Home > Berita > Umum

”Benteng 7 Lapis” di Rokan Hulu Riau Resmi Jadi Cagar Budaya Nasional

”Benteng 7 Lapis” di Rokan Hulu Riau Resmi Jadi Cagar Budaya Nasional

Sumber foto: MELAYUPEDIA.com

Jum'at, 25 Agustus 2023 14:09 WIB
ROKAN HULU, POTRETNEWS.com — Situs Cagar Budaya Kampung Pertahanan Tuanku Tambusai di Daludalu atau yang biasa dikenal Benteng 7 lapis sah berstatus Cagar Budaya Nasional. Status itu ditetapkan dalam proses sidang pembahasan ke-3, kemarin. Penetapan itu dibarengi penandatangan naskah rekomendasi oleh Tim Ahli Cagar Budaya Nasional (TACBN) disaksikan langsung oleh Kadisbud Riau, Raja Yoserizal Zen. Termasuk tim pengusul dari Provinsi Riau yang ikuti sidang lewat zoom meeting.

”Kita bersyukur kemarin usulan naskah rekomendasi Situs Cagar Budaya Kampung Pertahanan Tuanku Tambusai di Daludalu ditandatangani TACBN. Tentunya upaya pemeringkatan status cagar budaya ini akhirnya sampai pada tahapan akhir dari serangkaian proses usulan yang sejak beberapa waktu lalu kita lakukan," terang Raja Yose, Jumat (25/8/2023), dilansir dari detikcom.

Pria yang akrab disapa atuk Yoz tersebut memastikan sidang pembahasan sudah dilakukan sejak 21 Juni yang lalu. Bahkan tim Provinsi Riau mengikuti sidang secara langsung di Jakarta. Tak sampai di situ, sidang kedua berlanjut pada tanggal 24 Juni yang memutuskan untuk dilakukan verifikasi lapangan pada tanggal 7-9 Agustus. TACBN yang dipimpin Surya dan rombongan sudah turun ke Rokan Hulu.

”Sebelumnya perwakilan TACBN yaitu Pak Surya Helmi selaku ketua, Pak Muhammad Natsir selaku sekretaris, dan Prof Susanto selaku anggota sudah turun langsung melakukan verifikasi ke Rokan Hulu. Bahkan pada puncak Hari Jadi ke 66 Provinsi Riau yang lalu, TACBN tersebut bersama Disbud Riau melakukan audiensi ke Gubri Syamsuar," kata Raja Yose yang juga Ketua TACB Provinsi Riau.

Setelah diteken, SK dari menteri dipastikan akan terbit pada akhir tahun ini. Untuk itu, ia turut berterimakasih kepada para pihak yang terlibat dalam pengusulan tersebut.

”SK dari Menteri untuk Situs Cagar Budaya Kampung Pertahanan Tuanku Tambusai di Daludalu diperkirakan terbit pada akhir tahun 2023 nanti," katanya.

Selain Benteng Tuanku Tambusai situs lain yang didorong untuk berperingkat Cagar Budaya Nasional adalah Kawasan Kotalama Indragiri Hulu. Sebab di sana banyak situs, seperti Makam Nara Singa II.***

Editor:
Abdul Roni

Kategori : Umum, Rohul
wwwwww