Home > Berita > Umum

Daus, ”Budak” Muntai Kabupaten Bengkalis Jadi Qari Terbaik di MTQ XLI Tingkat Provinsi Riau

Daus, ”Budak” Muntai Kabupaten Bengkalis Jadi Qari Terbaik di MTQ XLI Tingkat Provinsi Riau

(atas) Muhammad Firdaus bersama kedua orang tuanya. (bawah) Qari terbaik MTQ ke-41 Tingkat Provinsi Riau tahun 2023, Muhammad Firdaus, Sabtu (18/11/2023) malam.

Minggu, 19 November 2023 12:22 WIB

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Muhammad Firdaus atau akrab disapa Daus kafilah Kabupaten Bengkalis berhasil dinobatkan sebagai Qari Terbaik pada Perhelatan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) XLI Tingkat Provinsi Riau, di Kabupaten Indragiri Hulu, tahun 2023.

Anak kedua dari pasangan Rahma dan Romlah, serta adik dari Fauziah dan abang dari Siti Nur Faiza memperoleh capaian prestasi sebagai Qari Terbaik dari seluruh peserta 12 kabupaten/kota se-Provinsi Riau ini bukan hal yang mudah untuk diperolehnya. Daus anak watan Desa Muntai, Kecamatan Bantan yang lahir pada 10 April 1996 ini merupakan alumni SDN 43 Muntai. Kemudian melanjutkan pendidikan di Pondok Pesantren Nurul Hidayah (PMNH) Bantan Tua jenjang pendidikan MTs dan MA. Lalu berlanjut ke Studi S-1 dan S-2 Jurusan Hukum Keluarga Islam di Universitas Islam Negeri (UIN) Suska Riau.

Setelah "Budak' Muntai ini dinobatkan sebagai Qari Terbaik Riau pada tahun 2023, beliau diminta untuk melantunkan bacaan ayat-ayat suci Alquran, pada penutupan MTQ XLI Tingkat Provinsi Riau, di Astaka Utama, tepian Danau Raja, Kecamatan Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu, Sabtu (18/11/2023) malam.

"Alhamdulillah, kami mengucapkan terima kasih kepada kedua orang tua kami, guru-guru kami para pelatih yang telah membimbing dan mendoakan kami sehingga berhasil mendapatkan prestasi ini," ujar Muhammad Firdaus usai melantunkan kalam-kalam ilahi di hadapan ribuan pasang mata masyarakat dan tamu undangan yang hadir pada malam penutupan.

Daus juga berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis, khususnya di masa kepemimpinan Bupati Bengkalis Kasmarni dan Wakil Bupati Bengkalis H Bagus Santoso, yang menurutnya telah memberikan perhatian terhadap perkembangan pendidikan khususnya di bidang keagamaan, salah satunya dalam pembinaan qari-qariah.

"Prestasi ini tentunya kami persembahkan untuk kedua orang tua kami, guru-guru kami, masyarakat Kabupaten Bengkalis, serta khususnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis yang telah sangat memberikan perhatian. Semoga prestasi ini dapat kami jadikan motivasi agar bisa kami pertahankan," pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Bengkalis Kasmarni diwakili Wakil Bupati H Bagus Santoso, ketika hadir pada Penutupan MTQ XLI Tingkat Provinsi Riau, mengucapkan tahniah dan terima kasih kepada Muhammad Firdaus yang telah mengharumkan nama Kabupaten Bengkalis.

"Tahniah kami ucapkan, semoga prestasi ini juga mampu memacu semangat generasi muda, khususnya Kabupaten Bengkalis untuk mencintai, mempelajari dan mengamalkan isi kandungan Alquran," singkatnya.

Sekedar informasi, Kabupaten Bengkalis berhasil menjadi juara umum dalam MTQ XLI Tingkat Provinsi Riau Tahun 2023 ini dengan perolehan nilai 82. Disusul Kota Pekanbaru nilai 64, Kabupaten Rokan Hilir nilai 53, Indragiri Hilir 42, Dumai 39, Kampar 37,. Pelalawan 36, Rokan Hulu 23, Kepulauan Meranti 21, Indragiri Hulu dan Siak masing-masing 20, serta Kabupaten Kuantan Singingi dengan nilai 17 sebagai mana Surat Keputusan Dewan Hakim MTQ XLI Tingkat Provinsi Tahun 2023 Nomor : Kpts.07/DH/MTQ-XLI/R/XI/2023 yang ditandatangani Ketua Dewan Hakim Mawardi M Saleh dan Sekretaris Sofwan Muhajir.***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww