Bupati Bengkalis Kukuhkan 114 Bunda PAUD Kecamatan dan Desa/Kelurahan, Apresiasi Kepada 1000-an Peserta Jambore

Bupati Bengkalis Kukuhkan 114 Bunda PAUD Kecamatan dan Desa/Kelurahan, Apresiasi Kepada 1000-an Peserta Jambore
Jum'at, 06 Oktober 2023 09:00 WIB
Junaidi Usman
BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Bertempat di Lapangan Tugu Bengkalis, Bupati Bengkalis Kasmarni mengukukuhkan 114 Bunda PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) kecamatan dan desa/kelurahan se-Kabupaten Bengkalis Tahun 2023, Kamis (5/10/2023). Bupati Kasmarni selaku Bunda PAUD Kabupaten Bengkalis yang baru selesai mengikuti rangkaian acara HUT ke-78 TNI tahun 2023 tiba sekitar pukul 09.15 WIB mengenakan baju pink dan jilbab abu-abu didampingi Wakil Bupati Bengkalis H Bagus Santoso yang mengenakan baju merah disambut meriah oleh anak-anak PAUD dengan pengalungan bunga, pemberian bouquet, diiringi dengan tabuhan kompong menuju tempat pemotongan pelepasan balon yang diikuti oleh anak-anak PAUD.

Prosesi pengukuhan ini juga diawali dengan senam PAUD HI bersama, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars PAUD, diteruskan dengan pembacaan Surat Keputusan, pengukuhan Bunda PAUD Kabupaten Bengkalis yang dilanjutkan pembacaan naskah pengukuhan oleh Bupati Kasmarni dan pemasangan selempang Bunda PAUD Kecamatan oleh Bupati Kasmarni diikuti serentak oleh masing-masing Bunda PAUD desa/kelurahan masing masing kecamatan.

Usai pengukuhan, Bupati Bengkalis mengucapkan selamat dan tahniah kepada Bunda PAUD Desa/Kelurahan, yang baru saja dikukuhkan.

”Selamat dan tahniah kepada Bunda PAUD desa/kelurahan, kami harap, Bunda PAUD dapat terus meningkatkan kinerja dan perannya sebagai tokoh sentral gerakan nasional PAUD, guna mendorong peningkatan mutu pendidikan dan tenaga kependidikan PAUD, serta terus meningkatkan pengawasan, terutama yang terkait dengan proses pembelajaran dan bahan ajar, yang harus terbebas dari kekerasan fisik, radikalisme, pornografi, dan sara.

Lebih lanjut Bupati Kasmarni juga minta, kepada Bunda PAUD desa/kelurahan, segera bentuk dan kuatkan kelompok kerja layanan PAUD integratif serta jalankan program-program PAUD, terutama terkait metode pembelajaran PAUD yang menyenangkan, dengan membangun enam kemampuan fondasi anak-anak PAUD, yakni, mengenalkan nilai agama dan budi pekerti, keterampilan sosial, kematangan emosi, kematangan kognitif, pengembangan motorik dan pemaknaan terhadap belajar positif.

Turut hadir, Kapolres Bengkalis diwakili Kasat Binmas Polres Bengkalis AKP Jefri Antonius Purba, Ketua Umum DPH LAMR Datuk Seri H Sofyan Said, Staf Ahli Bupati Bengkalis Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan H Bustami HY, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bengkalis H Alfakhrurrazy, Kepala Dinas Pendidikan Hadi Prasetyo, Plt Kepala DLH Ed Efendi, Plt Kasat Pol PP Hengki Irawan SH, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Suwarto, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Drs Sufandi, Ketua TP PKK Hj Siti Aisyah, Danposal POS Bengkalis diwakili Pelda Mar Reza Helvetio serta Para guru dan anak-anak PAUD.

Setelah selesainya acara, di hadapan awak media Bupati Bengkalis Kasmarni mengatakan, bunda-bunda PAUD yang baru dikukuhkan pada hari ini sebenarnya mereka hanya meneruskan dari bunda PAUD yang terdahulu.

”Kami berharap agar menjalankan program kerja yang telah dibuat sebelumnya dan kami berharap mudah-mudahan kinerja bunda PAUD yang baru ini akan lebih baik dan lebih bagus lagi tentu saja untuk kemajuan anak-anak kita khusus anak-anak PAUD generasi emas yang akan datang," tuturnya.

Kepada peserta Jambore PAUD Bupati Bengkalis kasmarni mengucapkan terima kasih karena menjadi peserta Jambore berjumlah lebih kurang seribuan orang. ”Kami berharap acara ini bukan mencari siapa yang menang dan siapa yang kalah tetapi adalah bentuk komitmen kita bagaimana anak-anak bisa menuangkan segala inspirasinya dan kemampuannya sehingga mereka secara bebas bisa menyalurkan bakat dan minat yang ada pada diri anak-anak kita semua khususnya anak-anak PAUD yang ikut jambore pada hari ini," pungkasnya.***

wwwwww