Home > Berita > Umum

Yang Tersurat dan Tersirat dari Yudisium 103 Mahasiswa TI Polbeng

Yang Tersurat dan Tersirat dari Yudisium 103 Mahasiswa TI Polbeng

Para dosen Jurusan TI (atas) dan mahasiswa Sarjana Terapan Rekayasa Perangkat Lunak Angkatan IV (bawah), Kamis, (28/9/2023) pagi.

Sabtu, 30 September 2023 07:12 WIB
BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Wajah sumringah, penuh syukur, bangga terlihat pada raut muka 103 mahasiswa Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) saat mereka mengikuti proses akademik penetapan nilai dan kelulusan mahasiswa dari seluruh proses akademik pada Kamis (28/9/2023) pagi. Lewat acara dengan bahasa bakunya yudisium ini maka diberikan gelar AMd.Kom (Ahli Madya Komputer) kepada 43 mahasiswa Ahli Madya Teknik Informatika Angkatan Ke-XV dan S.Tr.Kom (Sarjana Terapan Komputer) kepada 60 mahasiswa Sarjana Terapan Rekayasa Perangkat Lunak Angkatan IV yang telah menyelesaikan kuliah di Jurusan Teknik Informatika Politeknik Negeri Bengkalis Tahun Ajaran 2022/2023.

Dalam sambutan pada acara yang digelar di Gedung Cik Puan Jalan Hang Tuah, Bengkalis Kota ini, Direktur Polbeng Johny Custer ST MT berharap kepada mahasiswa yang diyudisium untuk menjaga nama besar Politeknik Negeri Bengkalis karena bagus tidaknya suatu perguruan tinggi, pasti dilihat dari peran alumninya di masyarakat luas.

Ucapan terima kasih disampaikan Johny Custer kepada seluruh dosen yang mengajar di jurusan TI yang telah membimbing dan mendidik mahasiswa jurusan ini menjadi ahli madya maupun sarjana terapan.

”Semoga apa yang bapak ibu laksanakan selama ini menjadi amal ibadah bagi bapak ibu semua. Alhamdulillah, di usia ke-22 ini, nama Polbeng semakin dikenal oleh masyarakat luas bahkan kemarin berkat kerja sama yang dilakukan oleh Polbeng melalui Unit Penunjang Akademik Pengembang Karier Kewirausahaan melalui Pak Nurul Fahmi, kita sudah melaksanakan PLN on Campus Recrutmen kalau tidak salah 2 prodi (Program Studi) ini masuk ke dalam formasi penerimaan karyawan di PLN tersebut," kata Direktur yang disambut tepuk tangan hadirin.

Menurutnya, hal menarik yang dilakukan pihak PLN saat rekrutmen tadi adalah meskipun mahasiswa Polbeng belum mendapatkan ijazah namun bisa mengikuti rekrutmen cukup menggunakan surat keterangan lulus yang hampir semua mahasiswa jurusan tadi ikut dalam mengambil peluang kerja yang telah diberikan pihak PLN.

Masih kata Johny, walaupun kampus Polbeng telah berusaha maksimal untuk kemajuan mahasiswanya, jika ada hal-hal yang kurang berkenan dirinya memohon maaf kepada seluruh mahasiswa yang diyudisium. Dia juga menyampaikan meskipun akan banyak pekerjaan manusia yang dilakukan oleh mesin namun bidang IT senantiasa dibutuhkan hingga saat ini.

Ketua Jurusan (Kajur) TI Polbeng, dalam kesempatan mengawali sambutannya menyampaikan ucapan ribuan terima kasih atas kerja sama di Jurusan TI dan HMTI Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika yang telah sukses melaksanakan yudisium yang menggunakan dana dari Jurusan TI Polbeng dan dana dari mahasiswa yang mengikuti yudisium.

Wujud kolaborasi ini, beber Kasmawi sehingga bisa melaksanakan yudisium di tempat yang sangat representatif. Ucapan selamat diucapkan Kasmawi kepada ratusan mahasiswa yang telah diyudisium sehingga berhak menggunakan, mempertanggungjawabkan gelar yang telah disandang.

”Perlu adik-adik ketahui bahwa STr,Komp itu sama dengan sarjana, bukan seperti masa lalu bahwa Diploma IV itu setara artinya tidak sama dengan sarjana. Oleh sebab itu, kami mohon bantuan dari adik-adik semua untuk menyampaikan kepada orang tua masing-masing dan masyarakat di sekeliling kalian karena masyarakat tahunya Diploma IV padahal izin kita adalah sarjana terapan," harap Kajur Kasmawi.

”Ketika adik-adik semua terjun ke masyarakat maka ingatlah almamater dan Korp Jurusan Teknik Informatika tempat adik-adik menimba ilmu, pernah menjadi satu bagian, pernah satu visi dan misi di Jurusan TI. Oleh sebab itu kami berpesan, kapan pun, di mana pun kamu berada, bekerja, ataupun mengabdi maka janganlah kamu melupakan almamater ini. Terakhir, kami ingin menyampaikan ribuan terima kasih kepada panitia yang telah sukses menyelenggarakan kegiatan berkat kerja sama teman-teman laboran dan HMTI ini tanpa keterlibatan dosen sehingga dosen tidak perlu lagi repot untuk mengatur, memberikan, atau menyiapkan segala sesuatunya," tutup Kajur Kasmawi.

Muhammad Nasir MKom dalam kesempatan itu menyampaikan pesan kepada para yudisium. ”Kami berdoa semoga nanti kalian sukses di bidang masing-masing dan kami berharap yang disampaikan Pak Direktur Johny Cuser) tadi, hubungan silaturahmi kita antarperguruan tinggi, antara jurusan dengan alumni tetap terjaga, berkomunikasi melalui saluran-saluran media yang ada saat ini,” tuturnya.

Untuk kesan selama 3 atau 4 tahun pergaulan kita selama ini, imbuh Muhammad Nasir, tentu ada hal-hal barangkali teguran dari kami selaku dosen bimbingan barangkali ada yang terbesit di hati kalian sampai saat ini, saya mewakili dosen-dosen yang lain dan keluarga besar Jurusan Teknik Informatika memohon maaf untuk yang sudah dilakukan. Kita mulai dengan lembaran yang baru karena yang kami lakukan selama ini dalam hal mendidik dan membimbing dalam proses pembelajaran di jurusan TI.

Di akhir acara, Arif Rahman memandu doa yang diamini hadirin pada pagi menjelang azan Zuhur kala itu. Didapat informasi, setelah yudisium dilaksanakan pada pagi hari, malamnya mereka melanjutkan acara Malam Keakraban dengan menampilkan berbagai hiburan dari seratusan mahasiswa tadi.

”Selamat Berkelana Jiwa-Jiwa Yang Searah Walaupun Tidak Sedarah" sebuah kalimat terbaca jurnalis media ini di layar proyektor yang dipasang di kiri dan kanan pentas.***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww