Home > Berita > Sport

Sepekan Menjelang Grasstrack Perebutkan Piala Bupati Bengkalis di Wonosari, Sirkuit Siap Digunakan

Sepekan Menjelang <i>Grasstrack</i> Perebutkan Piala Bupati Bengkalis di Wonosari, Sirkuit Siap Digunakan
Jum'at, 15 September 2023 23:43 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Kejuaraan Grasstrack dan Motocross Piala Bupati Bengkalis Cup I sempena HUT Perhubungan ke-52 Tahun 2023 di Sirkuit Bengkalis Adventure Desa Wonosari direncanakan digelar selama dua hari, Sabtu dan Ahad, 22-23 September 2023.

Ketua Panitia Pelaksana Ferdaus Saputra,SS,TTD kepada awak media saat wawancara di sirkuit mengatakan tidak ada kendala yang ditemui, sirkuit telah dibersihkan, diperpanjang sesuai standar IMI. "Alhamdulillah kejuaraan ini didukung oleh Polres Bengkalis dengan dikeluarkannya izin pelaksanaan kejuaraan, begitu pula Dinas Kesehatan melalui Puskesmas sudah keluar juga pernyataan dukungan mereka termasuk juga PLN Bengkalis," kata Ferdaus, Kamis (14/09/2023) tengah hari.

Kejuaraan ini ungkap Ferdaus, kelasnya paling banyak di Riau, yang biasanya hanya 13 atau 14 kelas saja. 16 kelas diperlombakan dalam kejuaraan ini, Trail STD 4T 155 CC, Sport Trail Open, Bebek Modif 4T 125 CC Pro, Campuran Open, Sport Trail Senior B Riau, Bebek Modif 4T Senior B Riau, Campuran Non Senior, RBT 2/4T Open, RBT 4T Open, RBT 2/4T Non Senior Kabupaten Bengkalis, Meranti, Siak, Kampar, Rohil, RBT 2/4T Bengkalis, Matic 125 CC Lokal Pulau Bengkalis, Exekutif 40 Tahun, Bengkalis Adventure, Kid 15 Tahun/ke Bawah Campuran Pulau Bengkalis dan SE (Super Engine) 65.

"Kelas-kelas yang kami buat sebagai daya tarik kepada masyarakat, anak muda, mahasiswa untuk tidak turun ke lapangan melakukan balap liar. Kita memudahkan even-even maupun kelas lokal kita buatkan, kelas matic yang seharusnya tidak ada dalam kejuaraan ini kita adakan. Kemudian, kelas anak yang di bawah umur 15 tahun termasuk juga Kelas Super Engine (SE) 65 akan kita buat juga yang merupakan Kelas Raja di Motocross. Sesuai koordinasi IMI, kelas ini tetap akan kita laksanakan dan yang telah menyatakan ikut adalah 2 pembalap Sumatera Utara, 2 pembalap Sumatera Barat, 4 orang dari Kuansing, 2 orang dari Pekanbaru, serta akan menyusul dari Rohil dan Rohul," beber Ferdaus.

Ferdaus yang menjabat sebagai Kepala UPT Penyeberangan Ro-Ro bersama panitia telah bersepakat memberikan prioritas menyeberang peserta kejuaraan dari dermaga Ro-Ro Sungai Pakning ke dermaga Ro-Ro Airputih Pulau Bengkalis.

"Maka kami telah bersepakat dan berkoordinasi dengan Kepala Dinas Perhubungan, khusus untuk peserta yang membawa sepeda motor yang menggunakan mobil akan kita prioritaskan. Kita juga akan memberikan uang jalan kepada mereka sebagai daya tarik peserta yang berada di Pulau Sumatera untuk mau bertanding di sirkuit ini," terang Ferdaus.

Kepala Desa (Kades) Wonosari Suswanto selaku Pemerintah Desa dan masyarakatnya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Bengkalis atas berbagai kegiatan di desanya, salah satunya Kejuaraan Grasstrack dan Motocross Piala Bupati Bengkalis di atas. Kejuaraan serupa ungkap Suswanto pernah dilakukan pada tahun 2022 kemarin dalam rangka HUT Kejaksaan dan berlanjut pada tahun ini.

"Kami masyarakat akan selalu memberikan dukungan atas setiap kegiatan yang dilaksanakan di Desa Wonosari apa lagi kegiatan Pemkab Bengkalis. Karena sirkuit ini berada di desa kami, maka masyarakat kami akan mendapatkan efek dominonya," tutur Kades Suswanto.

Diutarakan Suswanto, kemarin telah melakukan rapat bersama panitia pelaksana dan Alhamdulilah masyarakat Wonosari, pemuda, UMKM mendapatkan manfaat yang besar karena diberikan kesempatan untuk mengelola dalam mendukung kegiatan ini, mulai parkir, bazar UMKM. Ini membuktikan bahwa manfaat dari keberadaan sirkuit tadi untuk meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya masyarakat Desa Wonosari. "Tidak menutup kemungkinan juga warga sekitar desa kami, boleh menggelar dagangannya yang tentunya melakukan komunikasi bersama panitia di bidang yang mengelola kegiatan dimaksud," tambah Suswanto seraya menambahkan bahwa panitia inti adalah Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis pemilik gawenya dan panitia desa sifatnya hanya pendukung di bagian pengamanan dan perlengkapan. "Intinya kami dari pemerintah Desa Wonosari akan memberikan dukungan penuh kejuaraan ini," sambung Suswanto.

"Kami mengimbau kepada masyarakat dan anak-anak muda karena ini sirkuit permanen yang nantinya akan memunculkan bakat-bakat anak muda, kami akan membangun sirkuit ini sebagai sirkuit resmi yang Insya Allah sebagaimana koordinasikan bersama Pak Sekda (dr Ersan Saputra), kejuaraan ini menjadi agenda tahunan Hari Jadi Bengkalis," kata Ferdaus di akhir wawancara.

Suswanto pula mempersilahkan pada anak muda yang ingin berlatih di sirkuit ini untuk memanfaatkannya.

"Bagi anak-anak muda yang memiliki sepeda motor grasstrack, latihan di sini, tidak pernah tertutup untuk siapapun. Silakan, tidak pernah tertutup bagi siapapun karena fasilitas ini kita sediakan bagaimana bisa memberikan manfaat positif bagi anak-anak muda kita yang hobi motor cross. Jadi mereka tidak lagi menjadi pembalap-pembalap liar yang ibaratnya tidak terarah. Mudah-mudahan ke depannya dari Pulau Bengkalis ini akan muncul bibit-bibit pembalap-pembalap, crosser-crosser sampai tingkat nasional bahkan internasional. Semoga kawan-kawan media bisa menyampaikan informasi ini kepada publik, ayo fungsikan sirkuit ini untuk kita latihan karena setiap sorenya entah dari mana-mana latihan di sini," harap Suswanto pula.

Wakil Ketua Karang Taruna Desa Wonosari Ramadhani mengucapkan terima kasih kepada Pemdes Wonosari, kepada panitia pelaksana karena melibatkan seluruh Pemuda Desa Wonosari terutama Karang Tarunanya.***

KETERANGAN GAMBAR:
Ketua Panitia Kejuaraan Grasstrack dan Motocross Piala Bupati Bengkalis Cup I Ferdaus Saputra didampingi Kades Siswanto (kiri) dan Waka Karang Taruma Ramadhani (kanan) saat diwawancarai awak media di Sirkuit Bengkalis Adventure Desa Wonosari, Kamis (14/09/2023) tengah hari.

Kategori : Sport, Bengkalis
wwwwww