Home > Berita > Umum

Gugus VIII Guru PAI Kecamatan Bengkalis Taja Peringatan Maulid

Gugus VIII Guru PAI Kecamatan Bengkalis Taja Peringatan Maulid

Sekretaris Dinas Pendidikan Muthu Saily memberikan sambutan (atas), para undangan yang hadir (bawah) Peringatan Maulid Nabi tajaan G-PAI Gugus VIII, Sabtu (14/10/2023).

Senin, 16 Oktober 2023 07:12 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Menjalankan program kerja Gugus VIII Guru-Pendidikan Agama Islam (G-PAI) Kecamatan Bengkalis, dilaksanakanlah Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 Hijriah, Sabtu (14/10/2023).

Disepakati tempat pelaksanaan kegiatan dengan tema Melalui Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H/2023 M, Kita Teladani Akhlaknya Untuk Meningkatkan Profesionalisme, Menebar Empati, dan Memperkuat Silaturahmi Guru di Gugus VIII Kecamatan Bengkalis di SDN 16 Bengkalis Dusun Kampung Parit, Pangkalan Batang Barat, Bengkalis.

Dikatakan mubalig yang menyampaikan tausiyah Ustaz H Zulkifli Yahya kenapa Abrahah ingin menghancurkan Ka'bah karena iri Kakbah bangunannya hitam, segi empat tapi tidak pernah absen dikunjungi orang-orang, tidak pernah berhenti di tawaf, sementara Abrahah sudah membangun bangunan Al Qullais yang sangat tinggi, banyak memakan biaya tetapi orang tetap mengunjungi Kakbah. Abrahah lalu ke Mina, dimana dia bukan saja ingin menghancurkan Kakbah tetapi juga merampas kekayaan orang Mekah, di antaranya 200 ekor unta milik Abdul Muthalib kakek Rasulullah SAW. Menjalankan program kerja Gugus VIII Guru-Pendidikan Agama Islam (G-PAI) Kecamatan Bengkalis, dilaksanakanlah Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 Hijriah, Sabtu (14/10/2023).

Abdul Muthalib mempersilakan Abrahah menghancurkan Ka'bah tetapi untanya dikembalikan kepadanya. Hal ini membuat Abrahah heran karena tidak melarangnya menghancurkan Ka'bah.

"Wahai Abrahah, onta ini milik aku dan aku lah yang menjaganya tetapi Ka'bah itu ada Tuhan yang melindunginya yaitu Robbul Baitil Atiq," jawab Abdul Muthalib.

Di antara bacaan ayat suci Alquran oleh Alfiansyah Akbar sebut Ustaz Zulkifli berarti Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu. Selain itu, terang ustaz imam di Masjid Agung Istiqomah ini, makna Maulid ada dua, yang pertama Daar Maulid Nabi tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW dan Maulid Nabi tempat kelahiran Baginda Nabi.

Berbagai penampilan mengawali acara ini, Berzanji oleh guru SDN 14 dan 42 yaitu Latifah dan Buk Susilawati, Tarian Zapin dari SDN 12 Bengkalis, serta pidato singkat yang disampaikan dai cilik pelajar SDN 13 Bengkalis.

"Mari kita sama-sama meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT, senantiasa bersholawat kepada nabi serta berusaha meneladani akhlak mulia Nabi Muhammad SAW karena sesungguhnya Rasulullah SAW adalah suri tauladan kita semua," terang sang dai cilik,Yasmin Almunawwaroh.

Penampilan Sholawat dari SDN 15 Bengkalis di bawah binaan Rohani tampil menggetarkan hati. Acara dirangkai dengan penyerahan cendramata kepada kepala sekolah/ pengawas dari Gugus VIII.

Kepala Dinas Pendidikan yang diwakili Sekretaris Muthu Saily setelah selesainya acara melalui media ini berharap kegiatan serupa bisa dilaksanakan di gugus-gugus lainnya yang ada di Kabupaten Bengkalis.

"Karena tidak hanya di momentum Maulid Nabi Muhammad SAW saja tetapi juga di acara-acara atau pun kegiatan-kegiatan lain bisa dilaksanakan karena menjadi sarana bagi anak-anak kita untuk menampilkan potensi-potensi yang mereka miliki selama ini," harapnya.

Saat dimintakan tanggapannya tentang informasi yang disampaikan Ustadz H Zulkifli bahwa sekarang bagi penghafal Al-Qur'an, Pemkab Bengkalis tengah mempersiapkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan, "Memang betul itu terkait dengan program unggulan Bupati kita Ibuk Kasmarni dan Wakil Bupati Pak Bagus Santoso, beasiswa untuk anak-anak Tahfiz Insya Allah secepatnya akan dilaksanakan dan kita tunggu sajalah informasi lebih lanjut karena ini merupakan gawe dari Bagian Kesra Setda Kabupaten Bengkalis," pungkasnya di akhir wawancara.

"Harapan saye sebagai Ketua Gugus VIII Kecamatan Bengkalis melalui kegiatan ini, mari kite teladani akhlak Nabi Muhammad SAW, meningkatkan profesional guru, kemudian menjalin silaturahmi sesame guru dan yang paling penting adelah meningkatkan prestasi siswa dan menjadikan siswa kite berakhlak mulia, mengikuti akhlak Nabi Muhammad SAW. Harapan kedepannye melalui Gugus VIII, besame-same bergerak menyebarkan dan menerapkan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) sehingge pendidikan di Kabupaten Bengkalis menjadi lebih baik," harap Ketua Gugus VIII Rolas Wahyudi.

Menurut Rolas, Beasiswa Tahfiz merupakan program yang sangat baik dari Pemkab Bengkalis. "Kami sangat mengapresiasi dan menghargai kedepan bagaimane anak-anak kite, kite laksanakan kegiatan yang berbasis Alquran sehingge anak-anak kite lebih dekat dan mengamalkan Alquran sehingge prestasi dan mase depan mereka menjadi lebih baik dan menjadi generasi muda yang membangun Kabupaten Bengkalis," ujarnya.

Acara yang dirangkai dengan penyerahan cendera mata kepada kepala sekolah/ pengawas yang telah purna bakti dan mutasi di Gugus VIII ini juga dihadiri Koordinator Kecamatan (Korcam) Pendidikan, Pengawas, Kades, komite sekolah, dan undangan lainnya.***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww