Home > Berita > Umum

Sedikit Kupasan Hari Pangan Sedunia Tajaan Dinas Ketahanan Pangan Bengkalis

Sedikit Kupasan Hari Pangan Sedunia Tajaan Dinas Ketahanan Pangan Bengkalis

Kadis Ketahanan Pangan Susy Hartati, Kabid Distribusi dan Cadangan Pangan Hj Yana Susilayeni saat live streaming bersama wartawan media ini, Senin (16/10/2023).

Selasa, 17 Oktober 2023 22:18 WIB
Junaidi Usman
BENGKALIS, POTRETNEWS.com —Sempena Hari Pangan Sedunia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis melalui Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM), Senin (16/10/2023). Dari pantauan potretnews.com terhadap kegiatan yang digelar di halaman kantor dinas Jalan Antara, Bengkalis Kota ini didapatkan data harga beras SPHP (Stabilitas Pasokan Harga Pangan) Rp55.000 per goni isi 5 kilogram (kg) atau Rp11.000 per kg. Dari stok 3 ton yang disiapkan dan hanya 10 kg bisa dibeli per orang, jika habis ditambah kembali. Kemudian, harga Kol 6.000 per kg, cabe merah Rp32 ribu per kg, buncis Rp12 ribu per kg. Selanjutnya, tomat Rp10 ribu, bawang merah Rp20 ribu, keledek 6.000 per kg.

Selain bahan pangan di atas, juga dijual sebanyak 300 papan telor harga Rp46 ribu, cabe Rp32 ribu, bawang Jawa Rp20 ribu, terong, wortel, cabe rawit, serta UMKM yang menjual jajanan sehat tentunya diolah dengan bahan pangan lokal karena memang tugas Dinas Ketahanan Pangan harus membudayakan pangan-pangan lokal supaya para petani sejahtera dan masyarakat sehat.

Berbagai produk UMKM, PKK, UPPKA, di antaranya Toko PKK Kemboja UP2K PKK Kelurahan Kota Bengkalis, BUMDes Kualaalam, juga dari BRI Cabang Bengkalis yang mempermudah masyarakat yang berbelanja dengan membayar tanpa uang tunai, cukup melakukan scan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard).

GPM yang digelar belum mendapatkan dana dari pemkab tetapi pihak Dinas Ketapang berusaha dan berupaya untuk mendapatkan dana agar program nasional ini bisa dilaksanakan di Kabupaten Bengkalis karena ini adalah urusan wajib dan tugas pemerintah daerah bagaimana menyediakan bahan pangan bagi masyarakat dalam harga yang terjangkau namun tetap berkualitas.

Kegiatan GPM yang berkolaborasi dengan distributor yang masih punya hati mau memberikan harga distributor untuk masyarakat.

”Yang penting mereka bisa berbuat amal itu kata mereka kepada saya yang tidak mencari untung yang selama ini mereka berjualan tidak pernah memikirkan amal ini sangat-sangat support karena di sinilah kami melakukan amal dan yang selama ini tidak pernah kami lakukan," kata Hj Yana Susilayeni, Kepala Bidang (Kabid) Distribusi dan Cadangan Pangan bersama Kadis Ketapang Susy Hartati saat live streaming di kanal YouTube milik pribadi jurnalis media ini.

Kadis Ketapang Susy Hartati mengimbau masyarakat luas untuk memanfaatkan momen Gerakan Pangan Murah yang juga ingin dilakukan dinas ini di banyak tempat di Kabupaten Bengkalis.

”Mudah-mudahan didukung oleh desa-desa, kecamatan-kecamatan, kita bisa menekan harga sehingga tidak terjadi inflasi yang lebih tinggi terutama harga beras yang lumayan mahal. Kita ada Perum Bulog, silakan bagi desa atau kecamatan tadi untuk melakukan koordinasi dengan Dinas Ketahanan Pangan supaya kami bisa melakukan yang terbaik untuk masyarakat karena kita adalah sama, wajib memenuhi kebutuhan-kebutuhan bahan pokok masyarakat dengan harga yang terjangkau," ujar Kadis Susy Hartati.
Dinas Ketapang Kabupaten Bengkalis, selain GPM masih ada bermacam-macam program.

”Ada pemantauan harga pasar, menyiapkan cadangan pangan pemerintah yang saat ini disiapkan 10 ton untuk kondisi-kondisi alam yang luar biasa di mana 4,6 ton sudah dicairkan ketika Kecamatan Siakkecil mengalami bencana alam banjir pada akhir tahun 2022 dan awal tahun 2023 ini. Kita juga berharap bisa berkolaborasi bersama dalam kualitas pangan masyarakat yaitu pangan yang beragam bergizi seimbang dan aman. Kita juga baru saja melakukan program kegiatan makan pangan lokal untuk sekolah dan usia dini di Desa Lubukgaung Kecamatan Siak Kecil, selanjutnya program ini akan dilaksanakan di Kecamatan Talang Muandau dengan berkolaborasi bersama PKK, dharma wanita, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, tim stunting bersama-sama mengentaskan atau menurunkan stunting di kabupaten ini dengan memberikan yang terbaik melalui tupoksi masing-masing," ujar Kadis Susy yang disambung dengan kalimat dari jurnalis "Langkah Serentak Dayung Serempak lalu ditanggapi Kadis Susy, "Bukan sendiri kita bisa hebat tetapi bersama kita jadi hebat," tuturnya seraya menambahkan kegiatan tersebut merupakan terobosan dan ibadah untuk bersama-sama memajukan daerah ini dengan semboyan Bengkalis Bermasa, Bermarwah, Maju, dan Sejahtera.

"Bersinergi bersama, membangun Bengkalis kita cintai bersama-sama. Kami, Dinas Ketahanan Pangan membuka tangan untuk berpartisipasi bersama. Yuk kita bersama-sama saling bahu-membahu," ajak Kadis Susy Hartati. Menjawab pertanyaan dan harapan dua jurnalis dari Kecamatan Bantan dan Bengkalis, kegiatan serupa terang Kadis Susy juga akan dilaksanakan di Desa Muntai dan Kecamatan Bantan.
Kemudian, HET (harga eceran tertinggi) beras SPHP jika di sekitar Bengkalis Kota 11.000 per kg, maka jika jaraknya jauh HET-nya 11.500. Pada pagi saat membuka GPM ini, Bupati Kasmarni mengatakan bahwa GPM ini merupakan langkah kongkret Pemkab Bengkalis untuk memberikan akses kepada masyarakat agar bisa mendapatkan bahan pangan yang berkualitas, murah dan terjangkau dari harga pasar.

”Kegiatan GPM yang kami laksanakan ini karena kami peduli dengan kondisi perekonomian masyarakat saat ini yang memang sedang mengalami pukulan berat, dampak dari inflasi, sehingga berpengaruh pada kenaikan harga kebutuhan bahan pangan, yang sudah pasti sangat membebani dan menyebabkan berkurangnya daya beli masyarakat,” ucapnya dengan harapan kegiatan tersebut dapat menjadi media bagi pemkab dalam menjamin ketersediaan bahan pangan pokok, sekaligus sebagai salah satu upaya pemkab dalam menstabilkan harga bahan pangan pokok di tengah-tengah masyarakat.

Pada kesempatan GPM ini, Bupati Kasmarni juga menerima bantuan cadangan pangan pemerintah tahap II kepada Kabupaten Bengkalis berupa beras 10 Kg/KPM selama 3 bulan total 25.058 KPM dari Bulog Perwakilan sebagai vendor badan pangan nasional menyerahkan bantuan CPP cadangan pangan Pemerintah ke Kabupaten Bengkalis dan dilanjutkan menyerahkan secara simbolis dari Bupati Kasmarni ke masyarakat yang menerima bantuan tersebut.***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww