Home > Berita > Umum

Kepala Sekretariat dan Bendahara Panwaslu se-Kabupaten Bengkalis Dilatih Menyusun Laporan Keuangan

Kepala Sekretariat dan Bendahara Panwaslu se-Kabupaten Bengkalis Dilatih Menyusun Laporan Keuangan
Kamis, 19 Oktober 2023 23:02 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bengkalis selama tiga hari sejak 18 sampai 20 Oktober 2023 ini menaja kegiatan Fasilitasi dan Pembinaan Aparatur Pengawas Pemilu Dalam Rangka Penyelesaian Laporan Keuangan (RDP) bagi Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Bengkalis.

Kegiatan yang dipusatkan di aula salah satu hotel di Bengkalis ini secara resmi dibuka Anggota Bawaslu Bengkalis Andi Setiawan.

Andi yang juga Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi dan Diklat Bawaslu Bengkalis dalam pengarahannya saat membuka kegiatan yang diikuti para Kepala Sekretariat, Bendahara Pengeluaran Pembantu (BPP), dan staf keuangan Panwaslu kecamatan se-Kabupaten Bengkalis menegaskan, kegiatan ini penting dilaksanakan, yakni guna memberikan pemahaman yang benar terkait pengelolaan keuangan serta penyusunan laporan di Panwaslu kecamatan.

”Kegiatan ini perlu dan penting dilaksanakan, terutama bagi para bendahara maupun staf pengelola keuangan di Panwaslu kecamatan dalam rangka mempersiapkan diri dalam menyusun laporan keuangan dengan baik, termasuk bagaimana mengisi buku kas umum, buku kas tunai, buku bank, pajak, dan lain sebagainya,” kata Andi Setiawan.

Lebih lanjut dikatakan Andi, pria yang sebelum ini juga telah lama berkecimpung sebagai staf keuangan di Bawaslu Kabupaten Bengkalis menambahkan, setiap Panwaslu kecamatan memang dituntut agar dapat menyusun laporan keuangan sebagai bentuk pertanggungjawaban dalam pengelolaan keuangan (anggaran) yang diterima dengan baik dan benar. Hal ini merupakan salah satu syarat dalam pelaporan yang nantinya juga menjadi syarat bagi bagian Keuangan Bawaslu Bengkalis dalam menyampaikan laporan pertanggungjawaban kepada provinsi.

”Melalui kegiatan ini diharapkan para peserta dapat mengikutinya dengan baik, mulai dari awal hingga akhir. Pahamilah segala aturan maupun prosedur dalam penyusunan laporan keuangan, sehingga nantinya dapat dilaksanakan dan diterapkan dengan sebaik-baiknya,” imbuh Andi Setiawan lagi seraya mengatakan jika dalam kegiatan ini pihaknya mendatangkan sejumlah narasumber dari internal Bawaslu Bengkalis dan Bawaslu Provinsi Riau.

Selain Andi Setiawan, acara pembukaan kegiatan tersebut juga dihadiri Koordinator Sekretariat Bawaslu Bengkalis M Sarbini, BPP Bawaslu Bengkalis Supriyadi, serta staf sekretariat.***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww