Modus Cari Barang Bekas, Rumah Anggota DPRD Rokan Hulu Riau Dibobol Komplotan Pencuri

Modus Cari Barang Bekas, Rumah Anggota DPRD Rokan Hulu Riau Dibobol Komplotan Pencuri

Polisi menunjukkan barang bukti hasil kejahatan (F-Dok Humas Polres Rohul VIA DETIKSUMUT)

Rabu, 06 September 2023 05:30 WIB

ROKAN HULU, POTRETNEWS.com — Rumah milik Anggota DPRD Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, bernama Faizul dibobol komplotan maling. Kelima pelaku dibekuk usai menggasak uang tunai dan pin emas DPRD di dalam brankas.

Kapolres Rokan Hulu, AKBP Budi Setiyono,mengatakan kelima pelaku masuk dengan membobol rumah milik Faizul pada Jumat (1/9/2023). Rumah anggota dewan dibobol saat ditinggal.

”Rumah milik anggota DPRD dibobol sama pelaku. Saat itu pemilik tidak ada di rumah, kosong," kata kapolres, Selasa (5/9/2023).

Budi menyebut di rumah tersebut pelaku, ZS (23), FH (23), NS (29), RS (29) dan MS (34). Seluruh pelaku merupakan warga di Baganbatu, Rokan Hilir. ”Para pelaku ini warga Rokan Hilir, datang sengaja untuk melakukan aksi ini. Mereka memantau secara acak," kata Budi, dilansir dari laman detikSumut.com.

Sementara itu Kasat Reskrim Polres Rohul AKP Raja Kosmos menyebut para pelaku dibekuk setelah polisi mengidentifikasi ZS atau Zul.

”Dari semua alat bukti dan saksi-saksi kita cocokkan. Hasilnya pelaku diduga adalah kelompok dari Zul Cs atau ZS," imbuh Raja Kosmos.

Raja Kosmos memastikan pelaku dibekuk tak lebih dari 24 jam setelah beraksi. Para pelaku dibekuk di Ujungbatu, Rokan Hulu. ”Tidak sampai 24 jam pelaku curat rumah dewan digulung Sat Reskrim Polres Rohul. Tiga di antaranya perempuan," tegas Raja Kosmos.

Selain di rumah anggota dewan, terungkap kelima pelaku juga beraksi di empat lokasi lain. Total ada lima rumah warga dibobol di Rokan Hulu Juni hingga September 2023.

”Mereka ini komplotan lima orang. Sudah ada lim laporan polisi yang diakui mereka, jadi memang datang dari Rokan Hulir ke Rokan Hulu untuk bobol rumah," kata Raja. Mantan Kasat Intel Polres Siak tersebut turut mengungkap modus pelaku. Di mana tiga pelaku, NS, RS dan MS berpura-pura mencari barang bekas.

”Tiga pelaku perempuan ini berpura-pura cari rongsokkan atau barang bekas. Jadi begitu tahu rumah kosong dia kabarin ke eksekutor. Modus saja cari barang bekas," katanya.

Sata beraksi di rumah anggota DPRD, para pelaku menggasak uang tunai Rp10 juta, emas dan pin emas DPRD. Total sekitar Rp40 juta uang dan emas berhasil disikat.***

Editor:
Abdul Roni

Kategori : Hukrim, Rohul, Rohil
wwwwww