Dari Kertanegara, Prabowo Umumkan Gibran Rakabuming Raka Jadi Cawapres Pendampingnya di Pilpres 2024

Dari Kertanegara, Prabowo Umumkan Gibran Rakabuming Raka Jadi Cawapres Pendampingnya di Pilpres 2024

Prabowo Resmi Umumkan Gibran jadi pendamping cawapres.

Minggu, 22 Oktober 2023 20:13 WIB

JAKARTA, POTRETNEWS.com — Akhirnya Prabowo Subianto mengumumkan putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, sebagai bakal calon wakil presidennya, Ahad (22/10/2023) malam.

Pengumuman ini dilakukan usai semua ketua umum partai politik di Koalisi Indonesia Maju (KIM) menggelar rapat di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

”Baru saja Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang terdiri dari delapan partai politik, yang dihadiri lengkap oleh ketum masing-masing dan sekjen masing-masing kita telah berembug secara final, secara konsensus, seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai capres Koalisi Indonesia Maju untuk 2024-2029 dan saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden," ujar Prabowo dalam jumpa pers di kediamannya, Minggu melansir dari Kompas.com. 

Sebelumnya, Partai Golkar mengumumkan secara resmi dukungan mereka kepada Gibran untuk menjadi cawapres Prabowo Subianto melalui rapat pimpinan nasional (rapimnas) yang diselenggarakan pada Sabtu (21/10/2023) kemarin.

"Berdasarkan hasil pertemuan dengan ketua DPD tadi malam, semuanya konsensus mengusulkan dan mendukung Mas Gibran untuk kita pasangkan dengan Pak Prabowo sebagai bakal capres RI," kata Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Sabtu.

Usai resmi diusung, Gibran menyatakan akan mengkoordinasikan hasil rapat pleno satu dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) II Partai Golkar dengan Prabowo. Adapun hasil rapat pleno kesatu Rapimnas Partai Golkar mengusulkan Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Prabowo Subianto.

”Untuk selanjutnya akan kami koordinasikan, akan kami tindaklanjuti bersama dengan Pak Prabowo," kata Gibran di DPP Partai Golkar, Palmerah, Jakarta Barat, Sabtu (21/10/2023).

Tak lupa, Gibran mengucapkan terima kasih kepada Partai Golkar atas hasil Rapimnas II tersebut. Baca juga: Profil Gibran Rakabuming, Putra Sulung Jokowi yang Diusung Golkar Jadi Bakal Cawapres Prabowo "Saya ucapkan terima kasih kepada keluarga besar Golkar, saya sangat mengapresiasi hasil Rapimnas pada siang hari ini," ujarnya.

Gibran Siap Disanksi PDIP

Siap jadi calon wakil presiden Prabowo Subianto, Gibran Rakabuming Raka sudah mempersiapkan segala risiko. Salah satunya Gibran siap mendapatkan sanksi dari partai PDI Perjuangan dipimpin Megawati Soekarnoputri

"Siap, ya. Makasih, ya," kata Gibran di Tugu Proklamasi Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (21/10/2023) melansir dari Wartakotalive.com. 

Meski demikian, hingga saat ini, belum ada kepastian soal status Gibran Rakabuming Raka sebagai kader partai berlambang banteng moncong putih itu. Setelah didukung resmi Partai Golkar menjadi cawapres Prabowo Subianto, Gibran pun gerak cepat. Selama keberadaannya di Jakarta, Gibran sudah menemui ketua umum PAN Zulkifli Hasan.

Gibran juga dikabarkan telah bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) Demokrat, Herzaky Mahendra Putra membenarkan ada pertemuan antara Gibran Rakabuming dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). "Iya baru saja selesai (pertemuannya)," kata Herzaky dihubungi Ahad (22/10/2023).

Ketika ditanya apakah pertemuan tersebut terkait Gibran izin kepada AHY untuk jadi cawapres Prabowo, Herzaky enggan menjawab hal tersebut. ”Sementara itu saja yang bisa kami sampaikan," tegasnya.

Diberitakan Kompas.com, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) telah selesai bertemu dengan putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka di kediamannya di Jalan Prapanca Raya, Jakarta Selatan. Akan tetapi, keduanya enggan membocorkan isi pertemuan tersebut.

Pantauan di lokasi, Ahad (22/10/2023), AHY dan Gibran keluar dari rumah sekitar pukul 09.26 WIB. Ini artinya mereka berdua bertemu selama 1 jam. Gibran dan AHY terlihat melambaikan tangan kepada awak media usai bertemu. Lalu, mereka juga berjabat tangan. Namun, keduanya enggan berbicara kepada awak media perihal pertemuan itu.

Sebelumnya, Rapimnas Partai Golkar resmi mendukung Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjadi calon wakil presiden (cawapres) yang menjadi pendamping Prabowo Subianto di pemilihan presiden (pilpres) 2024.

Adapun Rapimnas Golkar digelar di Kantor DPP Golkar, Jalan Anggrek Neli, Jakarta Barat pada Sabtu (21/10/2023) Putusan itu dibacakan langsung oleh Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadizly. "Rapimnas II Partai Golkar 2023 menimbang dan seterusnya, mengingat dan seterusnya, memperhatikan dan seterusnya, arahan dan persetujuan Rapimnas," kata Ace.

"Pertama, menetapkan, mendukung, mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden periode 2024-2029. Kedua, menetapkan, mendukung, mengusung, Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal cawapres dari Partai Golkar periode 2024-2029," jelasnya.

Sebelumnya, Presiden ke-6 sekaligus Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan dirinya mendapat informasi bahwa putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka ingin menemui dirinya dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

SBY menduga Gibran ingin bertemu dalam rangka membahas pencalonannya sebagai cawapres dari bakal capres Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto.

”Tiga hari ini saya ada di Jateng. Saya dapat info, Mas Gibran ingin temui saya dan AHY. Mungkin terkait pencalonan Mas Gibran sebagai cawapres," tulis SBY dalam akun resmi Twitter-nya (sekarang X), Sabtu (21/10/2023).

Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra telah memberi izin kepada Kompas.com untuk mengutip pernyataan SBY tersebut.

SBY menjelaskan, hubungan antara dirinya dan Gibran sejauh ini baik-baik saja. Akan tetapi, SBY menegaskan keputusan cawapres berada di tangan Prabowo sebagai capres.
”Silaturahmi Mas Gibran dengan saya dan AHY itu baik. Namun, urusan cawapres sepenuhnya menjadi kedaulatan dan kewenangan Pak Prabowo," imbuhnya.

Sebelumnya, Partai Golkar mengumumkan secara resmi dukungan mereka kepada Gibran untuk menjadi cawapres Prabowo melalui rapat pimpinan nasional (rapimnas) yang diselenggarakan pada Sabtu (21/10/2023) kemarin.

”Berdasarkan hasil pertemuan dengan ketua DPD tadi malam, semuanya konsensus mengusulkan dan mendukung Mas Gibran untuk kita pasangkan dengan Pak Prabowo sebagai bakal capres RI," kata Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Sabtu.

Usai resmi diusung, Gibran menyatakan akan mengoordinasikan hasil rapat pleno satu dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) II Partai Golkar dengan Prabowo.

Adapun hasil rapat pleno kesatu Rapimnas Partai Golkar mengusulkan Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Prabowo Subianto. "Untuk selanjutnya akan kami koordinasikan, akan kami tindaklanjuti bersama dengan Pak Prabowo," kata Gibran di DPP Partai Golkar, Palmerah, Jakarta Barat, Sabtu (21/10/2023).

Tak lupa, Gibran mengucapkan terima kasih kepada Partai Golkar atas hasil Rapimnas II tersebut. "Saya ucapkan terima kasih kepada keluarga besar Golkar, saya sangat mengapresiasi hasil Rapimnas pada siang hari ini," ujarnya.

Pernyataan Jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi terkait putranya Gibran Rakabuming Raka yang diusung menjadi calon wakil presiden (cawapres) oleh sejumlah partai politik di Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Jokowi menyampaikan bahwa tugas orang tua hanya mendoakan dan merestui saja. "Ya orang tua itu hanya tugasnya mendoakan dan merestui," kata Jokowi pada Ahad (22/10/2023). Ia juga menambahkan, jika anak-anaknya kini sudah dewasa sehingga ia tak ingin lagi mencampuri segala urusan dan keputusan yang mereka buat.

"Keputusan semuanya karena sudah dewasa, jangan terlalu mencampuri urusan yang sudah diputuskan anak-anak kita," ujar Jokowi.

Di samping itu Jokowi juga tak mempersoalkan urusan Gibran yang diusung menjadi cawapres oleh kelompok tertentu.

Ia pun menyarankan Gibran untuk langsung bicara kepada partai politik, karena menurutnya hal itu bukan kewenangan dari presiden. "Tanyakan ke partai politik, itu wilayahnya partai politik atau koalisi prtai politik atau gabungan partai politik, bukan urusan presiden," ujar Jokowi.

Prabowo Subianto Sudah Izin Presiden Jokowi Terkait Deklarasi Gibran jadi Cawapres

Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus bakal calon presiden Prabowo Subianto mengakui jika sudah izin kepada Presiden Joko Widodo alias Jokowi untuk menunjuk Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menjadi cawapresnya.

Prabowo pun mengatakan, nama Gibran menjadi cawapres merupakan usulan dari partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM). Karena itu, Prabowo menyampaikan usulan itu langsung kepada Jokowi.

"Ya tentunya sebagai orang Indonesia yang adat budaya kita tentunya pasti kita menyampaikan keinginan dari partai-partai dan usulan kita," tutur Prabowo di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (22/10/2023).

Prabowo menjelaskan, jika Jokowi menyerahkan sepenuhnya keputusan maju atau tidaknya kepada Gibran. Karena, menurut Prabowo, Jokowi tidak akan menahan putra sulungnya tersebut.

"Beliau bilang terserah Pak Wali, kan sudah dewasa kalau Pak Wali bersedia, ya beliau pasti tidak menahan kira-kira begitu,"imbuhnya.***

Editor:
Abdul Roni

Kategori : Politik
wwwwww