Berawal dari Patroli Karhutla, Petugas Temukan Bibit Sawit yang Hendak Ditanam di Kawasan Hutan TNTN Pelalawan Riau

Berawal dari Patroli Karhutla, Petugas Temukan Bibit Sawit yang Hendak Ditanam di Kawasan Hutan TNTN Pelalawan Riau
Rabu, 25 Oktober 2023 11:07 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Bibit kelapa sawit ditemukan di kawasan Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) di Desa Lubukkembangbunga, Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan, Riau. Bibit sawit itu hendak ditanam di kawasan hutan lindung tersebut. Kepala Balai TNTN, Heru Sutmantoro saat dikonfirmasi mengatakan, tumpukan bibit sawit itu ditemukan pada Senin (23/10/2023).

”Benar, tim patroli Balai TNTN menemukan bibit sawit yang hendak ditanam di kawasan TNTN," akui Heru saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp, Rabu (25/10/2023). Dia menjelaskan, penemuan bibit sawit itu berawal dari ditemukan titik api kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kawasan TNTN Grid 17.

Waktu itu, api di permukaan lahan sudah padam, namun masih menyisakan asap. Di lokasi karhutla, petugas menemukan kayu-kayu hutan sudah ditebang dan diduga dibakar untuk dijadikan perkebunan kelapa sawit. "Kondisi vegatasi di areal kebakaran berupa kebun sawit dan bekas tumbangan," kata Heru, dilansir dari Kompas.com.

Lalu, tim melakukan pendinginan agar api tidak muncul di permukaan. Setelah api padam, petugas menemukan tumpukan bibit sawit yang hendak di tanam di kawasan hutan itu. Petugas tidak menghitung berapa jumlah bibit sawit, karena langsung dimusnahkan.

”Bibit sawit langsung dimusnahkan dengan cara dicincang," sebut Heru. Selanjutnya, petugas memasang spanduk larangan membakar hutan dan lahan. "Untuk api karhutla, sudah padam," sebut Heru.
Saat ditanya soal penyelidikan terhadap pelaku perambahan hutan tersebut, Heru menyebut diselidiki pihak kepolisian. "Tugas pak polisi," pungkas Heru.***

Editor:
Abdul Roni

Kategori : Lingkungan, Pelalawan
wwwwww