Home > Berita > Umum

Ini Separuh Kupasan dari OLSN Jenjang SMP Tingkat Kabupaten Bengkalis

Ini Separuh Kupasan dari OLSN Jenjang SMP Tingkat Kabupaten Bengkalis

Para pemenang 5 cabang lomba foto bersama dengan Kasi Musa Ismail dan sebagian dewan juri, Rabu (11/10/2023). (F-POTRETNEWS.com/JUNAIDI USMAN)

Kamis, 12 Oktober 2023 01:09 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Tepat pukul 09.16, Olimpiade Literasi Siswa Nasional (OLSN) Jenjang SMP Tingkat Kabupaten Bengkalis resmi ditutup Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik), Rabu (11/10/2023).

Kadis Pendidikan yang diwakili Kepala Seksi (Kasi) Peserta Didik dan Pembinaan Karakter Bidang SMP Musa Ismail dalam sambutannya dalam kegiatan yang mengangkat tema "Pembinaan Minat, Bakat, dan Kreativitas Siswa SMP" ini berpesan kepada guru pendamping untuk terus dan bergerak membimbing para siswa memajukan literasi, baik literasi bahasa maupun literasi vokasi. Tak perlu lagi menunggu apakah kegiatan serupa ini akan dilaksanakan atau dilombakan ataupun tidak yang penting tumbuh dan kembangkan saja talenta anak-anak peserta didik.

"Insya Allah, kalau pun tidak ada event secara resmi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Ristek RI akam dilaksanakan oleh lembaga-lembaga lain. Selanjutnya buatlah program-program dengan memanfaatkan dana BOS, baik itu BOS Reguler, BOS Kinerja Sekolah Penggerak, BIS Kinerja Prestasi, dan BOS Kinerja Berkemajuan Baik. Buatlah program-program yang berkaitan dengan pembinaan-pembinaan dan kemajuan sekolah kita. Ini sangat penting untuk meningkatkan prestasi sekolah kita sebab pemerintah sekarang sudah melihat dan memberi penghargaan kepada sekolah-sekolah yang berprestasi, sebagai contoh saat ini sudah ada BOS Sekolah Berprestasi terhadap prestasi-prestasi, baik di tingkat kabupaten, provinsi, nasional bahkan internasional," ujar Musa Ismail.

"Kepada anak-anak kami, ajang OLSN ini bukanlah ajang untuk memilih tetapi kita harus memilih dari yang baik ke yang terbaik. Semua anak-anak kami yang ada di sini merupakan juara-juara yang baik di tingkat kecamatan sehingga diutus ke tingkat kabupaten. Di tingkat kabupaten para dewan juri harus memilih memilih siapa yang terbaik dari sekian yang baik itu. Kata Sekretaris kemarin dalam pantunnya yang menang Alhamdulillah, yang kalah jangan bersedih. Masih banyak peluang-peluang yang lain yang bisa kita ikuti, masih banyak potensi-potensi lain yang bisa kita gali terhadap diri kita sendiri di sekolah, di masyarakat, dan sebagainya," pungkasnya seraya menyampaikan ucapan terima kasih kepada dewan juri, guru pendamping, dan seluruh peserta OLSN ini.

Ketua Dewan Juri SPN Musrial Mustafa pun membacakan SK Panitia OLSN Nomor 05/Disdik-SMP/2023 tentang Pemenang OLSN Jenjang SMP Tingkat Kabupaten Bengkalis Tahun 2023 yang dinanti seluruh utusan OLSN Jenjang SMP dengan hasil sebagai berikut:

1. Menulis Puisi, Juara I diraih Dinda Safa Qarera dari SMPN 1 Bukit Batu, Juara II Hanyska dari SMPN 3 Rupat Utara, dan Juara III Aufia Nabila siswi SMPN 2 Bantan.

2. Baca Puisi Juara I direbut Yosy Septi Ramadani dari SMPN 3 Bengkalis, Juara II Muhammad Abdillah Deriansyah dari SMPS IT Mutiara Pinggir, dan Dwi Syifa dari SMPN 3 Rupat berhasil pada posisi Juara III.

3. Menulis Cerpen Juara I jatuh kepada Nitisara Dayu Cetta dari SMPS Cendana Mandau, Juara II diraih Jumratol Soleha dari SMPN 4 Bengkalis, serta Rizki Ramdhani dari SMP IT Al Hidayah Bukit Batu pada posisi Juara III.

4. Berbalas Pantun Juara I direbut regu Putri Miftahul Rahmi, Teresa Bungaoza, Kurnia Juwanda dari SMPN 3 Bantan, Juara II regu Vania Putri Lumban Batu, Nabila Azzahra, Yohana Fransisca Sirait dari SMPN 1 Pinggir, dan regu Ahmad Ubaydillah, Muhammad Arif, Refan Yuanda Syafril dari SMPN IT Darunnajah Bathin Solapan berada di posisi Juara III.

5. Senandung SyairJuara I diraih Juwita dari SMPN 2 Bantan, Juara II Ramielia Zafiera Taufik dari SMPS Bequranic Bengkalis, dan Dede Hafizah dari SMPN 10 Mandau di posisi Juara III.

Penantian telah terjawab, seorang Ahmad Danis peserta Lomba Menulis Puisi dengan judul Rintihan Pulau dari SMPN 3 Rupat kepada media ini mengaku dengan ikut OLSN tadi jadi tahu kemampuan peserta lain dan dia akan tetap menulis puisi dan berharap akan jadi pemenang dalam even lainnya. Guru pembimbing yang mengajar mata pelajaran IPA berharap kepada pemerintah untuk tetap melaksanakan even ini di masa mendatang walaupun di tingkat lebih tinggi tidak dilaksanakan. "Untuk memotivasi anak-anak kite ini," katanya seraya menambahkan sepulangnya dari kegiatan ini akan melaksanakan komunikasi untuk melakukan pembinaan dalam ektra kurikuler dengan mengundang narasumber di Kota Bengkalis.

Aminah, Guru Pembimbing dan Pendamping di SMPN 1 Bukit Batu yang anaknye Juara I Menulis Puisi ini hanya membimbing dan anak mengembangkan sesuai dengan kemampuannya. "Mudah-mudahan ada (OLSN) Tingkat Provinsi Riau," harapnya didampingi Wakil Bidang Kesiswaan Tri Hartati yang kebetulan ada keperluan ke Bengkalis.

Acara penutupan dan pengumuman pemenang serta penyerahan hadiah, diawali dengan penampilan penyair Mohd Nasir yang telah menulis sekitar 10 buku karyanya didaulat untuk membacakan puisi berjudul Tiba-Tiba yang baru selesai ditulisnya tiga hari lalu. Menyusul SPN Musrial Mustafa berjudul Senandika Marcapada Melayu karya peserta OLSN Dinda Safa Qarera yang berhasil meraih Juara I dalam Lomba Menulis Puisi. Kemudian ND Juaii M Usna juga tampil dengan puisi Lambaian-Lambaian Bathin yang ditulisnya pada dinihari kala susah tidur di kamar hotel menghampiri. Sementara penyair Musa Ismail yang merupakan Ketua Panitia pula membacakan puisi berjudul Darah-Darah Sabilillah.***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww