Home > Berita > Umum

Rapat Paripurna DPRD Sahkan Nama Kabupaten Indragiri Hulu Berubah Jadi Indragiri

Rapat Paripurna DPRD Sahkan Nama Kabupaten Indragiri Hulu Berubah Jadi Indragiri
Selasa, 01 Agustus 2023 16:36 WIB
RENGAT, POTRETNEWS.com — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) mengesahkan nama Kabupaten Indragiri Hulu menjadi Indragiri saat sidang, Selasa. Acara pengesahan itu dihadiri langsung oleh Bupati Rezita Meylani Yopi dan Wakil Bupati Junaidi Rachmat serta Sekretaris Daerah Hendrizal. Pimpinan rapat paripurna DPRD Helda Suhanura mengatakan, proses, tahapan dan mekanisme nama Kabupaten Indragiri Hulu menjadi Kabupaten Indragiri sudah tepat dan sesuai aturan. ”Proses dan tahapan sudah dilaksanakan oleh Pansus DPRD beberapa bulan sebelumnya," katanya.

Tim Panitia Khusus (Pansus) DPRD yang dibentuk telah bekerja keras, akhirnya berbuah manis sehingga pada paripurna yang dihadiri 27 anggota DPRD yang berlangsung sejak pukul 10.30 WIB mengesahkan Indragiri Hulu menjadi Indragiri.

Kesuksesan itu patut disyukuri dan mendapatkan apresiasi dari semua pihak karena berhasil mewujudkan harapan masyarakat selama ini. Seperti diketahui bahwa Tim Pansus yang dibentuk menerima banyak masukkan, aspirasi dan pandangan terkait penetapan hari jadi Indragiri menjadi 19 Maret 1956.

”Sehingga hasilnya memiliki dasar yang kuat untuk diparipurnakan. Seluruh anggota DPRD Inhu setuju perubahan nama kembali menjadi kabupaten Indragiri," ujarnya.

Sedangkan, dalam sambutan Ketua Pansus DPRD Muhammad Syafaat menjelaskan bahwa direkomendasikan untuk hari jadi Kabupaten Indragiri jatuh pada 19 Maret 1956 adalah tepat. Sebab, telah memiliki dokumen dan data yang lengkap sesuai juga dengan kajian akademis.

”Penetapan itu berlandaskan pada kajian akademik dan studi komparatif," ujarnya, dilansir antaranews.com.

Selain itu, juga diperkuat setelah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Riau serta beberapa daerah lain yang telah lebih dahulu menetapkan hari jadi. Selanjutnya, rekomendasi pansus itu kemudian diperkuat dengan persetujuan seluruh peserta rapat dan ketukan palu oleh Ketua DPRD.

Di hadapan anggota DPRD Inhu dan undangan, Bupati Rezita Meylani Yopi mengatakan, momentum penetapan hari jadi ini merupakan suatu peristiwa penting dan bersejarah. ”Karena, menjadi pengakuan identitas dan kebanggaan serta momentum bersejarah bagi Indragiri," ujar Rezita.

Rezita pun menyampaikan rasa syukur dan penghargaan kepada seluruh pihak yang telah turut menjalani proses merumuskan hingga menetapkan hari jadi Indragiri. Dengan adanya perubahan nama tersebut, berharap ke depan Indragiri semakin cemerlang dan masyarakat sejahtera serta bersama - sama membangun daerah.

Seperti diketahui, prosesi paripurna pengesahan nama Indragiri Hulu menjadi Indragiri dihadiri oleh forkopimda, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pendidikan dan mahasiswa serta tokoh masyarakat Inhu. Bahkan, hadir juga perwakilan dari semua instansi vertikal, swasta dan organisasi kemasyarakatan yang ada di Inhu.

Seperti diketahui, di luar ruangan rapat paripurna DPRD tepatnya di depan Perkantoran Bupati Inhu karangan bunga ucapan selamat dan sukses atas perubahan nama dari Indragiri Hulu menjadi Indragiri berjajar ratusan buah. Ini menandakan bahwa, masyarakat Indragiri Hulu menyambut gembira atas perubahan itu.***

Editor:
Abdul Roni

Kategori : Umum, Inhu
wwwwww