Permohonan Praperadilan Ditolak Hakim, Mantan Sekda Pekanbaru M Noer Tetap Berstatus Tersangka Kasus Perusakan Kelapa Sawit

Permohonan Praperadilan Ditolak Hakim, Mantan Sekda Pekanbaru M Noer Tetap Berstatus Tersangka Kasus Perusakan Kelapa Sawit

(F-ANTARA)

Selasa, 05 September 2023 18:51 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Hakim Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru, Riau, menolak permohonan praperadilan yang diajukan mantan Sekda Kota Pekanbaru M Noer terkait penetapannya sebagai tersangka dalam kasus perusakan kelapa sawit milik warga di Kecamatan Rumbai. Hakim menyatakan penetapan tersangka oleh Sub Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Riau sah. Selain M Noer, penyidik juga menetapkan JS sebagai tersangka.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Riau Kombes Pol Asep Darmawan saat dikonfirmasi, Selasa, mengatakan dengan putusan hakim itu, maka pihaknya akan melanjutkan proses penyidikan dengan memanggil para tersangka.

”Proses penyidikan masih berjalan. Secara teknis kami akan melakukan pemanggilan dan pemeriksaan," kata Asep, dilansi dari antaranews.com.

Dalam penanganan kasus ini, penyidik telah mengirim surat pemberitahuan dimulainya penyidikan (SPDP) ke Kejaksaan Tinggi Riau.

Kedua tersangka disangkakan tindak pidana secara bersama-sama melakukan kekerasan terhadap orang atau barang sebagaimana yang dimaksud dalam rumusan Pasal 170 KUHPidana.

Berdasarkan SPDP itu, Kejati Riau menunjuk beberapa jaksa mengikuti perkembangan penyidikan oleh polisi. Namun SPDP dikembalikan jaksa ke Polda Riau karena penyidik tidak kunjung melimpahkan berkas perkara ke kejaksaan.

Terkait hal itu, Asep menegaskan akan kembali mengirimkan SPDP ke kejaksaan. "Nanti pengirimannya sekalian dengan pengiriman berkas perkara ke Jaksa Penuntut Umum (JPU)," kata dia.***

Editor:
Abdul Roni

Kategori : Hukrim, Pekanbaru
wwwwww