Buka Sosialisasi, Bupati Kasmarni Perintahkan Disbun, Camat, dan Kades Bantu Pekebun Sawit Dapatkan Bantuan BPDP-KS

Buka Sosialisasi, Bupati Kasmarni Perintahkan Disbun, Camat, dan Kades Bantu Pekebun Sawit Dapatkan Bantuan BPDP-KS
Senin, 23 Oktober 2023 22:21 WIB
Junaidi Usman

SIAKKECIL, POTRETNEWS.com — Bupati Bengkalis Kasmarni instruksikan Dinas Perkebunan (Disbun), camat, kepala desa, UPT, PPL, dan stakeholder terkait lainnya untuk membantu petani perkebunan sawit rakyat yang ada di Kabupaten Bengkalis khususnya di Kecamatan Siakkecil untuk mendapatkan bantuan sarana dan prasarana serta bantuan peremajaan sawit rakyat, yang dibiayai oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS).

Melalui program tersebut bisa mendukung pembangunan ekonomi petani pekebun dan daerah serta Indonesia secara keseluruhan. Apalagi di Kabupaten Bengkalis ini memiliki hamparan perkebunan sawit rakyat yang sangat luas dan potensial untuk dikembangkan agar lebih maju dan produktif.

Demikian disampaikan Bupati Kasmarni dalam arahannya saat membuka Sosialisasi Pemanfaatan Dana BPDP-KS Untuk Pembangunan/Pengelolaan Perkebunaan Sawit Terhadap Petani Pekebun di Kecamatan Siakkecil, Senin (23/10/2023) bertempat di Gedung Serbaguna Ismail Yusuf Kantor Kecamatan Siakkecil.

Kegiatan sosialisasi tersebut dilakukan oleh PKS PT Sumbermas Mutiara Agro bekerja sama dengan Dinas Perkebunan Kabupaten Bengkalis.

Ditambahkan Kasmarni bahwa saat ini pemerintah melalui Permentan Nomor 19 Tahun 2023 telah memberikan peluang yang seluas-luasnya kepada petani pekebun sawit rakyat untuk mendapatkan bantuan sarana dan prasarana perkebunan kelapa sawit dan bantuan peremajaan sawit rakyat yang dibiayai oleh BPDP-KS.

”Untuk tahun 2023 ini saja, pemerintah melalui sumber dana BPDP-KS telah menyediakan alokasi lima paket kegiatan, diantaranya 150 hektar untuk jenis bantuan intensifikasi, 100 hektar untuk pembangunan jalan produksi, 1 unit alat transportasi, 2 sertifikat ISPO dan 1 alat pasca panen. Makanya, kepada kelompok tani (Poktan) untuk mengejar program ini dan kepada stakeholder terkait agar membantu petani pekerbun sawit rakyat untuk mendapatkan program ini dengan baik dan serius, guna meningkatkan produksi dan produktivitas kebun rakyat agar lebih berkembang dan maju dalam meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan petani,” kata bupati.

Hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Daerah dr Ersan Saputra TH, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Toharudin, Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Bengkalis Muhammad Azmir, Pejabat Tinggi di lingkup Pemkab Bengkalis, Camat Siakkecil Syahnan Ady Kusuma, Camat Bandarlaksamana Ade Suwirman, Camat Bukitbatu Acil Esyno, Direktur PT Sumbermas Mutiara Agro Hendri serta undangan lainnya.***

wwwwww