menjaga kebersihan selama pertandingan.

Pantauan wartawan media ini sejak malam pertama hingga Kamis malam Turnamen Futsal AFK Bermasa Tingkat SD dan U-16 2023 ini, mulai pintu masuk terlihat kendaraan roda dua dan roda empat tersusun rapi. Cuma serakan sampah masih membuat pandangan tidak nyaman mulai depan pintu masuk hingga ruang dalam padahal tong sampah berbahan plastik telah disediakan. MCK Putra pula, suplai air selalu ada dan terus mengalir, tapi sedikit bau pesing belum disiram semua.

Untuk petugas kebersihan lapangan pula, jika ada keringat pemain yang jatuh, segera wasit meminta petugas membersihkannya. Tiap kali selesai pertandingan, petugas lain pula segera membersihkan air di sekitar kursi tunggu pemain, sampah dimasukkan ke tongnya, begitu juga bagian kegiatan yang selalu memanggil ketua tim atau official ke mejanya.

Karena kondisi atap GOR Perkasa Alam Sport Hall ada sedikit kebocoran, membuat tetesan air jatuh di beberapa titik lapangan. Pernah pula permainan ditunda kala hujan turun dan penundaan ini atas keputusan bersama.

Hal menarik lain yang sempat terbaca jurnalis media ini adalah Club SMPN 10 Bantan harus melewati banjir untuk sebuah perjuangannya dalam turnamen ini lalu pula dalam kondisi mendung menyelimuti. Meski kalah yang wajahnya pada akhir perjuangan tadi, mereka yang ada juga sebagai penari Zapin Tradisi, penabuh kompang, dan ada juga juara atletik dalam O2SN Riau mendengarkan motivasi dari coach mereka yang merupakan warga Desa Brancah dan menetap di Bantan Sari. Peserta lain ada pula Tahfiz Quran telah 26 juz, 5 juz, 2 juz, dan lainnya. Di samping itu, peserta sebuah SLTP mampu mengalahkan lawannya yang telah pelajar SLTA sebab Usia 16-lah membuat mereka bersua.

Lain lagi cerita suporter yang membawa peralatan perkusi untuk dipukul memberikan motivasi. Spanduk juga tidak ketinggalan, yel-yel juga sering memecah suasana.

Sekedar informasi, untuk Tingkat SD, maju ke babak semi final SDS Aisyiyah A (SD-nya Akil sang Juara I Hafis Indonesia RCTI Tahun 2023, saat ini mengerjakan Umrah bersama kedua orang tua dan kakaknya,red) VS SDS IT Maqdis, Mandau yang akan berlangsung Sabtu esok pukul 09.30 WIB. Kemudian, SDS IT Bengkalis VS SDN 2 Bengkalis.
Final untuk Juara III dan IV akan dilaksanakan Sabtu pukul 15.00 WIB, dan Final Juara I dan II pukul 20.00 WIB.

Sementara, Jumat malam ini untuk Tingkat U-16 yang masih menuju 4 besar, Pool B antara Club SMAN 1 Bukit Batu VS SMKN 3 Bengkalis A digelar pukul 20.00 WIB. Smansa Bengkalis VS SMPN 10 Bengkalis pukul 20.40 WIB. Serta Pool A Tim SMAN 2 Bengkalis B VS MTsN 1 Bengkalis B yang berlangsung pukul 21.20 WIB, Smansa Bengkalis A VS SMPN 1 Bengkalis pukul 22.00 WIB.

Kemudian, Sabtu (25/11) pula Pool A Club RD Smansa Bengkalis VS SMP Ikramul Qur'an pukul 08.00 WIB.***

Kategori : Sport, Bengkalis
wwwwww