Home > Berita > Umum

60 Pelatih Pramuka Ikuti KPL Tingkat Nasional di Bengkalis, 12 di Antaranya dari Luar Riau

60 Pelatih Pramuka Ikuti KPL Tingkat Nasional di Bengkalis, 12 di Antaranya dari Luar Riau

Peserta KPL Kwarda 04 Riau di aula Kwarcab 0404 Bengkalis, di Bumi Perkemahan Pawang Perkasa Jalan Assalam Kelapapati Darat, menerima materi, Selasa (24/10/2023).

Rabu, 25 Oktober 2023 14:17 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Sebanyak 60 orang kakak-kakak Pelatih Pembina Pramuka mengikuti Kursus Pelatih Tingkat Lanjutan (KPL) Tingkat Nasional di Kwartir Cabang (Kwarcab) 0404 Bengkalis.

Ketua Majelis Cabang (Kamabicab) Bengkalis, Kak Kasmarni yang membuka kursus diwakili Kakwarcab Kak H Bustami pada Senin, 23 Oktober 2023 malam di Gedung Daerah Datuk Laksamana Raja Di Laut dalam sambutannya mengatakan, baik atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis menyambut baik atas pelaksanaan kegiatan ini karena melalui kegiatan yang dilaksanakan oleh Kwartir Daerah (Kwarda) 04 Gerakan Pramuka Riau sangat tepat untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) anggota Pramuka khususnya.

Pendidikan Kepramukaan sebagai salah satu pilar pendidikan kaum muda, dituntut untuk dapat lebih berkontribusi secara nyata dalam hidup dan kehidupan berbangsa dan bernegara, termasuk dalam menyelesaikan masalah kaum muda.

Untuk itulah, melalui kursus ini akan menambah jumlah dan meningkatkan kemampuan Pelatih Pembina Pramuka sehingga dapat melaksanakan pendidikan tentang Kepramukaan secara berdaya guna dan tepat sasaran. Selain itu, KPL ini juga dapat menghasilkan Pelatih-Pelatih Pembina Pramuka yang mampu menyelenggarakan pendidikan/latihan Kepramukaan yang menarik bagi peserta, sehingga dapat meningkatkan peran sertanya dalam Gerakan Pramuka.

"Pramuka itu keren, asyik dan menyenangkan, untuk itu harus terus dikembangkan secara terus menerus sehingga kaum muda bangga menjadi anggota Pramuka. Oleh karena itu, kita harus bisa memahami, menguasai, dan mampu menjalankan hal ihwal Kepramukaan dan Gerakan Pramuka, serta perkembangan sesuai dengan perkembangan masyarakat, bangsa dan dunia saat ini. Kepada peserta kursus, kami berharap dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas, dengan semangat kemandirian bertanggungjawab, serta peduli dan komitmen terhadap Kode Kehormatan Pramuka," harap Kamabicab Kak Kasmarni melalui sambutan tertulisnya yang dibacakan Kak Bustami.

KPL Tingkat Nasional ini dilaksanakan selama sepekan, berakhir pada Ahad, 29 Oktober 2023 mendatang. Pesertanya selain dari Kwarcab di Kwarda Riau, kecuali Kwarcab Kuantan Singingi dan Rokan Hilir yang tidak mengirimkan pesertanya, juga diikuti kakak-kakak yang telah mengikuti Kursus Pelatih Pembina Pramuka Tingkat Dasar (KPD) berasal dari Kwada Jambi, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Jawa Timur dan Sulawesi Tengah.

Kepala Bagian (Kabag) Kurikulum di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Nasional (Pusdiklatnas) Kak Muhammad Iqbal mengatakan, prinsipnya KPL ini pelatihan paripurna, pelatihan terakhir, selain ini tidak ada lagi pelatihan bagi kakak-kakak pelatih.

”KPL ini adalah pendidikan tertinggi bagi para pelatih sehingga diharapkan benar-benar mereka menjadi corong kita dalam memberikan perubahan-perubahan di kwartir cabangnya masing-masing. Dengan membuat konsep-konsep kekinian di dunia pelatihan, intinya bagaimana mereka bisa merubah paradigma baru. Adik-adik kita dan pembina-pembina kita mereka sudah generasi baru, mereka perlu pembaharuan-pembaharuan yang kita siapkan," kata Kak Iqbal yang juga menjadi Pelatih dalam KPL ini kepada potretnews.com, Selasa (24/10/2023).

Menjawab pertanyaan jurnalis media ini, Kak Iqbal menerangkan menurut Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) RI, selain Kebhinekaan Indonesia juga ada Kebhinekaan Global.

"Misalnya di sini Bengkalis dekat dengan Malaka bisa dilakukan kegiatan berkemah bersama, ini akan menyadarkan adik-adik kita bahwa kondisi negara bertetangga seperti apa, bisa dimanfaatkan. Tentunya ini tugas dari para pelatih yang mengikuti KPL pada hari ini, para Pembina Pramuka (yang sudah ikut Kursus Pembina Pramuka Tingkat Dasar/ KMD dan KML) yang endingnya mempersiapkan adik-adik mereka di Gugus Depan (Gudep) masing-masing," terang Kak Iqbal di akhir wawancara.***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww