Hampir 1.000 Hektare Lahan Terbakar di Riau, Bengkalis Paling Banyak

Hampir 1.000 Hektare Lahan Terbakar di Riau, Bengkalis Paling Banyak

Lahan terbakar di Pekanbaru beberapa waktu lalu. (F-ISTIMEWA via DETIKSUMUT.com)

Senin, 31 Juli 2023 18:13 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Kebakaran hutan dan lahan di Riau terus meluas sejak awal Januari lalu. Tercatat hingga saat ini sudah hampir ada 1.000 hektare lahan terbakar.Kepala BPBD Riau, Edy Afrizal mengatakan lahan terbakar Januari hingga 30 Juli telah mencapai 924,23 hektare. Kebakaran lahan terjadi di 12 kabupaten kota.

"Sampai kemarin 30 Juli lahan terbakar di Riau 924 hektare lebih," terang Edy Afrizal, Senin (31/7/2023).

Dalam catatan BPBD Riau, lahan terbakar paling banyak berada di Bengkalis dengan luas 344 hektare. Lalu disusul Kabupaten Rokan Hilir seluas 151 hektare.

Khusus di Rokan Hilir, tercatat masih ada dua titik lahan terbakar yang didinginkan. Proses pemadaman dan pendinginan di lokasi dilakukan oleh gabungan TNI, Polri, BPBD, Satpol PP, Manggala Agni, DLHK dan masyarakat setempat.

"Untuk Rokan Hilir masih pendinginan oleh tim darat. Di Rohil total lahan terbakar 151 haktare, paling luas di Bengkalis ada 344 hektare lahan terbakar," kata Edy, dilansir detiksumut.com.

Selain tim darat, proses pemadaman juga dilakukan oleh Satgas Udara. Bahkan tiap hari helikopter water boombing hilir mudik melakukan pemadaman di Pelalawan dan Rokan Hilir.

"Heli water boombing saat ini ada tiga unit. Semua sedang melakukan pendinginan di Rohil, Dumai, Pelalawan dan Inhil. Ini sudah padam semua, tinggal pendinginan saja di lokasi," katanya.***

Editor:
Abdul Roni

wwwwww