Home > Berita > Umum

77 Peserta OLSN Jenjang SMP Tingkat Kabupaten Bengkalis Berjuang melalui 5 Cabang Lomba

77 Peserta OLSN Jenjang SMP Tingkat Kabupaten Bengkalis Berjuang melalui 5 Cabang Lomba

Sekretaris Dinas Pendidikan Muthu Saily saat diwawancarai awak media, Senin (9/10/2023) malam.

Selasa, 10 Oktober 2023 16:08 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Olimpiade Literasi Siswa Nasional (OLSN) Jenjang SMP Tingkat Kabupaten Bengkalis Tahun 2023 resmi dibuka Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik), Senin (9/10/2023).

Olimpiade dengan 5 cabang lomba yang terdiri dari; Lomba Senandung Syair, Berbalas Pantun, Menulis Cerita Pendek, Penulisan Puisi, dan Lomba Membaca Puisi diikuti oleh 77 peserta yang merupakan utusan 11 kecamatan di Kabupaten Bengkalis.

Para peserta yang didampingi masing-masing kecamatan 3 guru atau pelatih yang telah melatih, membina, dan mendampingi peserta yang akan berjuang untuk mengharumkan nama kecamatan masing-masing dalam lomba yang akan berlangsung selama 3 hari hingga berakhir pada Rabu (11/10/2023) esok.

Seramai 15 orang juri dari Dewan Kesenian Kabupaten Bengkalis (DKBB) akan melakukan penilaian dengan rincian 3 juri per cabang lomba yang digelar di dua aula hotel di Bengkalis Kota dengan total utusan seramai 110 orang dari 11 kecamatan tadi.

”Untuk informasi, OLSN tahun ini hanya bisa sampai di tingkat kabupaten (Bengkalis) karena untuk tingkat provinsi dan nasional tidak dilaksanakan lagi. Meskipun hanya dilaksanakan sampai tingkat kabupaten, kita berharap kepada peserta didik tetap semangat untuk mengikuti berbagai kegiatan sayembara seperti ini sebab tidak menutup kemungkinan kegiatan literasi ini tetap dilaksanakan di tingkat provinsi dan nasional meskipun dalam forum atau situasi atau tema yang berbeda. Insya Allah, kegiatan literasi itu tetap dilaksanakan karena sudah merupakan gerakan nasional," kata Ketua Panitia Musa Ismail kepada potretnwws.com, Senin (09/10/2023) malam setelah selesainya acara pembukaan.

Musa Ismail sang sastrawan dan budayawan ini mengungkapkan, 5 cabang lomba yang dilaksanakan dikhususkan kepada tema-tema yang berkaitan dengan kearifan lokal yang tetap mengutamakan dan mengangkat nilai-nilai kearifan lokal.

Sementara itu, Kadis Pendidikan yang diwakili Sekretaris Muthu Saily pula mengatakan, OLSN ini merupakan kegiatan tahunan rutin dan tergantung dari anggaran tapi Alhamdulillah, ini bisa dianggarkan terus setiap tahun, rutin di Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis.

”Kami berharap walaupun perlombaan ini hanya sampai tingkat kabupaten, ini bisa diikuti dengan serius oleh seluruh peserta karena hasil dari olimpiade ini merupakan gambaran dari rapor pendidikan Kabupaten Bengkalis. Jadi, kita bisa lihat gambarannya nanti seperti apa kira-kira untuk rapor pendidikan Kabupaten tahun depan," ujar Muthu Saily.

"Olimpiade ini akan menjadi pedoman bagi kami, kami akan lihat hasilnya seperti apa. Jika hasilnya kurang baik mungkin nanti di tahun depan akan jadi perhatian khusus bagi kami bagaimana upaya-upaya kami meningkatkan literasi dan numerasi di Kabupaten Bengkalis," bebernya di akhir wawancara.

Saat berita ini dikirimkan ke redaksi pada Selasa (10/10/2023) petang, Lomba Bersyair, Berbalas Pantun, Menulis Cerpen, dan Lomba Baca Puisi telah selesai dilaksanakan.

Sementara Lomba Menulis Puisi tengah berlangsung. Debar jantung peserta bersama guru dan pelatih untuk mengetahui perolehan juara, akan diumumkan pada Rabu pagi besok yang dilanjutkan dengan penyerahan hadiah. Setelah itu, sebanyak 100-an utusan tadi kembali ke kecamatan masing-masing tentunya dengan sebuah harap akan berbagi pengalaman kepada sejawat yang ditinggalkan dalam mengasah potensi diri, memanfaatkan Kurikulum Merdeka Belajar yang telah dilaksanakan sejak jenjang SD hingga lah perguruan tinggi.***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww